Terimakasih sudah mengunjungi blog Dodi Rulianda, pada postingan kali ini sebagai partisipasi dalam Melestarikan Budaya Minangkabau saya memposting "Rumah Adat/ Gadang di Minangkabau" semoga dapat bermanfaat.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Rumah Gadang adolah namo untuak rumah adaik Minangkabau nan banyak dijumpai di propinsi Sumatera Barat, Indonesia. Rumah iko bafungsi sabagai tampek
tingga basamo jo tampek diadoannyo upacaro-upacaro adaik di Minangkabau. Salain
di Sumatra Barat, rumah gadang dapek pulo dijumpai di Nagari Sambilan nan ado di
Malaysia. Indak sadoalah darek di
Minangkabau buliah didirian rumah adaik iko, hanyo darek-darek nan alah
bastatus nagari sajo Rumah Gadang
buliah didirian, baitu pulo di rantau.
Itulah sedikit
kata dari bahasa minangkabau mengenai Keadaan Rumah Gadang. Untuk lebih
lengkapnya Makalah ini berisi penjelasan tentang Rumah Gadang dan Rumah Bagonjong, Ukiran Dirumah Gadang dan
Tata Krama di Rumah Gadang Adat Minangkabau.
B.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana
perbedaan Rumah Gadang dengan Rumah Bagonjong?
2. Apasaja
Ukiran di Rumah Gadang dan Apa Maksud dari Penamaan Ukiran-ukiran tersebut?
3. Bagaimana
Tata Krama di Rumah Gadang?
C. Tujuan Penulisan
Makalah
1. Memahami perbedaan
Rumah Gadang dengan Rumah Bagonjong.
2. Menegtahui
Ukiran-ukiran di Rumah Gadang dan Maksud dari Ukiran-ukiran tersebut.
3. Mengetahui dan dapat
di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari Tata Krama di Rumah Gadang.
BAB II
PEMBAHASAN
I.
RUMAH GADANG
Rumah
Gadang
Rumah tempat tinggal Minangkabau disebut
sebagai Rumah Gadang (Rumah Besar). Dikatakan Gadang (besar) bukan semata-mata
karena fisiknya yang besar melainkan karena fungsinya selain sebagai tempat
kediaman keluarga, Rumah Gadang merupakan perlambang kehadiran satu kaum dalam
satu nagari, serta sebagai pusat kehidupan dan kerukunan seperti tempat
bermufakat keluarga kaum dan melaksanakan upacara. Bahkan sebagai tempat
merawat anggota keluarga yang sakit.
Bentuk
Bentuk dasarnya persegi empat. Atapnya melengkung tajam seperti bentuk
tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal.
Bentuk badan rumah gadang yang segi empat yang membesar ke atas (trapesium
terbalik) sisinya melengkung kedalam atau rendah di bagian tengah, secara
estetika merupakan komposisi yang dinamis. Jika dilihat pula dari sebelah sisi
bangunan (penampang), maka segi empat yang membesar ke atas ditutup oleh bentuk
segi tiga yang juga sisi segi tiga itu melengkung ke arah dalam, semuanya
membentuk suatu keseimbangan estetika yang sesuai dengan ajaran hidup
Masyarakat Minangkabau.
Sebagai karya agung
kebudayaan, rumah gadang dinyatakan dalam Petatah-petitih Minang
Rumah gadang basa batuah,
Tiang banamo kato hakikaik,
Pintunyo basamo dalia kiasannya,
Banduanyo sambah-manyambah,
Bajanjang naiak batanggo turun,
Dindiangnyo panutuik malu,
Biliaknyo aluang bunian.
Rumah gadang besar
bertuah,
Tiangnya bernama kata
hakikat,
Pintunya bernama
dalil kiasan,
Bendulnya
sembah-menyembah,
Berjenjang naik,
bertangga turun,
Dindingnya penutup
malu,
Biliknya alang bunian
Tempat mendirikan Rumah Gadang ini adalah di tanah pusako tinggi satu. Gunanya
didirikan di sana ialah rumah itu dasar bagi kaum untuk bermusyawarah antara
mamak dengan kemenakan, tempat mamak memberi petunjuk dan pengajaran kepada
anak kemenakannya, tempat anak kemenakan mengadu dan bercerita, dan juga tempat
menyimpan barang-barang pusaka peninggalan mamak-mamak sebelumnya. Jadi Rumah
Gadang ini adalah rumah pusako.
Ragam Rumah Gadang Rumah gadang mempunyai nama yang beraneka ragam
menurut bentuk, ukuran, serta gaya kelarasan dan gaya luhak. Menurut bentuknya,
ia lazim pula disebut rumah adat, Rumah
Gonjong atau Rumah Bagonjong
(rumah bergonjong karena bentuk atapnya yang bergonjong runcing menjulang.
Menurut ukurannya, ia tergantung pada jumlah lanjarnya. Lanjar ialah ruas dari
depan ke belakang. Sedangkan bagian yang berjajar dari kiri ke kanan disebut
ruang.
Gonjong dan Turang
Gonjong adalah bagian yang paling tinggi dari setiap ujung atap yang menghadap
ke atas dan merupakan ujung turang yang dibalut dengan timah. labu-labu di
bagian bawah belimbing di atas labu-labu anting-anting di atas belimbing ujung
yang tajam di atas anting-anting.
Ditinjau dari bentuk, ukuran, serta gaya
pemerintahan Kelarasan dan Gaya Luhak, Rumah Gadang
mempunyai nama yang beraneka ragam. Menurut Gaya Kelarasan aliran Koto Piliang,
bentuk Rumah Gadangnya diberi nama Garudo Tabang, karena
di kedua ujung rumah diberi beranjang (anjung).
Sedangkan Rumah Gadang dari Kelarasan Bodi
Caniago lazimnya disebut Garudo Menyusukan Anak.
Bangunan tidak beranjung atau berserambi pada bagian kiri dan kanan bangunan,
tetapi pada bagian ujung kiri dan kanan di bawah gonjong diberi beratap (emper)
yang merupakan sayap burung yang sedang mengerami anaknya.
Bagian –
Bagian Tertentu dari Rumah Minangkabau yang Khas
Seluruh ruangan Rumah Gadang merupakan ruangan lepas,
kecuali kamar tidur. Bagian dalam terdiri dari lanjar dan ruang. Ruang berderet
dari kiri ke kanan ( hitungan ganjil). Lanjar berjajar dari depan ke belakang.
Rumah Gadang berlanjar empat disebut juga lanjar empat atau lanjar tepi, karena
ruangan ini terletak di tepi dinding sebelah depan (lanjar kehormatan).
A. Ruangan Depan Rumah Gadang
Ruang depan berada di lanjar depan. Pada rumah
berlanjar tiga, ruang depannya adalah pada lanjar ketiga. Lanjar ketiga pada
rumah berlnjar empat merupakan lanjar tengah. Beberapa fungsi ruangan depan :
a. Tempat duduk mamak rumah
b. Tempat menerima tamu laki-laki
c. Tempat tamu terhormat
d. Tempat duduk laki-laki dewasa
keluarga saparuik
e. Sebagai ruangan keluarga.
B. Ruangan Tengah Rumah Gadang
Ruang tengah merupakan lanjar kedua, yang digunakan
sebagai tempat khusus penghuni kamar. Luas ruangan yang digunakan adalah seluas
lanjar yang ada di hadapan kamar mereka. Lanjar yang terletak pada bagian dinding sebelah
belakang terdiri dari kamar– kamar.
Ruang tengah merupakan lanjar kedua berfungsi untuk :
- Tempat khusus penghuni rumah
- Menerima tamu perempuan
- Tempat ruang makan
- Tempat perjamuan pada hari – hari istimewa.
- Tempat rapat keluarga
Di sebelah kiri kanan ruangan disebut Anjuang. Anjuang
adalah kamar di sebelah kanan kiri ruangan yang lantainya ditinggikan dari
rumah. Anjuang sebelah kanan dijadikan sebagai kamar untuk paramedis, sedangkan
pada anjung sebelah kiri digunakan sebagai tempat kehormatan bagi penghulu pada
upacara adat dan untuk meletakkan peti – peti penyimpanan barang berharga milik
kaum.
Kamar yang terletak di ujung rumah sebelah kanan
adalah untuk para gadis, dan sebelah kiri untuk pengantin baru.
C. Ruangan Dapur Rumah Gadang
Ruangan dapur biasanya dibuat terpisah dari rumah
gadang yang dibangun di belakang atau di sebelah ujung rumah. Antara ruangan
dapur dan Rumah Gadang dihubungkan oleh sebuah pintu keluar masuk penghuni Rumah Gadang dan pergi ke
sawah dan ladang (tapian tempat mandi).
Dapur adalah ruangan untuk mengolah masakan dan
mempersiapkan makanan bagi anggota keluarga, atau tempat mempersiapkan suguhan
bagi tamu.
B. RUMAH PANGGUNG
B. RUMAH PANGGUNG
Rumah panggung adalah ciri khas masyarakat yang tinggal di wilayah rantau Minangkabau. Masyarakat Minangkabau bermukim dilokasi yang rawan binatang buas,
sehingga perlu rumah sebagai tempat perlindungan dari binatang buas. Selain itu
rumah panggung berarti bahwa kedudukan manusia memiliki derajat yang lebih
tinggi daripada hewan mengingat kolong di bawah rumah diperuntukkan sebagai
kandang hewan peliharaan.
C. UKIRAN DI RUMAH BAGONJONG
1. AKA CINO SIGAGANG
Ukia
aka induak ukiran
Gambaran hiduik sa-alam nangko
Aka nan jadi isi buahnyo
Nan tampak aka bapiuah
Kieh ibarat nan bapakai
Pakaian adat jo limbago
Asa mulo dahulunyo
Cino manjadi bandiangan
Aka labiah, bicaro tajam
Baguru barajo maso itu
Dilukih kayu sabilah
Kiasan pilin aka cino
Dalam batang rueh manyalo
Disalo daun baaka pulo
Ilia mudiak aka manyalo
Ka ateh ka bawah pucuak mangulai
Badaun sambia manyalo
Liauk bak cando kaputuih
Leoh bak cando kakusuik
Namun pucuak manyumbua juo
Kok hiduik di aia hilia
Manjala di junjuangan siriah
Kok tinggi di batang urang
Bitu hiduiknyo aka
Aka mangulai mangucambah
Paham hakikat pagunokan
Aka nan jadi isi buahnyo
Nan tampak aka bapiuah
Kieh ibarat nan bapakai
Pakaian adat jo limbago
Asa mulo dahulunyo
Cino manjadi bandiangan
Aka labiah, bicaro tajam
Baguru barajo maso itu
Dilukih kayu sabilah
Kiasan pilin aka cino
Dalam batang rueh manyalo
Disalo daun baaka pulo
Ilia mudiak aka manyalo
Ka ateh ka bawah pucuak mangulai
Badaun sambia manyalo
Liauk bak cando kaputuih
Leoh bak cando kakusuik
Namun pucuak manyumbua juo
Kok hiduik di aia hilia
Manjala di junjuangan siriah
Kok tinggi di batang urang
Bitu hiduiknyo aka
Aka mangulai mangucambah
Paham hakikat pagunokan
2.
AKA BARAYUN
Ukia maliuak jo
malambai
Piuah bapilin lamah
malayok
Mahimbau marayu jauah
Aka jo budi nan
malayok
Alam takambang guru
mulia
Asa nan dari Agam
Biaro
Canduang Koto Laweh
Manuangg ulu bicaro
Pisau sirauik nan
maukia
Tukang nan utuih
pandai ukia
Indahnyo baso nan
malukih
Baiknyo budi nan
ma-isi
Dilukih di papan ukia
Dipakai di rumah
tanggo
Mungkin jo patuik
jadi ukuran
Baitu langgamnyo aka barayun
3. SIKU KALALAWA BAGAYUIK
Ukia kalalawa nan bagayuik
Siku basuduik kaki jo sayok
Siang lalok malam bajago
Lalok bagayuik jo kukunyo
Ukia di dalam kieh juo
Namo tasabuik kalalawa
Ukia aka nan basiku
Bungo baruntun jo daunnyo
Latak diateh papan singok
Salo-basalo tupai managun
Padang basentak tigo selo
Ukia rang Sumpu jo Batipuah
Buliah talatak di lambai-lambai dindiang
Dindiang ari samo di dalam
Siku basuduik kaki jo sayok
Siang lalok malam bajago
Lalok bagayuik jo kukunyo
Ukia di dalam kieh juo
Namo tasabuik kalalawa
Ukia aka nan basiku
Bungo baruntun jo daunnyo
Latak diateh papan singok
Salo-basalo tupai managun
Padang basentak tigo selo
Ukia rang Sumpu jo Batipuah
Buliah talatak di lambai-lambai dindiang
Dindiang ari samo di dalam
4.
TIRAI
RANG AMPEK ANGKEK
Di lingkuang paserek
jo pasebang
Salilik biliak nan
dalam
Kacubuang bungo
baputiak
Harum sarupo sari manjari
Asa nan dari Ampek
Angkek
Agam Biaro Balai
Gurah
Liuak bapilin aka jo
daun
Di dalam daun putiak
manyumbua
Alamaiknyo mudo
mangucambah
Barulah tuo mamakan
ragam
Batindak budi jo aka
Balimpah baso jo basi
Endah di dalam itu
pulo
Tandonyo rumah barajo
Qali
Tibo di kampuang
barajo mamak
Rumah gadang
batunganai
Di lingkuang adat jo
pusako
Pusako Agam balai
Gurah
Di dalam Alam Minangkabau
Setiap
nama dari ukiran tersebut memiliki makna ajaran minangkabau. Penamaan dan
pemakaian ukiran tersebut yaitu, “kaluak paku’ di artikan sebagai ajaran anak
dipangku kemenakan dibimbing. “pucuak rabuang” di artikan sebagai ajaran yang
praktis yaitu “ketek baguno, gadang tapakai”. “saluak laka” diartikan sebagai lambang kekerabatan di minangkabau yang
saling berkaitan. “jalo” melambangkan sistem pemerintahan yang di tuangkan
datuak parpatih nan sabatang atau aliran bodi caniago. “jarek” melambangkan sistem pemerintahan yang di ciptakan oleh
datuak katumanggungan atau aliran koto piliang. “itiak pulang patang” diartikan
sebagai sebuah ketertiban anak – kemenakan. “saik galamai” melambangkan
ketelitian. Bentuk ukiran lain yaitu “sikambang manih” yang
menggambarkan keramahan.
D. TATA KRAMA TERTENTU DI RUMAH
GADANG
1.
Duduk di Rumah Gadang
Duduak baselo untuk laki – laki, dan duduak basimpuah
untuk perempuan. Orang tua memberi pendidikan tersebut kepada anak-anaknya,
sesuai ungkapan ketek taraja-raja, lah
gadang tabao-bao, lah tuo tarubah tidak, lah gaek jadi parangai.
Duduk di Rumah Gadang dilarang untuk :
- Menegakkan lutut
- Mengangkat kaki
- Gelisah saat duduk
- Berputar ke kiri atau ke kanan
Mamak atau lelaki dewasa duduk di ruang tepi
membelakangi halaman menghadap ke ruang tengah dengan tujuan mengawasi
kamanakan sesuai pepatah kok siang
dicaliak-caliak kok malam didanga-danga.
Tungganai duduk pada lanjar paling depan pada ruang
sebelah ujung, berhadapan dengan kamar para medis.
Sumando duduk di ruang tengah membelakangi kamar
menghadap ke halaman, karena sumando bukan orang saparuik, melainkan tamu
terhormat yang merupakan abu diateh
tunggua di atas rumah, ia bisa bertahan bila angin tidak kencang.
Ipa bisan duduk di lanjar paling depan tempat
dihadapkan kamar istri laki-laki yang menjadi kerabat tamu tersebut.
2. Berbicara di Rumah Gadang
Bila perempuan mendatangi Rumah Gadang, ia harus
berseru terlebih dahulu di halaman. Bila laki-laki mendatangi Rumah Gadang, ia
harus mendehem terlebih dahulu di halaman.
Berbicara di Rumah Gadang haruslah sopan. Berbicara
lemah lembut dan bergantian. Jangan berbicara jika masih ada yang berbicara.
Bila menyebut nama orang lain, panggillah nama atau
gelarnya sesuai ungkapan ketek banamo gadang bagala. Berbicara di Rumah Gadang
haruslah dengan tenggang rasa yang tinggi sesuai ungkapan raso jo pareso.
Dalam berbicara haruslah memperhatikan sopan santun,
kasih sayang dan penuh nasehat, penuh kearifan serta penuh makna. Di Rumah
Gadang berlaku kato nan ampek; mandaki, manurun, malereng, mandata.
3. Berbuat dan Bertindak di Rumah
Gadang
Rumah Gadang dianggap rumah suci. Oleh karena itu
berlaku tata krama dalam berperilaku di Rumah Gadang. Bila ingin ke Rumah
Gadang, setiap orang harus membasuh kakinya terlebih dahulu. Biasanya di bawah
tangga disediakan sebuah batu ceper yang lebar yang disebut Batu Talapakan. Di
samping batu talapakan tersedia tempat air dari batu yang disebut Cibuak
Mariau. Untuk mengambil air dari dalam cibuak, digunakan timba yang terbuat
dari kayu yang bernama Tariang Bapanto.
Pada hakekatnya, setiap perbuatan dan tindakan di
Rumah Gadang ada aturannya dan norma yang mengaturnya. Sesuai dengan ungkapan
malabihi ancak-ancak mengurangi sio-sio.
BAB III
PENUTUP
a. Simpulan
Rumah Gadang bafungsi sabagai tampek tingga basamo, nan mampunyoi
aturan-aturan jo tata krama. Jumlah kamar bagantuang jo jumlah padusi nan
tingga di dalamnyo. Satiok padusi dalam kaum nan alah basuami mandapekan ciek
kamar. Samantaro itu padusi nan alah gaek jo anak-anak mandapekan kamar di
dakek dapua. Sadangkan gadih ramajo mandapekan kamar basamo di ujung Rumah
Gadang.
Sadoalah bagian dalam Rumah Gadang marupoan ruangan lapeh kacuali kamar
tidua. Bagian dalam tabagi dari lanjar jo ruang nan ditandoi dek tiang-tiang.
Tiang nan babanjar dari muko ka lakang manandoi lanjar, sadangkan tiang nan
babanjar dari kiri ka kanan manandoi ruang. Biasonyo ado duo atau tigo lanjar
di Rumah Gadang, tagantuang jo gadang rumah. Sadangkan jumlah ruangnyo biasonyo
ganjia, antaro tigo jo sabaleh.
Rumah Gadang biasonyo dibangun diateh tanah milik kaluargo induak dalam
kaum sacaro turun tamurun, nan hanyo diwarihan dari padusi ka padusi dalam
kaum. Dilaman mukonyo, biasonya ado duo buah Rangkiang, nan digunoan untuak manyimpan padi.
Ruang nan ado pado ujuang kanan jo ujuang kiri Rumah Gadang disabuik anjuang,
nan bafungsi sabagai tampek pangantin jo tampek peangubekan kapalo adaik. Indak
jauah dari tampek Rumah Gadang didirian, biasonyo dibangun ciek buah surau
kaum, nan bafungsi sabagai tampek ibadah, tampek pandidiakan jo tempek tingga
laki-laki dalam kaum nan alah gadang jo nan alun manikah.
b.
Saran
Adaik Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, Syarak Mangato Adaik
Mamakai, sungguh ungkapan yang sangat Indah dimana
menggambarkan Adat Minangkabau sejalan dengan ajaran Islam, setiap bidang dan
aspek kehidupan tidak lepas dari ajaran Agama Islam, diantaranya adalah tata
krama. Namun saat sekarang ini ditemui kemerosotan pada generasi Minangkabau,
contohnya saja, dari Segi Pakaian dan Cara Bertutur Kata sudah tidak sejalan
dengan Aturan Adat dan Agama Islam, Oleh karena itu marilah sama-sama kita
melestarikan Identitas Asli Minangkabau yang terkenal dengan memegang teguh
Adat dan Ajaran Islam.
1 comments so far
EmoticonEmoticon