Dampak Positif dan Negatif dari Penggunaan Media Sosial

Media Sosial seperti facebook, blackberry messenger (BBM), Instagram, Twitter, dan lain sebagainya merupakan sesuatu yang tidak asing lagi bagi kita. Media sosial merupakan sebuah program aplikasi yang digunakan di dunia maya untuk memudahkan kita untuk berhubungan dengan orang lain dari berbagai wilayah, daerah, dan negara. Namun perlu kita ketahui bahwa media sosial akan dapat menimbulkan dampak baik (positif) dan dampak buruk (negatif) tergantung pemakaian kita terhadap media sosial tersebut.
Berbagai Macam Media Sosial
Berbagai Macam Media Sosial
Berikut adalah dampak baik (positif) dari menggunakan media sosial diantaranya :
  1. Memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai wilayah baik dekat maupun jauh.
  2. Kita dapat menggunakan video call untuk bertatap muka secara langsung dengan teman media sosial.
  3. Kita dapat melihat foto wajah teman media sosial.
  4. Memudahkan kita untuk mengirim file ke orang yang kita tuju.
  5. Kita dapat melihat status dari teman maya.
  6. Kita dapat mengirim sticker pesan.
  7. Kita dapat mempromosikan barang atau jasa kita menggunakan media sosial seperti: facebook, BBM, twitter, dan lain-lain.
Adapun dampak buruk (negatif) dari penggunaan media sosial adalah diantaranya :
  1. Penipuan, sering terjadi seperti menggunakan foto profil dengan wajah orang lain, saat ingin bertemu di dunia nyata mereka terkejut dengan wajah teman media sosial mereka sehingga merasa ditipu.
  2. Penculikan, penculikan sangat rentan terjadi. Karena penjahat biasanya mudah mencari target korban yang ingin diculik apalagi anak abg yang sedang labil yang mudah ditipu dengan iming-iming ingin bertemu di dunia nyata ternyata menjadi korban penculikan.
  3. Mudahnya orang lain melihat foto kita di media sosial, seperti facebook, BBM, twitter dan lain sebagainya, tahukah anda bahwa foto yang dipajang dapat digunakan orang yang tidak bertanggung jawab untuk hal yang tidak terpuji, seperti membuat akun palsu dan melakukan penipuan, sedangkan anda yang menjadi korban.
  4. Memang kita memiliki banyak teman di facebook, BBM, twitter dan lain sebagainya namun itu hanya di dunia maya, sedangkan di dunia yang sebenarnya tidak seakrab yang anda kira, dan bahkan tidak saling mengenal
  5. Mudah terjadi fitnah, dengan cara menghack akun orang lain dan membuat sesuatu yang dapat menimbulkan fitnah bagi korban yang di hack.
  6. Membuang-buang waktu dengan hal yang tidak bermanfaat.
Baca Juga : Cara menjaga Akun Facebook agar tidak di hack orang lain.

Itulah beberapa dampak positif dan negatif dari menggunakan media sosial, jadi berhatilah-hatilah saat menggunakan media sosial, dan jangan terpaku dengan dunia maya dan fokuslah dalam dunia nyata. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya :
Cara Mudah Untuk Mendapatkan Uang Dollar dari Google AdSense dengan Menggunakan Blog
Pengertian Blog dan Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Uang dengan Blogger
Cara Mudah Mengatasi Verivikasi Kepemilikan Blog pada Web Master Tools
Wisata Rekreasi dan Religi Pulau Angso Duo di Pariaman Sumatera Barat
Seniman Pelukis Nasional dan Internasional Serta Keterangannya


EmoticonEmoticon