Proses Pencernaan Makanan secara Mekanik dan Kimiawi

Pencernaan Makanan
      Makanan/ zat yang ada diluar tubuh kita tersusun dari molekul-molekul yang sangat kompleks. Agar makanan dapat dipergunakan oleh tubuh, maka diperlukan adanya proses yang dapat menyederhanakan molekul-molekul tersebut untuk diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh. Enzim memegang peranan paling penting dalam pencernaan. Enzim dihasilkan di dalam usus dan berfungsi untuk membantu menghancurkan makanan. Beberapa enzim bekerja dalam keadaan asam, sedangkan yang lain dalam keadaan basa.
     Proses penyederhanaan makanan terjadi baik secara mekanik maupun kimiawi serta pembuangan sisa-sisanya dilangsungkan oleh berbagai struktur yang tergabung di dalam sistem pencernaan. Pencernaan secara mekanik adalah cara menghaluskan (memecah) makanan dengan menggunakan otot-otot dan alat bantu lainnya. Pencernaan mekanik berlangsung saat makanan berada di dalam rongga mulut. Dalam hal ini gigi mengunyah dan memotong makanan, sedangkan lidah mengatur posisi makanan. sebagai zat pelarut atau pelumas, ludah berperan sebagai pengaduk makanan agar mudah ditelan.
       Proses pencernaan kimiawi disebut juga enzimatis. Makanan yang telah dilumatkan oleh pencernaan mekanik kemudian masuk ke dalam lambung. Di dalam usus, makanan dicerna lagi dengan bantuan zat kimia yang disebut enzim, yaitu cairan yang dihasilkan oleh kelenjar pencernaan. Zat ini berperan memecah makanan sehingga dihasilkan sari makanan. Selanjutnya sari makanan yang telah siap diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh. Proses pencernaan meliputi proses ingesti (makan), absorbsi (penyerapan) dan egesti atau defaksi (pembuangan sisa-sisa makanan yang tidak tercerna) yang terjadi di dalam suatu sistem berbentuk pipa panjang mulai dari mulut sampai ke anus.
      Alat Pencernaan terdiri dari mulut, eosofagus, lambung, usus halus, usus besar, rektum, anus dan organ-oragan lain yang berperan dalam proses pencernaan, seperti hati, empedu, dan pankreas.
sumber : Rumanta Maman, dkk. 2008. Materi Pokok Praktikum IPA di SD. Universitas Terbuka: Jakarta

Artikel menarik lainnya:
Kumpulan Lagu Nasional dan Daerah Lengkap dengan Not Angka dan Balok 
Teknik Pemijahan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias SP)
Sistematika penulisan proposal dan sistematis penulisan skripsi
Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan Tubuh
Cara mengatasi CPU Komputer Hidup namun tidak tampil pada monitor




EmoticonEmoticon