Wednesday, May 22, 2019

5 MAKANAN KHAS SUMATERA BARAT SAAT HARI RAYA IDUL FITRI

Hanya beberapa hari lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Semua pasti sudah menyiapkan keperluan untuk menyambut hari berbahagia tersebut. Seperti baju baru, cat rumah baru, pasangan baru (haha) dan makanan khas. Kenapa makanan tersebut disebut khas karena dibuat khusus untuk hari raya saja dan sudah menjadi tradisi dari masa ke masa sehingga makanan tersebut dapat mengingatkan pada masa lalu. Meskipun memang ada juga yang dijual saat hari biasa namun rasanya akan lebih nikmat saat hari raya Idul Fitri.

Karena rata-rata masyarakat Minang Sumatera Barat adalah perantau. Maka makanan khas dari kampung halaman akan sangat dinantikan saat hari raya Idul Fitri versi dodi rullyanda's blog.

Adapun Makanan khas tersebut seperti Kue Sapik, Rendang, Kue Ladu, Dendeng Batokok dan Katupek Gula Paku.

1. Kue Sapik
Kue sapik sumber foto Resep Masakan 
Kenapa namanya kue sapik? karena memang cara pembuatannya menggunakan alat sapik atau bahasa Indonesianya capit. Bahan utama pembuatan kue sapik adalah tepung beras, telur, kayu manis dan santan. Langkah pembuatannya yaitu bahan yang sudah di olah berbentuk cair kental tersebut dimasukkan ke dalam alat sapik dengan ukuran 1 sendok makan.
Alat pencetak kue sapik sumber foto tokopedia
Kue sapik di masak dengan menggunakan api sedang dan sekitar 1 sampai 2 menit di balik. Nah yang unik dari kue sapik ini, kalian bisa melipat kue sapik dan juga bisa di gulung.

2. Rendang
Rendang sumber foto selerasa
Suasana hari raya Idul Fitri tidak lengkap rasanya tanpa ada makanan Rendang. Makanan rendang adalah salah satu makanan khas yang dibuat dengan bahan dasar daging sapi, santan dan aneka rempah-rempah. Untuk membuat rendang dibutuhkan beberapa jam. Hmm lama juga ya?, tapi jangan salah guys, rasanya enak banget dan uniknya adalah makanan ini dapat bertahan beberapa hari bahkan hingga 1 minggu lebih dan juga rendang ini akan terasa lebih enak jika semakin sering dipanaskan.

3. Kue Ladu Arai Pinang


Ladu arai pinang sumber foto Bukalapak
Kue Ladu biasanya dibuat saat hari raya lebaran. Ladu adalah makanan khas pariaman tengah, terutama di kampung perak. Ladu ini berupa makanan yang seperti kerupuk yang dicetak pakai alat cetak,seperti piring cetakan dan juga daun pinang. 
Asal mula ladu itu dibuat oleh orang pada ada acara perkawinan dan sebagainya. Pada saat itu nama makanan itu adalah arai pinang yang dibuat pakai cetakan daun pinang.

4. Dendeng Batokok 
Dendeng batokok sumber foto fimela
Satu lagi masakan daging, yaitu dendeng batokok. Dendeng batokok adalah makanan  yang terbuat dari daging sapi dan lado goreng. Dendeng batokok adalah masakan khas Sumatra Barat dibuat dari irisan tipis dan lebar. Setelah daging sapi diiris tipis melebar, lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya daging nya menjadi lembut. Kemudian makanan ini diberi cabai hijau yang diiris kasar.

5. Katupek Gula Paku
Katupek gulai paku sumber foto sari bundo masakan padang
Gulai paku adalah gulai yang menggunakan batang dan daun paku/pakis yang masih muda, sayur gulai paku biasanya dimakan bersama dengan ketupat atau orang minang biasa menyebutnya dengan ketupek. Kuah gulai paku terbuat dari kaldu udang rebus yang dicampur dengan santan sehingga makanan katupek gulai paku memiliki rasa yang gurih dan nikmat (saribundo). Cocok untuk sarapan pagi di hari lebaran apa lagi pakai telur rebus.

2 comments

This comment has been removed by a blog administrator.

Izin promo ya Admin^^

Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
- Telkomsel
- XL axiata
- OVO
- DANA
segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.CC ....:)


EmoticonEmoticon