Seniman Pelukis Nasional dan Internasional Serta Keterangannya

Halo Teman-teman pada postingan kali ini adalah seniman pelukis nasional dan internasional serta keterangan singkat perjalanan hidup mereka.

1. Leonardo Da Vinci
Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci
Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci
Leonardo Da Vinci
Leonardo Da Vinci (Lahir di Vinci, Provinsi Firenze, Italia, 15 April 1452 – meninggal di Clos LucĂ©, Perancis, 2 Mei 1519 pada umur 67 tahun) adalah arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe “manusia renaisans” dan sebagai jenius universal. Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti Jamuan Terakhir dan Mona Lisa. Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern tetapi jarang dibuat semasa hidupnya, sebagai contoh ide-idenya tentang tank dan mobil yang dituangkannya lewat gambar-gambar dwiwarna. 
Selain itu, ia juga turut memajukan ilmu anatomi, astronomi, dan teknik sipil bahkan juga kuliner. Salah satu mahakarya Leonardo Da Vinci adalah lukisan Mona Lisa. Nama Mona Lisa dan La Gioconda atau La Joconde menjadi judul lukisan ini yang diterima secara luas semenjak abad ke-19. Sebelumnya lukisan ini disebut dengan berbagai nama seperti "Wanita dari Firenze" atau "Seorang wanita bangsawan dengan kerudung tipis". (wikipediaindonesia).

2. Hendra Gunawan
Pelukis Hendra Gunawan
Hendra Gunawan Lahir di Bandung, Jawa Barat pada tahun 1918, dan Wafat di Denpasar, Bali. 17 Juli 1983. Hendra Gunawan adalah seorang pelukis, penyair, pematung dan pejuang gerilya. Selama masa mudanya ia bergabung dengan tentara pelajar dan merupakan anggota aktif dari Poetera (Pusat Tenaga Rakyat) dan organisasi yang dipimpin oleh Sukarno dan lain-lain. Ia juga aktif dalam Persagi (Asosiasi Pelukis Indonesia, sebuah organisasi yang didirikan oleh S. Soedjojono dan Agus Djaya pada tahun 1938.

Lukisan Hendra Gunawan menggambarkan Situasi Perang
Lukisan Hendra Gunawan menggambarkan Situasi Perang
Bagi Hendra Gunawan antara melukis dan berjuang sama pentingnya. Pengalamannya di front perjuangan banyak memberi inspirasi baginya. Dari sinilah lahir karya-karya lukisan Hendra yang revolusioner. Lukisan Hendra Gunawan indentik dengan lukisan yang menggambarkan kondisi peperangan dan lukisan orang pribumi dengan menggunakan warna yang padu. Membuat orang yang melihat akan dapat merasakan situasi pada saat kondisi padalukisan itu.

3. Vincent Van Gogh
Vincent Willem Van Gogh
Dengan nama lengkap Vincent Willem Van Gogh lahir pada 30 Maret 1853 di Zundert, Belanda dan menginggal pada 29 Juli 1890 adalah pelukis yang berasal dari belanda. Mahakarya Lukisan-lukisan dan gambar-gambarnya termasuk karya seni yang terbaik, paling terkenal, dan paling mahal di dunia. 
Stary Night by Van Gogh
Stary Night by Van Gogh
Van Gogh adalah pelukis yang namanya sudah mendunia dan telah banyak dikenal oleh orang banyak hingga zaman sekarang. Kekhasan seni lukis yang ia hasilkan merupakan seni lukis yang harganya mahal karena komposisi dan unsur di dalamnya.
Pada mulanya karya-karyanya menggunakan warna-warna yang suram. Baru setelah dia pindah Paris ia berjumpa dengan pelukis impresionisme dan neo-impresionisme yang warna-warnanya yang lebih cerah dan gaya lukisannya dikembangkannya menjadi sebuah gaya yang unik dan mudah dikenali. Gaya lukisannya ini mencapai tingkat perkembangannya yang penuh ketika ia tinggal di Arles, Perancis. Salah satu karya beliau adalah Stary Night yang berharga sangat mahal.


4. Srihadi Soedarsono (4 Desember 1931)
Srihadi Soedarsono
Srihadi Soedarsono
"Borobudur II " Srihadi Soedarsono 1982
Srihadi Soedarsono lahir di Surakarta pada 4 Desember 1931. Pelukis nasional legendaris Indonesia asal Solo, Jawa Tengah ini memiliki karya-karya lukisan yang khas merupakan saksi perjalanan sejarah yang beliau  gambar dan lukiskan sejak jaman kemerdekaan hingga jaman modern, berbagai tema ia lukiskan diantaranya tentang perjuangan, kehidupan, alam dan cinta, semua terkumpul dalam karya-karya lukisanya, baik dalam sketsa maupun dalam karya lukisan dengan berbagai canvas dan media lainnya.

0 Response to "Seniman Pelukis Nasional dan Internasional Serta Keterangannya"

Posting Komentar