PENGERTIAN, TUJUAN DAN RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
A.
Pengertian
Pembelajaran Bahasa Indonesia
Bahasa indonesia merupakan bahasa persatuan
yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Untuk menjaga kelestarian dan
kemurnian bahasa Indonesia maka diperlukan berbagfai upaya. contoh upaya untuk
menjaga kemurnian bahasa Indonesia adalah dengan menuliskan kaidah-kaidah ejaan
dan tulisan bahasa Indonesia dalam sebuah buku yang disebut ejaan yang
disempurnakan (EYD). Dapat digunakan sebagai pedoman dalam kegiatan berkomunkasi
menggunakan bahasa Indonesia dengan
benar, baik berkomunikasi secara langsung maupun tidak langsung. Sedangkan upaya
lain yang dapat digunakan untuk melestarikan bahasa Indonesia adalah dengan
menanamkan bahasa Indonesia sejak dini.
Penanaman bahasa Indonesia sejak dini adalah
memberikan pelatihan dan pendidikan tentang bahasa Indonesia sejak masih kecil. Pelaksanaan
pendidikan tentang bahasa Indonesia pada anak dapat dilakukan melalui
pendidikan informal, pendidikan formal, dan pendidikan non formal. Pendidikan informal
dilakukan dirumah. Pendidikan ini dilakukan saat anak berada dirumah bersama
dengan keluarganya.sedangkan pendidikan formal, gurulah yang berperan penting
dalam menanamkan pengetahuan akan bahasa Indonesia yang baik.sedangkan
pendidikan nonformal dilakukan diluar jam sekolah, dapat melalui kursus pelatihan-pelatihan dan lain-lain.
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan
etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
2.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
3.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan
tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk
memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan
dan kemampuan berbahasa.
6.
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai
khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruang lingkup mata pelajaran
Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra
yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.
EmoticonEmoticon