Sunday, February 3, 2019

MASALAH YANG ADA DI WARNET : PART 1. MODEM RUSAK TERSAMBAR PETIR

CARA MUDAH MENGATASI MASALAH MODEM TERSAMBAR PETIR

Kembali lagi dengan saya di blog yang sederhana ini. Sudah lama rasanya saya gak update postingan lagi. Apakah teman-teman memiliki warnet atau memiliki jaringan internet di rumah? Jika ada pasti kalian pernah memiliki masalah seputar modem kan? Apalagi jika keadaan cuaca kurang baik seperti hujan lebat disertai petir.
Contoh modem yang biasa dipakai warnet

Nah pada postingan kali ini, saya mau berbagi informasi tentang pengalaman saya dengan kendala modem speedy terkena petir.

Mengatasi modem tersambar petir

Jika kalian punya usaha warnet di tempat kalian tinggal, kalian pasti sangat galau bila modem speedy terkena petir, bagaimana tidak warnet yang tidak ada akses internetnya sama saja seperti warnet mati. Kenapa saya bilang seperti itu karena tanpa internet semua pelanggan akan lari ke warnet lain dan berakibat menurunnya penghasilan usaha kita. Jika terus dibiarkan bisa-bisa warnet kita bisa bangkrut.

Ada beberapa penyebab kenapa modem speedy bisa terkena petir, diantaranya sebagai berikut:

  1. Tidak mencabut kabel power saat hujan dan petir
  2. Tidak mencabut kabel lan saat hujan dan petir
  3. Tidak mencabut kabel ADSL saat hujan dan petir

Dari ketiga penyebab di atas no 1 dan no 2 sudah pernah saya alami. Itu karena kurangnya pengetahuan saya tentang modem hingga akhirnya modem saya rusak terkena petir bila dihitung-hitung sudah 5 x saya ganti modem.


CIRI-CIRI MODEM TERSAMBAR PETIR

Nah yang jadi pertanyaannya bagaimana cara mengatasi masalah modem terkena petir ini? Berikut langkah mudah mengatasinya:


  1. Hubungi nomor Telkom Pusat (147). Sebelumnya ditambahkan nomor kode area telepon, contohnya kode area Padang (0751) jadi telepon dengan menghubungi nomor 0751147.
  2. Bila tersambung tekan 1 untuk pilihan bahasa Indonesia.
  3. Tekan angka 2 untuk informasi masalah layanan.
  4. Berikan penjelasan bahwa modem anda terkena petir.
  5. Pihak telkom akan mengecek jaringan Adsl dan koneksi internet anda (tunggu sebentar).
  6. Pihak telkom akan memberikan nomor tiket perbaikan modem speedy yang terkena masalah.
  7. Petugas telkom akan tiba paling cepat 1 x 24 jam (biasanya jika laporan masalah pagi petugas akan tiba pada saat siang.
  8. Biasanya petugas telkom akan mengganti modem speedy yang terkena petir dengan modem speedy yang telah disediakan.
  9. dan akhirnya Internet anda sudah bisa digunakan kembali.

Itulah cara mudah untuk memperbaiki modem speedy anda.

  1. Cara berikutnya paling mudah adalah dengan menyediakan modem yang bisa dibeli di toko komputer. 


Nah itulah pengalaman saya tentang masalah modem speedy yang terkena petir.

Bila kalian memiliki masalah yang sama dengan admin bisa ikuti langkah-langkah di atas. Bila ada pertanyaan silahkan komen di bawah ya, sampai jumpa pada postingan masalah-masalah di warnet berikutnya

4 comments

This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon