Tuesday, October 4, 2016

Peraturan Olahraga Permainan Bola Basket dan Ukuran Lapangan bola basket

Tags

A. Peraturan Olahraga Permainan Bola Basket

  1. Olahraga Bola Basket adalah permainan bola yang dimainkan dengan berkelompok yang terdiri atas dua kelompok atau dua tim yang bertanding dengan ketentuan kelompok yang paling banyak mencetak angka itulah pemenangnya. 
  2. Setiap kelompok yang bermain beranggotakan lima orang dan memiliki beberapa cadangan pemain yang dapat berganti pemain setiap time out. 
  3. Dalam permainan bola basket ada empat babak permainan setiap babak memiliki waktu permainan 10 menit (4 x 10 Menit). 
  4. Setiap 1 babak memiliki waktu istirahat 10 menit
  5. Memiliki berbagai macam pelanggaran, seperti  foul (melanggar pemain lawan dgn reaching atau posisi defence yg salah), dan pelanggaran lainnya.
  6. Setiap pelanggaran memiliki berbagai konsekuensi, seperti Deffensive 3 second (pelanggaran karena diam di area tim sendiri selama 3 detik pada saat lawan melakukan offense. Sehingga lawan diijinkan melakukan 1 throw-in), dan masih banyak konsekuensi lainnya.
  7. Dalam permainan bola basket ada beberapa teknik dasar permainan, diantaranya; teknik menggiring (dribbling), teknik  mengoper (passing), teknik tumpuan (pivot), teknik menembak (shooting), dan memasukkan bola dari tempat teman yang meleset (rebound), teknik menangkap bola.
    Teknik menembak bola basket ke dalam gawang
    Teknik menembak bola basket ke dalam gawang sumber walpaperhd99.

B. Ukuran Lapangan Olahraga Bola Basket
Ukuran lapangan bola basket
Ukuran lapangan bola basket sumber foto tutorialolahraga.com
Baca Juga :  Nama buah-buahan segar yang bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan dua standar ukuran, yakni panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter untuk standar National Basketball Association dan panjang 26 meter dan lebar 14 meter untuk standar Federasi Bola Basket Internasional. Tiga buah lingkaran yang terdapat di dalam lapangan basket memiliki panjang jari-jari yaitu 1,80 meter. (aturanpermainan.blogspot.co.id).

2 comments

artikel basket yang menarik, menambah wawasan saya dalam bidang olah raga bola basket.

sarana dan prasarana bola basket

This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon