Makalah Perangkat Pembelajaran.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Di era globalisasi ini
telah membuka kesadaran masyarakat tentang perkembangan dunia pendidikan.
Dengan adanya hal tersebut munculah sejumlah harapan dan kecemasan dalam
kemajuan pendidikan. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan mengupayakan
perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan yang secara kontinu dilakukan.
Beragam program
inovatif ikut serta memeriahkan reformasi pendidikan. Reformasi pendidikan
adalah restrukturisasi pendidikan yakni memperbaiki hubungan sekolah dengan lingkungannya
dan dengan pemerintah, pola pengembangan perencanaan serta pola pengembangan
menejerialnya, pemberdayaan guru dan restrukturisasi model-model
pembelajarannya.
Dalam makalah ini akan
membahas mengenai pengembangan perencanaan pembelajaran, yang mencakup
pengembangan perangkat pembelajaran yang termaktub dalam proses menerjemahan
kurikulum yang berlaku menjadi program-program pembelajaran yakni program
menyusun alokasi waktu, prota, promes, silabus, dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
menyusun alokasi waktu, prota, promes, silabus, dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
B. Rumusan Masalah
1. Apa tujuan dari
perangkat pembelajaran?
2. Apa saja macam-macam perangkat
pembelajaran?
3. Bagaimana manfaat
perangkat pembelajaran?
C. Tujuan
Penulisan Makalah
1.
Pembaca bisa
menjelaskan tujuan dari perangkat pembelajaran
2.
Menjelaskan macam-macam
perangkat pembelajaran?
3.
Menjelaskan manfaat
perangkat pembelajaran?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Perangkat pembelajaran adalah
sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam
proses pembelajaran. Dari uraian tersebut dapat dikemukakan bahwa perangkat
pembelajaran adalah sekumpulan media atau sarana yang digunakan oleh guru dan
siswa dalam proses pembelajaran di kelas.
B. Tujuan
Tujuan adanya perangkat pembelajaran
adalah untuk memenuhi keberhasilan seorang guru dalam pembelajaran.
C. Manfaat Perangkat Pembelajaran di SD
Berikut ini akan dijelaskan
pentingnya perangkat pembelajaran yang perlu dipersiapkan oleh seorang guru,
antara lain :
1.
Perangkat
pembelajaran sebagai panduan
Perangkat
pembelajaran adalah sebagai panduan atau pemberi arah bagi seorang guru. Hal
tersebut penting karena proses pembelajaran adalah sesuatu yang sistematis dan
terpola. Masih banyak guru yang hilang arah atau bingung ditengah-tengah proses
pembelajaran hanya karena tidak memiliki perangkat pembelajaran. Oleh karena
itu, perangkat pembelajaran memberi panduan apa yang harus dilakukan seorang
guru di dalam kelas. Selain itu, perangkat pembelajaran memberi panduan dalam
mengembangkan teknik mengajar dan memberi panduan untuk merancang perangkat
yang lebih baik.
2.
Perangkat
pembelajaran sebagai tolak ukur
Seorang guru
yang profesional tentu mengevaluasi setiap hasil mengajarnya. Begitu pula
dengan perangkat pembelajaran. Guru dapat mengevaluasi diri nya sendiri sejauh
mana perangkat pembelajaran yang telah dirancang teraplikasi di dalam kelas.
Evaluasi tersebut penting untuk terus meningkatkan profesionalime seorang guru.
Kegiatan evaluasi bisa dimulai dengan membandingkan dari berbagai aktivitas di
kelas, strategi, metode atau bahkan langkah pembelajaran dengan data yang ada
di perangkat pembelajaran.
3.
Perangkat
pembelajaran sebagai peningkatan profesionalisme
Profesionalisme
seorang guru dapat ditingkatkan dengan perangkat pembelajaran. Dengan kata
lain, bahwa perangkat pembelajaran tidak hanya sebagai kelengkapan
administrasi. tetapi juga sebagai media peningkatan profesionalisme. Seorang
guru harus menggunakan dan mengembangkan perangkat pembelajarannya semaksimal
mungkin. Memperbaiki segala yang terkait dengan proses pembelajaran lewat perangkatnya.
Jika tidak demikian, maka kemampuan sang guru tidak akan berkembang bahkan
mungkin menurun.
4.
Mempermudah
Perangkat
pembelajaran mempermudah seorang guru dalam membantu proses fasilitasi
pembelajaran. Dengan perangkat pembelajaran, seorang guru mudah menyampaikan
materi hanya dengan melihat perangkatnya tanpa harus banyak berpikir dan
mengingat.
D. Macam-macam
Perangkat Pembelajaran
1.
Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran
dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar,
materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar
yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Silabus bisa dikembangkan sendiri
sesuai kearifan lokal daerah masing-masing.
2.
Kalender
Pendidikan
Kalender pendidikan biasanya memuat
tanggal-tanggal yang sudah direncakan untuk waktu pembelajaran, baik tanggal
ujian tengah semester, tanggal ujian akhir semester maupun hari libur semester.
Kalender pendidikan ini juga dapat menjadi panutan untuk memulai maupun
mengakhiri pembelajaran dalam satu semester.
3.
Program
Tahunan
Program
tahunan adalah suatu program yang memuat rancangan atau program yang
direncanakan untuk pembelajaran.
4.
Program
Semester
Program semester
adalah suatu program dibuat dengan mencocokkannya pada kalender pendidikan. Hal
tersebut dilakukan agar sesuai dengan kalender, kapan harus mengajar dan kapan
harus libur.
5.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan
prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar
yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus.
6.
Rencana
Pelaksanaan Harian
Rencana Pelaksanaan Harian dibuat
lebih rinci karena harus jelas materi apa yang aka diajarkan dalam 1 semester
ke depan. Rencana pelaksanaan harian ini dihitung perhari, pertanggal, dan
harus rinci.
7.
Buku
Pelaksanaan Harian
Buku pelaksanaan harian ini biasaya
sudah disediakan oleh sekolah. Guru harus mengisi buku ini setiap kali mengajar
di kelas.
8.
Presensi
Siswa
Presensi harian biasanya sudah
disediakan oleh sekolah. Guru hanya mengisi presensi dengan memberikan tanda
titik atau centang pada kolom-kolom yang disediakan. Apabila terdapat siswa
yang tidak hadir karena sakit maka tulis S, jika ijin maka tulis I, jika tanpa
keterangan maka tulis A (alpha).
9.
Catatan
Hambatan Belajar Siswa
Catatan
hambatan belajar siswa ini dapat berupa buku atau lembaran. Catatan ini dibuat
untuk mencatat siswa-siswa yang terhambat, misalnya tidak memperhatikan pada
saat guru memberi penjelasan, sibuk berbicara dengan teman ataupun tidur
dikelas.
10.
Daftar Buku
Pegangan Guru dan Siswa
Membuat
daftar buku pegangan guru dan siswa seperti membuat daftar pustaka. Tuliskan
buku apa saja yang dipakai oleh guru dan buku apa saja yang dipakai oleh siswa.
Sebaiknya buku yang dipakai oleh guru lebih banyak daripada siswanya.
11.
Analisis KKM
Analisis ini digunakan untuk
menghitung KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang akan ditetapkan pihak
sekolah. Pada umumnya, KKM antara pelajaran yang satu dengan pelajaran yang
lain tidak sama.
12.
Kisi-kisi
Soal
Kisi-kisi dibuat sebelum menyusun
soal, sehingga soal sesuai dengan kompetensi dasar dan standar kompetensi yang
ingin dicapai. Sebaiknya sebelum diadakan ujian, guru memberitahukan kisi-kisi
tersebut kepada siswanya.
13.
Soal-soal
Ulangan
Soal dibuat
dengan sebaik-baiknya dengan mengacu kisi-kisi soal. Guru memberikan bobot pada
setiap soal. Ada soal yang berbobot sulit, sedang dan mudah. Soal-soal ujian
tersebut dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa.
14.
Buku
Informasi Penilaian
Buku ini dibuat sebagai bukti bahwa
guru sudah memberikan informasi mengenai ulangan atau penilaian dan harus
ditanda tangani siswa.
15.
Analisis
Butir Soal
Analisis butir soal dapat dilakukan
dengan menggunakan software yang terdapat dalam komputer, misalnya Ms Excel dan
Anates.
17.
Program /
Pelaksanaan Perbaikan
Program perbaikan dibuat untuk
memfasilitasi siswa yang harus mengikuti ujian ulang atau perbaikan.
Pelaksanaannya juga dituliskan. Kemudian harus dituliskan nilai sebelum dan
sesudah perbaikan.
18.
Program/
Pelaksanaan Pengayaan
Program pengayaan berisi kapan
pengayaan akan dilaksanakan dan pelaksanaan pengayaan ini ditujukan untuk siswa
yang telah mencapai KKM
19.
Daftar
Pengembalian Hasil Ulangan
Daftar pengembalian hasil ulangan
digunakan untuk bukti bahwa hasil ulangan sudah dibagikan kepada siswa. Nilai
dan tanda tangan harus tercantum dalam daftar pengembalian hasil ulangan.
21.
Daftar Nilai
Nah ini yang sangat wajib harus
dimiliki setiap guru yaitu daftar nilai.
22.
Laporan
Penilaian Akhlak Mulia dan Kepribadian Siswa
Ini daftar nilai juga cuma nilainya
rentangnya A,B,C dan D bukan angka seperti nilai pelajaran
23.
Buku Tugas
Terstruktur
Buku tugas ini dibuat untuk tugas
yang sifatnya pengumpulannya tertentu waktunya, sesuai SK/KD
24.
Buku Tugas
Mandiri
Hampir sama dengan buku tugas
terstruktur, cuma bedanya buku ini dibuat untuk menuliskan tugas-tugas yang
jeda pengumpulannya lebih lama seperti akhir semester
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
Perangkat
pembelajaran memiliki tujuan untuk memenuhi suatu
keberhasilan guru dalam pembelajaran. Masih banyak guru pada saat ini yang
mengalami kebingungan di tengah - tengah proses pembelajaran. Karena itu perangkat
pembelajaran juga dapat membantu memberi panduan, serta teknik mengajar seorang
guru juga dapat berkembang. Selain itu guru juga dapat mengevaluasi sejauh mana
perangkat pembelajaran yang
sudah dirancang dapat teraplikasi dengan baik, dalam pelajaran yang berlangsung
didalam kelas.
Perangkat
pembelajaran juga dapat meningkatkan profesionalisme seorang guru, karena
seorang guru harus mengembangkan serta menggunakan perangkat pembelajarannya
semaksimal mungkin dan memperbaiki segala hal yang berkaitan dengan proses
pembelajaran melalui perangkatnya. Perangkat pembelajaran juga dapat
mempermudah seorang guru didalam proses fasilitasi pembelajaran, karena dengan perangkat pembelajaran guru juga dapat menyampaikan
materi tanpa harus banyak mengingat namun hanya perlu melihat perangkat yang
dimilikinya.
DAFTAR
PUSTAKA
Anonim. 2013. “Pengertian Perangkat Pembelajaran”. Diambil dari http://pustaka.pandani.web.id/2013/03/pengertian-perangkat-pembelajaran.html Pada 10 Juni 2013.
Anonim. 2011. “Macam Perangkat Yang Harus Dibuat”.
Diambil dari http://www.mrwindu.com/2011/06/24-macam-perangkat-yang-harus-dibuat.html#ixzz2BlKGK8w1
Pada 10 Juni 2013.
EmoticonEmoticon