Teks An Example of Good Customer Service dan Terjemahannya
An Example of Good Customer Service
There is a saying
that the customer is always right and this applies to the department of
customers service. Customer service staff must handle every complaint calmly
and wisely even thought the mistake is in the customer. Customer service staff
must respon to the customer’s complaint satisfactorily.
A sample of the
situation is a customer coming to a boutique thirteen days after the purchase
to return her purchase for it did not fit her. However, it was clearly stated
on the receipt that the return policy it within a week. The staff calmly
explained the policy to the customer. Yet, it did nor solve anything since the
customer insisted to get a refund no matter what. The alternative solutuion the
staff could do was to accept it under two conditions that the tag price was
still attached and it was unworn. Customer-service staff need to find a win-win
solution to a complaint.
Example of customer
complaint are not limited to mistakes on the customer side. The staff herself
may make a mistake. For instance, a designer used the wrong fabric for a
customised order and the customer complained about it. The designer, then,
resent the correct order and iffered a return postage. To avoid such loss,
producers or service providers must act carefully during the process of purchase.
The company policy
should be informed clearly before the purchase to avoid misunderstanding
between customers and producers. Once a problem arises. Being honest will
maintain the customer’s trust in the sellers or producers.
Terjemahan
Contoh Layanan Pelanggan yang Baik
Ada yang mengatakan
bahwa pelanggan selalu benar dan ini berlaku untuk departemen layanan pelanggan.
Staf layanan pelanggan harus menangani setiap keluhan dengan tenang dan
bijaksana, bahkan mengira kesalahannya ada pada pelanggan. Staf layanan
pelanggan harus menanggapi keluhan pelanggan dengan memuaskan.
Contoh situasi
adalah pelanggan datang ke butik tiga belas hari setelah pembelian untuk
mengembalikan pembeliannya karena itu tidak cocok untuknya. Namun, itu jelas
dinyatakan pada tanda terima bahwa kebijakan pengembalian itu dalam waktu
seminggu. Staf dengan tenang menjelaskan kebijakan tersebut kepada pelanggan.
Namun, itu tidak menyelesaikan apa pun karena pelanggan bersikeras untuk
mendapatkan pengembalian uang apa pun yang terjadi. Solusi alternatif yang bisa
dilakukan staf adalah menerimanya dengan dua syarat bahwa harga tag masih
melekat dan tidak dikenakan. Staf layanan pelanggan perlu menemukan solusi
win-win untuk keluhan.
Contoh keluhan
pelanggan tidak terbatas pada kesalahan di sisi pelanggan. Staf sendiri mungkin
melakukan kesalahan. Misalnya, seorang desainer menggunakan kain yang salah
untuk pesanan yang disesuaikan dan pelanggan mengeluhkannya. Perancang kemudian
membenci pesanan yang benar dan mengirim ongkos kirim kembali. Untuk menghindari
kerugian seperti itu, produsen atau penyedia layanan harus bertindak hati-hati
selama proses pembelian.
Kebijakan perusahaan
harus diinformasikan dengan jelas sebelum pembelian untuk menghindari
kesalahpahaman antara pelanggan dan produsen. Sekali masalah muncul. Bersikap
jujur akan menjaga kepercayaan pelanggan terhadap penjual atau produsen.
2 comments
Izin promo ya Admin^^
Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
- Telkomsel
- XL axiata
- OVO
- DANA
segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.CC ....:)
EmoticonEmoticon