Pengertian, Fungsi, dan Jenis Perangkat Lunak (Software)



PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) SISTEM KOMPUTER

A.    Pengertian Perangkat Lunak Sistem Komputer
Perangkat lunak adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan "bahasa pemrograman" yang ditulis oleh programmer untuk selanjutnya di kompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware.


Fungsi Perangkat Lunak (Software)
Sebagai perangkat untuk memudahkan pemakai untuk melakukan perintah pada komputer guna melakukan tugas untuk mengolah berbagai keperluan berupa pengolah kata, data, angka, pemograman, pemutaran audio dan video, sistem operasi dan lain sebagainya untuk menghasilkan suatu produk baik secara output maupun dalam bentuk file.


B.     Jenis Perangkat Lunak
1.      Sistem Operasi
2.      Perangkat Lunak Bahasa
3.      Program Aplikasi
Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :

C.O.B.O.L
C.O.B.O.L
1. Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN.





 
 






2. Sistem Operasi 
Windows 95
saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, Windows 2000, Windows 2003, Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows Vista, IMB OS/2.
 
Norton Utility
3. Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility.
  





C.    Sistem Operasi
Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Sistem Operasi merupakan sisitem operasi pada lappisan pertamayan di tempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan sofware lainnya dijalankan setelah sistem  Operasi berjalan. Untuk mengendalikan Program Kerja Komputer secara mendasar seperti :
  • http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d5/Version_7_Unix_SIMH_PDP11_Emulation_DMR.pngMengatur Media Input
    Tampilan Windows 8
    Tampilan Windows 8
  • Proses
  • Output
  • Mengatur Memory
  • Penjadwalan Proses 
Sistem Operasi diantaranya:
  1. PC DOS
  2. MS DOS
  3. MICROSOFT WINDOWS
  4. LINUX
  5. UNIX
  6. MACINTOSH

  7. FREE BSD

D.    Perangkat Lunak Bahasa
Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dimengerti oleh komputer.
1) MACAM PERANGKAT LUNAK BAHASA
  • Bahasa Tingkat Rendah
  • Bahasa Tingkat Menengah
  • Bahasa Tingkat Tinggi
Merupakan Bahasa Komputer yang sudah dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa sehari-hari seperti :
  • Basic
  • Cobol
  • Pascal

E.     Program Aplikasi (Aplication Program)
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/85/OpenOffice.org_Writer.png/300px-OpenOffice.org_Writer.pngMerupakan suatu program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu.
Tampilan Microsoft Word 2003
Tampilan Microsoft Word 2003
  1. Word Processing (Pengolah Kata)
  2. Program Database
  3. Program Spreadsheet
  4. Program CAD (Computer Aided Design)
  5. Program Layout Artikel (Publisher)
  6. Aplikasi multimedia

 
 
F.     Word Processing
Merupakan salah satu program aplikasi dimana dalam pengoperasiannya menggunakan text (Text Based)
  1. Wordstar Profesional
  2. Word Perfect
  3. Chiwriter
  4. Microsoft Word
  5. Word Star
 G.    Program Database
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk merancang atau membuat serta mengelola DATABASE, diantaranya: 
Ms. Access
  1. Ms.Acces
  2. SQL Server
  3. MySql
  4. Oracle
 H.  Program SpreadSheet
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk bidang keuangan, pembukuan, atau melakukan perhitungan secara otomatis.
  1. Lotus 123
  2. Ms.Excel
  3. Quatro
  4. Supercheck
Ms.Excel
Ms.Excel 2003















I.       Program CAD (Computer Aided Design)
Merupakan Salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk media lukis (Alat lukis)
  1. Auto Cad
  2. Pro Design
  3. Corel Draw
  4. Adobe Photoshop
J.      Program Layout Artikel
Tampilan Page Maker
http://screenshots.en.sftcdn.net/en/scrn/42000/42725/adobe-pagemaker-5.jpgMerupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi khusus untuk mengatur tata letak obyek yang digunakan pada cover suatu media cetak/Elektronik.
  1. Page Maker
  2. Ventura
  3. Harvard Publisher
  4. Newmaster






K.    Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan multimedia kerana selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film.
Aplikasi multimedia sangat berkaitan dengan format data yang digunakan. Aplikasi Multimedia umumnya dipisahkan lagi menjadi aplikasi yang digunakan untuk membuat, yang hanya digunakan untuk menampilkan saja dan aplikasi pengaturan.

Format-format digital multimedia di antaranya:
  • MP3, format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya. Kualitas suara MP3 akan  erbanding dengan ukuran penyimpannya. Kualitas yang banyak di gunakan untuk merekam musik adalah standar CDROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).
  • MPEG (Moving Picture Experts Group), merupakan format yang di susun oleh ahli dari berbagai penjuru dunia untuk format multimedia.
  • AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan mudah di pindah-pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Word atau PowerPoint
  • MPEG-4 sub-bagian 14 atau lebih dikenal sebagai MP4 adalah salah satu format berkas pengodean suara dan gambar/video digital yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi MPEG. Ekstensi nama berkas jenis MPEG-4 ini banyak menggunakan .mp4, dan merupakan pengembangan dari format QuickTime dari komputer Apple.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
25 Oktober 2015 21.33 delete

Terima jasa pembuatan software komputer/sitem informasi pembuatan software komputer/sistem informasi (sistem informasi hotel, guest house, klinik, akademik sekolah, dll). Hubungi Fernandes 083834375641/ 75286D3B/ http://cvelecomp.com

Reply
avatar
20 Juni 2016 19.54 delete

Terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat sekali...
Bagus min Good Job....

Jangan lupa juga kunjungi halaman ini
http://mesinantrianmakingsolution.blogspot.co.id/2016/05/mesin-antrian-bersolusi.html
http://alatskpberkualitas.blogspot.co.id/2016/05/alat-survey-kepuasan-pelanggan.html

Reply
avatar