Monday, February 11, 2019

USB LAN SOLUSI JARINGAN LAN PC ATAU LAPTOP TIDAK BERFUNGSI AKIBAT PETIR - MASALAH DI WARNET PART 2

Hai semuanya, bagaimana kabar kalian hari ini semoga sehat selalu, aamiin.

Sebelumnya kita sudah membahas tentang mengatasi masalah Modem tersambar petir. Sekarang saya mau berbagi tentang cara mudah mengatasi Jaringan Local Area Network (LAN) tidak berfungsi.

Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi pengetahuan kepada teman tentang mengatasi masalah Port LAN PC atau Laptop yang tidak berfungsi. Adapun indikasi dari Port LAN PC bermasalah adalah, adanya tanda silang berwarna merah pada lambang LAN/ Network pada Komputer atau Laptop teman-teman berakibat tidak bisa koneksi denga internet.

LAN rusak atau tidak berfungsi ditandai dengan silang merah
LAN rusak atau tidak berfungsi ditandai dengan silang merah foto dari blog ceritadanhumor

Bagi saya seorang penjaga warnet pasti sangat merepotkan karena Jaringan internet merupakan penentu penghasilan usaha saya. Berikut adalah pengalaman saya untuk mengatasi masalah di atas dengan mudah dan efektif.


Ada beberapa penyebab kenapa LAN tersebut tidak berfungsi atau rusak, yaitu :
  1. Tersambar petir, LAN PC atau laptop yang tetap terhubung dengan internet meski cuaca hujan disertai petir memiliki resiko besar LAN PC atau Laptop teman-teman rusak. Karena kilatan dari petir tersebut membuat daya arus listrik ke LAN menjadi tidak stabil hingga dapat merusak bagian dalam LAN.
  2. Driver LAN hilang, Driver LAN hilang juga bisa disebabkan karena serangan petir yang mengakibatkan LAN menjadi rusak pada bagian dalam yang terhubung dengan mainboard.

Solusi Mengatasinya


Solusi yang paling mudah mengatasi Jaringan LAN PC atau Laptop yang tersambar petir yaitu dengan menggunakan LAN USB, seperti USB LAN Card 2.0 to RJ45 Ethernet Adapter Blue dan jenis lainnya. Cara memasangnya juga mudah, namun saya akan menjelaskannya pada artikel berikutnya.

USB LAN Card 2.0 to RJ45 Blue foto dari Tokopedia

Baca Juga : Cara memasang dan menginstal USB LAN Card 2.0 to RJ45 Ethernet Adapter Blue

Kita juga bisa menggunakan bisa memasang Port LAN tambahan jenis onboard pada komputer tapi saya tidak merekomendasikannya karena setiap komputer memiliki tempat onboard LAN tambahan dan ada juga yang tidak.

Oke teman-teman itulah informasi yang saya bagikan kepada kalian mengenai masalah yang saya temua selama menjalani usaha warnet. 

Bagi teman-teman yang memiliki masalah mengenai warnet atau komputer lainnya jangan sungkan untuk bertanya ya, dengan memberikan komentar pada kolom di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, Aamiin. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

5 comments

Mau tanya kk.
Kan kmren aku beli usb lan.udh di instal tpi ttp ngk nymbung di aptob aku.di laptob teman aku nymbong.ituLh jdi binggung aku

Hai. Maaf baru balas. untuk mengatasi masalah kamu silahkan baca di sini. Mudah-mudahan dapat membantu.
https://dodirullyandapgsd.blogspot.com/2015/11/cara-mudah-mengatasi-lan-usb-yang-tidak.html

This comment has been removed by the author.

Numpang promo ya Admin^^
ajoqq^^com
mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
mari segera bergabung dengan kami.....
di ajopk.club....^_~
segera di add Whatshapp : +855969190856

BVGAMING | Situs Taruhan Bola Online Deposit Bank Permata 24 Jam Terpercaya Di Indonesia.

Menyediakan Pasaran Bola Terlengkap Dengan Odds Terbaik Di Asia Dan Eropa. Platform 1 user id Dengan Ratusan permainan Lainnya Yang Lengkap Tersedia.

Menyediakan Taruhan Bola Online Deposit Via Bank Permata (BANK Syariah Permata), Bank Kaltara, BANK KALBAR (BANK KALIMANTAN BARAT), Bank Permata (BANK Permata), BANK KALTENG (BANK KALIMANTAN TENGAH). BvGaming Juga Menerima Deposit Menggunakan e-Money Linkaja, Ovo, Gopay, Dana, Sakuku. Via Pulsa XL, Telkomsel.

Dapatkan Penawaran Promo Spesial Terbatas !
Kunjungi Link : https://bit.ly/regisbvgaming
Atau Bisa Hubungi Whatsapp : +628122222995

Link Alternatif :
» https://bit.ly/3pzRxmO
» https://bit.ly/3pyRBDA
» https://bit.ly/37rLuLb


EmoticonEmoticon