Bahaya Membiarkan Gigi Berlubang Mengakibatkan Sakit Pada Gigi, Gusi, Telinga, dan Mata

Selamat siang teman2 semua, pada kali ini saya memposting artikel tentang bahayanya membiarkan gigi berlubang sehingga mengakibatkan sakit pada gigi, gusi, telinga, dan mata.

Tahukah anda bahwa sakit pada gigi kebanyakan diakibatkan oleh gigi yang berlubang. Gigi berlubang disebabkan karena kuman bakteri yang mengerogoti gigi. Setiap hari kita mengkonsumsi makanan yang bermacam-macam dari pedas, asin, manis, hingga asam. Sisa-sisa makanan yang tersisa di mulut yang tidak digosok secara teratur akan menjadi sarang kuman dan bakteri yang merusak kesehatan gigi dan membuat gigi berlubang. 
Sakit gigi yang menyiksa
Sakit gigi yang menyiksa
Gigi berlubang berawal dari lubang kecil yang berhasil dibuat oleh bakteri dan kuman bila dibiarkan lubang gigi tersebut akan semakin besar kuman pun akan semakun masuk kedalam gigi dan menggerogotinya. Awalnya pada saat gigi berlubang tidak terasa sakit, namun semakin lama gigi tersebut akan semakin parah rusaknya sehingga bila sakit gigi datang akan langsung terasa sakitnya yang luar biasa hingga dapat membuat penderita tidak dapat tidur sehari semalam karena sakitnya, tidak konsen belajar, sensitif pada suara yang keras yang mengakibatkan bertambah sakitnya gigi (Pengalaman pribadi).
Tahapan gigi berlubang
Tahapan gigi berlubang
Sakit gigi disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang, seperti karies gigi, gingivitis atau penyakit rahang, dan masih banyak lagi. Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit jantung, seperti angina. Sakit gigi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Setidaknya, sakit gigi dapat menyebabkan kepala pusing dan tidak nyenyak tidur. Tingkat keparahan sakit gigi dapat berkisar dari ringan hingga kronis, tajam dan menyiksa. Rasa sakit dapat diperburuk oleh mengunyah atau dingin atau panas. (wikipediaindonesia)

Cara mengurangi sakit gigi :
1. Bawang Putih sebagai obat sakit gigi
Bawang putih ditumbuk hingga keluar cairannya, sumpal ke mulut yang berlubang tadi, efeknya akan terasa 5-10 menit kemudian.
2. Jangan makan yang manis-manis karena mengandung glukosa yang dapat mempercepat rusaknya gigi.
3. Tidur bertujuan agar dapat melupakan sakit gigi walaupun sejenak.
4. Bila makan usahakan jangan sampai makanan menyentuh gigi yang sakit karena dapat membuat gigi menjadi lebih sakit lagi.
5. Usahakan jangan terlalu sering menggunakan air garam untuk berkumur, karena garam dapat mengikis kekuatan gigi sehingga gigi mudah rapuh dan patah.

Bila sakitnya belum ada perubahan saran saya harus di bawah ke rumah sakit atau dokter gigi untuk diperiksa dan diobati, apakah gigi harus dicabut atau ditambal. Karena sakit gigi akan selalu terasa bila waktunya sudah tiba dan semakin parah rasa sakitnya bila gigi sudah semakin parah rusaknya.


EmoticonEmoticon