Hakikat Penulisan Skripsi & Pengertian Skripsi


BAB I
PENDAHULUAN


      A.    Hakikat Penulisan Skripsi
Dalam perguruan tinggi formal, proses pendidikan biasanya diakhiri dengan tugas penyajian tulisan akademis, seperti Skripsi untuk strata satu. Diwajibkannya mahasiswa menulis skripsi ini dimaksudkan juga sebagai ajang pelatihan bagi mahasiswa untuk menuangkan gagasannya dalam bentuk sebuah karya tulis ilmiah yang sistematis, teoritis dan analitis.
Skripsi adalah karya ilmiah yang merupakan sumbangan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh gelar kersajarnaan Strata Satu (S-1) berdasarkan penelitian yang menggunakan teknik pengumpulan data, menggunakan metodologi penelitian yang relevan dan terarah pada pokok permasalahan yang berkaitan dengan bidang studi mahasiswa, sehingga isi dan penulisannya perlu diatur dengan prosedur tertentu termasuk penggunaan bahasa ilmiah dan baku.
Tulisan akademis ini merupakan karya ilmiah yang dihasilkan dari penelitian. Sesuai dengan sistematika formal yang berlaku, teknis penulisan yang baku dan sesuai metode bepikir ilmiah serta tunduk pada etika akademik dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip kejujuran intelektual. Dengan demikian, suatu karya ilmiah yang ditulis bisa dipertanggungjawabkan kualitas dan orisinalitasnya.
Sebagaimana diketahui bersama bahwa kualitas skripsi tidak hanya ditentukan oleh substansi atau materi tulisan saja, akan tetapi juga ditentukan oleh sistematika dan tata cara (teknik) penulisannya. Oleh karena itu untuk menjamin tercapainya kualitas tersebut maka diperlukan buku panduan penulisan skripsi.
Buku Pedoman Penulisan Skrisi sudah seharusnya dimiliki tidak hanya oleh mahasiwa yang akan menulis skripsi tetapi juga sebagai pedoman dalam membimbing, menelaah dan menilai karya skripsi. Buku pedoman skripsi dapat bermanfaat sebagai:

1.      Membantu melancarkan mahasiswa dalam proses penulisan skripsi
2.      Menjamin keseragaman format penulisan skripsi
3.      Menjaga penelitian yang dilakukan sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah.

      B.     Pengertian Skripsi
Skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah mahasiswa berupa paparan tulisan hasil penelitian  yang membahas suatu kaidah yang berlaku. Penelitian adalah kegiatan yang terencana, tearah, sistematis dan terkendali yang berupaya untuk memperoleh data dan informasi tentang suatu masalah dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan metode ilmiah untuk menjawab pertanyaan penelitian atau menguji hipotesis. Penulisan skripsi dilakukan melalui studi pustaka ditambah dengan penelitian lapangan untuk mengumpulkan data primer sekunder atau tertier. Data primer adalah data yang diperoleh peneliti di lapangan, baik melalui wawancara maupun hasil peninjauan langsungan pada objek penelitian Data sekunder adalah data yang diperoleh dengan memanfaatkan hasil pengumpulan data pihak lain, misalnya: profit perusahaan pertamina, data Badan Pusat Statistik dan rekaman medik dari Rumah sakit tertentu. Sedang data tersier diperoleh dari majalah-majalah.
Sumber : Panduan penulisan skripsi (S-1). STKIP NASIONAL Pauhkambar 2013

Artikel terkait :
Hakikat Karya Ilmiah  
Pengertian,Ciri-Ciri Dan Jenis-Jenis Karya Ilmiah  
Teknik Pengumpulan Data Dan Teknik Pengukuran Data  
Karakteristik Karya Ilmiah
Pengumpulan Informasi untuk Penulisan Karya Ilmiah

0 Response to "Hakikat Penulisan Skripsi & Pengertian Skripsi"

Posting Komentar