13 Manfaat Bersepeda dibandingkan dengan Sepeda Motor

Pada zaman modern sekarang ini sudah umum bagi kita untuk berpergian dekat atau jauh dengan menggunakan sepeda motor, karena dengan menggunakan sepeda motor kita bisa lebih cepat tiba di tempat tujuan. Namun tahukah anda bahwa bersepeda lebih banyak memberikan manfaat dibandingkan menggunakan sepeda motor?, terutama manfaat pada kesehatan tubuh.
Kenapa demikian? berikut adalah manfaat menggunakan sepeda, diantaranya:

Asiknya bersepeda dengan keluarga
Gambar 1.1 Asiknya bersepeda dengan keluarga
  1. Bersepeda dapat meningkatkan kekuatan otot jantung, jantung yang sehat akan memompakan darah dan oksigen ke seluruh tubuh sehingga dapat meminimalisisr penyakit stroke, tekanan darah tinggi dan sakit jantung. Bersepeda secara teratur dapat menurunkan kolesterol yang berlebih di dalam tubuh.
  2. Membakar kalori berlebih, jika kita rutin bersepeda setiap hari, kalori di dalam tubuh akan terbakar sedikit-demi sedikit terutama pada pagian kaki dan perut sehingga dapat membentuk otot kaki dan perut. yang proporsional. Dan menjadi olahraga yang menyenangkan karena bersepeda dapat menurunkan berat badan belebih.
  3. Bersepeda dapat menjaga keseimbangan tubuh, karena saat bersepeda bagian anggota tubuh kita akan berkoordinasi agar tubuh dapat seimbang di saat kita mengedarai sepeda.
  4. Dapat meningkatkan energi di dalam tubuh, menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh the journal Psychotherapy and Psychosomatics, bersepeda dapat meningkatkan energi tubuh sebesar 20 % (persen) serta menurunkan tingkat kelelahan tubuh secara significan (60 persen). Ini dikarenakan, bersepeda akan merangsang otak untuk melepaskan dopamin neurotransmitter yang berkaitan dengan energi dalam tubuh.
  5. Bersepeda dapat mengurangkan stess, sudah banyak pengamatan yang saya lakukan bahwa bersepeda dapat mengurangkan stress. Dengan bersepeda kita merasa sederhana, dapat menyaksikan keadaaan yang berbeda dibandingkan kita menggunakan kendaraan bermotor.
  6. Karena bersepeda dapat mengurangkan stress maka tubuh dan pikiran akan merasa ringan dan lebih tenang.
  7. Dari segi finansial, bersepeda selain menyehatkan dapat menghemat pengeluaran, misal membeli minyak, service motor dan lain sebagainya.
  8. Dari segi sosial, dengan bersepeda kita merasa lebih sederhana, serta memudahkan kita dalam bersosialisasi dengan masyarakat.
  9. Bersepeda ramah lingkungan, dengan bersepeda tidak ada asap atau karbon monoksida yang di keluarkan sehingga secara langsung kita sudah menjaga lingkungan dari polusi udara.
  10. Sepeda sangat mudah digunakan, dan perawatannya pun tergolong mudah, serta harganyapun tidak terlalu mahal.
  11. Bersepeda dapat kita lakukan kapanpun, namun sebaiknya aturlah jadwal bersepeda minimal olahraga pagi hari dan sore hari selain pemandangannya bagus juga lebih sehat.
  12. Bersepeda tidak membatasi umur, menggunakakan sepeda boleh di kendarai oleh semua orang, baik itu anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua.
  13. Bersepeda dengan keluarga akan lebih mengasikkan serta dapat meningkatkan kehangatan hubungan keluarga.

Nah itulah beberapa manfaat yang dihasilkan dengan bersepeda selain hemat juga menyehatkan bukan? Ayo mulai dari sekarang kita biasakan hidup sehat dengan berolahraga, khususnya olahraga dengan bersepeda, Kita dapat menggunakan stopwatch dengan handphone, smartphone, jam atau alat lain agar dapat mengetahui berapa waktu kita sehari untuk bersepeda.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:
Bahaya Menggunakan Headset/earphone Bagi Telinga dan Otak
Cara Mudah Memelihara Ikan Cupang Untuk Pemula
Cara Mudah Mendownload Film atau Lagu di Youtube
Ini Dia 4 Film Bioskop Internasional yang Akan Tayang Tahun 2016
Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Tas Salempang dan Tas Punggung

0 Response to "13 Manfaat Bersepeda dibandingkan dengan Sepeda Motor"

Posting Komentar