RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
pendidikan : Sekolah
Dasar
Kelas
/ semester : I / I
Tema /
topik : Diriku
Sub Tema :
Tubuh ku
Pembelajaran : 1
(Satu)
Hari / Tanggal :
Senin/19 Agustus
Alokasi
waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi Dasar
PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
PJOK
3.1. Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia
dan kegunaannya
SBDP
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Matematika
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
C.
Indikator
PPKn
Menunjukkan sikap tertib selama
pelajaran
PJOK
Menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan
tepat
SBDP
• Menyanyikan lagu dengan irama yang tepat
• Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan
Matematika
Menghitung banyak benda 1-5
Menuliskan lambang bilangan 1-5
Tujuan pembelajaran:
1.
Setelah mendengarkan
contoh dari guru, siswadapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan syair dan
irama lagu yang tepat.
2.
Setelah bertanya jawab, siswa dapat
menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
3.
setelah mengamati gambar
siswa dapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat.
4.
setelah mengamati gambar
siswa dapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.
D.
Materi
PPKn : Menunjukkan
sikap tertib
PJOK : Menunjukkan
bagian-bagian tubuh
Matematika : Menghitung banyak benda, membilang banyak
benda
SBDP : Menyanyikan
lagu dan menjelaskan isi lagu
E.
Pendekatan dan Metode
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
.
|
10 menit
|
Inti
|
|
150 menit
|
Penilaian proses:
|
||
Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar permainan :
1. Gambar anggota tubuh anak, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian tubuh.
|
||
|
||
|
||
|
||
|
||
|
||
Penutup
|
Siswa diajak untuk merumuskan simpulan materipembelajaran selama satu hari
|
15 menit
|
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) Melakukan penilaian hasil belajar
|
||
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
|
||
1. Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya,
cara melafalkannya dsb)
2. Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a,
maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok
kalau berdoa lebih disempurnakan
|
G. Sumber dan Media
1.
Syair lagu “Dua Mata Saya”
2.
Gambar anggota tubuh manusia yang
lengkap
3.
Buku tematik.
H.
Penilaian
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilaian
Proses
Menggunakan
format penilaian pengamatan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
(Terlampir)
b. Penilaian Hasil
Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (Terlampir)
2.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian
Proses
1) Penilaian Observasi
2) Penilaian
Unjuk kerja
b.
Penilaian Hasil
Belajar
1) Pilihan
Ganda
2) Essay
Mengetahui
Kepala
SDN 03 Alai Guru
Kelas
Fauziah Abbas ( )
NIP.195608141978012006 NIP.
No
|
Kriteria
|
J
Baik Sekali
4
|
J
Baik
3
|
K
Cukup
2
|
L
Perlu Bimbingan
1
|
1
|
Penguasaan lagu
|
Siswa hafal
seluruh syair
lagu, irama
tepat
|
Siswa hafal seluruh
syair lagu, irama
kurang tepat atau
sebaliknya
|
Siswa hafal sebagian
kecil syair lagu
|
Siswa belum hafal syair
lagu
|
2
|
Ketepatan mengisi
banyak anggota
tubuh pada kolom
‘Ayo Berlatih’
|
Semua tepat
|
Tepat 5—6 Tepat
|
Tepat 3—4 Tepat
|
Tepat 1—2 Tepat
|
Skor maksimal=10
Skor
perolehan
Nilai = X 100
Skor
Ideal
Penilaian
Unjuk Kerja
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
|
|||||||||
Komponen kartu
nama
|
Jumlah warna yang
digunakan
|
Skor
|
NA
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
|||||||||||
5
|
|||||||||||
6
|
|||||||||||
7
|
|||||||||||
8
|
|||||||||||
9
|
|||||||||||
10
|
|||||||||||
Jumlah
|
|||||||||||
Rata-rata
|
|||||||||||
Persentase
|
Mengetahui
Kepala
SDN 03 Alai Guru Kelas
Fauziah Abbas
NIP.195608141978012006 NIP
Penilaian Hasil Belajar
Berapa banyak bagian tubuh ini?
1 . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . .
. . . .
. . . . . . . . . . . . .. . . . .
. . . .
. . . . . . . .
Penilaian Hasil Belajar
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
|||
8
|
|||
9
|
|||
Jumlah
|
|||
Rata-rata
|
|||
Persentase
|
Mengetahui
Kepala
SDN 03 Alai Guru
Kelas
Fauziah Abbas
NIP.195608141978012006 NIP.
MEDIA
Dua Mata Saya
Ciptaan
Pak Kasur
Dua mata saya
Hidung saya satu
Dua kaki saya
Pakai sepatu baru
Dua tangan saya
Yang kiri dan kanan
Satu mulut saya
Tidak berhenti makan
30 Buku
EmoticonEmoticon