5 Tari Minangkabau yang Terkenal di Nusantara Hingga Ke Luar Negeri

Sumatera Barat merupakan provinsi yang memiliki berbagai macam kebudayaan dan kesenian khususnya kesenian tari. Ada banyak sekali tari yang ada di Minangkabau, setiap tari memiliki makna dan tujuan yang berbeda. Tari di Minangkabau bisa dilakukan oleh perempuan dan laki-laki sesuai dengan fungsinya dan peranannya. 

Berikut adalah 5 Tari di Minangkabau yang terkenal baik di Indonesi hingga Luar Negeri:

1. Tari Piring
Tari Payung
Tari Payung sumber foto Ruana Sagita
Pada Zaman Dahulu Tari piring ditujukan sebagai tari persembahan bagi para dewa atas hasil panen yang melimpah, Setelah masuknya agama Islam maka tarian ini berubah fungsi sebagai tontonan dan hiburan bagi masyarakat. Tarian ini dipertunjukan setiap kali ada acara hajatan sebagai hiburan semata. Tari piring merupakan tarian yang sudah terkenal di seluruh pelosok nusantara Indonesia sampai ke mancananegara seperti tari piring yang dibawakan oleh pelajar Indonesia di Universitas Jepang. 

2. Tari Pasambahan
smanakrantau sumber foto smanakrantau
Tari Pasambahan adalah salah satu seni tari tradisonal Minangkabau yang berkembang di berbagai daerah di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Tarian ini ditampilkan dalam acara penyambutan tamu dengan maksud sebagai ucapan selamat datang dan ungkapan rasa hormat kepada tamu kehormatan yang baru saja sampai. Namun saat ini, tari pasambahan tidak hanya ditampilkan  dalam acara penyambutan tamu, tetapi juga dalam seni pementasan dan pertunjukan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat banyak. Banyak sanggar dan Universitas di Indonesia yang menampilkan tari pasambahan pada event-event kesenian.

3. Randai
Randai di tarikan oleh orang luar negeri
Randai di tarikan oleh orang luar negeri sumber foto Indojaya Holiday
Randai dalam masyarakat Minangkabau adalah suatu kesenian yang dimainkan oleh beberapa orang dalam artian berkelompok atau beregu, di mana dalam Randai ini ada cerita yang dibawakan, seperti cerita Cindua Mato, Malin Deman, Anggun Nan Tongga, dan cerita rakyat lainnya. Randai ini menggabungkan gerakan silat, tari, drama, musik, dan lagu. Hal yang membuat kita tertarik pada Randai adalah bukan hanya pada ceritanya saja namun gerakan-gerakan yang kompak membuat tari ini begitu eksotis dipandu dengan “Hep tah  tih, hheeeeeeeepppp ta!” . Randai terkenal sampai ke Mancanegara bahkan pernah di bawakan Mahasiswa University Of Hawaii, Manoa - Amerika Serikat.

4. Tari Payung
Tari Payung dibawakan secara berpasangan sumber foto Rumah Seni
Tari payung adalah tarian yang melambangkan kasih sayang. Tarian ini dilakukan dengan menggunakan payung sebagai instrument pelengkap. Tarian yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat ini biasanya dilakukan oleh 3-4 orang penari yang dilakukan secara berpasangan antara pria dan wanita. Tari ini biasanya di iringi dengan lagu pengiring berjudul Babendi-bendi ke Sungai Tanang. Lagu ini menceritakan bagaimana senangnya melihat anak muda menari payung. Tarian romantis ini sudah banyak di pentaskan pada event kesenian di Indonesia, dan bahkan sudah pernah di pentaskan di luar negeri.

5. Tari Alang Babega
Gerakan Tari Alang Babega sumber foto Another Story
Seperti falsafah Minangkabau Alam takambang jadi guru. Masyarakat Minangkabau zaman dahulu belajar dari alam. Sesuai namanya yaitu Alang babega, tari ini memiliki gerakan-gerakan yang menggambarkan gerak terbang burung elang yang berada di udara sehingga gerakan yang di timbulkan penarinya banyak melibatkan rentangan tangan dan menukik dengan meniru dari gerakann sayap elang, pada awal mulanya seperti terbang melayang, kemudian mengeluarkan gerakan yang lebih dinamis hingga gerakan tersebut mirip dengan burung elang yang sedang menyambar anak ayam yang berada di tanah.. Tari alang babega adalah salah satu tarian yaang dibanggakan para masyarakat Sumatera Barat, sehingga tak heran jika tari ini di pertunjukan di berbagai pentas baik di dalam Negeri sampai dengan ke luar Negeri.

2 Responses to "5 Tari Minangkabau yang Terkenal di Nusantara Hingga Ke Luar Negeri"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

wdcfawqafwef