Nama buah-buahan segar yang bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah-buahan mengandung berbagai macam vitamin, zat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Buah-buahan memiliki berbagai macam bentuk yang berbeda, memiliki banyak macam warna alami segar  yang cerah dan menggoda. Seperti buah apel ada yang memiliki warna merah dan hijau yang berbentuk menyerupai kupu-kupu bila dibelah, dan nanas yang memiliki sisik dan bermahkota ada yang berwarna hijau dan orange.
Selain warna dan bentuk buah yang berbeda-beda ternyata buah juga memiliki kandungan vitamin dan zat yang berbeda pula. Berikut adalah nama buah-buahan yang bermanfaat bagi tubuh kita :

1. Buah Apel
Buah Apel
Buah Apel sumber foto: sehatsenter.com
Apel memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh manusia. Dilansir dari manfaat.co.id buah apel memiliki manfaat diantaranya: membantu kerja usus halus untuk mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan pada usus halus, menyehatkan rongga mulut dan gigi karena memakan apel dengan langsung mengunyah akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut, apel juga memiliki zat tanin yang dapat membersihkan plak yang dapat merusak gigi dan gusi. Apel juga dapat mengontrol gula darah memiliki Galacturonic acid berguna untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Apel juga membantu pencernaan karena memiliki serat, mengatasi diare dan mencegah dan wasir.

Baca Juga : Daftar Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Praktis

2. Buah Jeruk
Buah Jeruk sumber foto: serbamanfaat.com
Jeruk adalah buah-buahan yang dapat mudah kita temui di pasar atau di pedagang buah, berbentuk bulat dan umumnya berwarna orange. Jeruk memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh adapun salah satu kandungan yang bermanfaat adalah vitamin C. Jeruk dapat menurunkan resiko stroke menurut penelitian American Heart Association Mengkonsumsi jeruk dalam jumlah yang tinggi memiliki resikoo 19% lebih rendah terkena stroke iskemik ketimbang wanita yang memakan sedikit buah jeruk. Jeruk juga memiliki kalium yang dapat menurunkan tekanan darah, dilansir dari manfaat.co.id jeruk dapat mencegah resiko leukimia dan vitamin c dalam jeruk dapat mencegah pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker. Buah jeruk juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya. Jeruk juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan BAB dan mengurangi resiko dari penyakit wasir. 

3. Buah Nanas
Buah Nanas sumber foto: sobatcantik.com
Nanas adalah buah dengan bentuk yang unik memiliki sisik pada kulitnya dan daun seperti mahkota. Rasa nanas yang keasaman sering dibuat orang menjadi rujak. Adapun manfaat buah nanas diantaranya : mencegah degenerasi makula (orang dewasa yang mengalami gangguan penglihatan). Meningkatkan imunitas, buah nanas memiliki vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhb karena efek antioksidan yang kuat (imunitas). Buah nanas juga dapat membantu proses pencernaan makanan karena memiliki serat dan menjaga kesehatan usus, buah nanas juga dapat menurunkan rasa mual saat bepergian, dan dapat mempercantik kulit karena memiliki kolagen yang dibutuhkan tubuh.

4. Buah Naga
Buah Naga sumber foto: akuratpost.com
Buah naga dengan bentuk yang unik seperti bola api ini memiliki berbagai macam kandungan vitamin dan nutrizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Zat yang dikandung buah naga diantaranya serat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, zat besi (Fe), protein, air dan karbohidrat. Adapun manfaat buah naga diantaranya : menurunkan berat badan & diet karena buah naga kaya akan serat dan rendah kalori yang baik untuk diet. Buah naga mengandung antioksidan untuk mengeluarkan racun dari tubuh melalui hati (manfaat.co.id), dapat mencegah kanker, meningkatkan imunitas, mencegah diabetes melitus karena dapat membunuh sel jahat penyebab diabetes melitus. Meningkatkan nafsu makan karena mengandung vitamin B1 dan B2. Antioksidan dikandung buah naga dapat membantu mencegah penuaan dini.

Baca Juga : 13 Manfaat Bersepeda dibandingkan dengan Sepeda Motor

5. Buah Pepaya
Buah Pepaya sumber foto: katasaya.com
Buah pepaya merupakan buah yang sering ditemui dan mudah ditanam. Namun kelihatannya buah pepaya ini tidak terlalu diminati orang, padahal manfaat pepaya sangat banyak. Adapun manfaat pepaya diantaranya: mengandung enzim anti inflamasi dapat membantu meredakan rasa sakit osteoporosis dan arthritis. Buah pepaya juga mengandung vitamin C yang dapat menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Mengandung vitamin K yang baik untuk tulang, melancarkan pencernaan dan mempercepat penyembuhan luka baring karena mengandung enzim papain.

0 Response to "Nama buah-buahan segar yang bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Manusia"

Posting Komentar