Friday, January 31, 2020

PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR MENGGUNAKAN BOLA BESAR

Tags

Hai teman-teman. Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tentang permainan modifikasi olahraga menggunakan bola besar digabung dengan permainan tradisional Gobak Sodor. Way pasti seru ya.

Gobak Sodor merupakan sebuah permainan tradisional yang melibatkan banyak anak. Dibagi ke dalam dua tim, jumlah anak per tim minimal tiga. Satu tim berjaga dan yang lainnya menjadi lawan atau pelaku permainan. Semakin banyak jumlah anak maka akan semakin seru. Permainan menggunakan bola yang di oper kepada teman lainya supaya cepat memenangkan permainan ini. Permainan ini dimainkan dalam sebuah lapangan yang sudah diberi garis kotak – kotak.

Gobak Sodor Sumber foto : remix-of-all.blogspot.com
Kelompok yang mendapat giliran untuk bermain harus bisa melewati kotak – kotak yang sudah dibuat, tanpa tersentuh oleh kelompok yang berjaga. Jika tersentuh maka permainan berakhir dan mereka harus berganti posisi. Tim lawan akan berjaga dan sebaliknya. Skor akan dihitung jika seorang anak bisa pergi dan kembali lagi ke home-based atau rumah atau pos pertama.

Permainan ini sangat menyenangkan dan begitu populer. Biasanya zaman dahulu di sore hari anak – anak suka berkumpul di sebuah lahan kosong dan memainkan permainan ini hingga maghrib menjelang. Tak sekedar menyenangkan tetapi gobag sodor melatih kewaspadaan, kecepatan, dan kebersamaan.


Peraturan Permainan Gobok Sodor Menggunakan Bola Besar:
  1. Menggunakan bola basket 
  2. Membagi Kelompok ada kelompok penjaga dan kelompok penyerang 
  3. Membuat Lapangan Permainan 
  4. Tugas kelompok penjaga yaitu masing-masing anggota kelompok menjaga 1 lane atau 1 garis. 
  5. Tugas kelompok menyerang membawa bola dengan melewati penjaga di setiap garis. 
  6. Kelompok penyerang mengoper bola kepada teman yang sudah melewati garis penjaga. 
  7. Kelompok penjaga bertugas menghalangi kelompok yang mau mengoper bola kepada temannya. 
  8. Bola yang berhasil di tangkap atau di halau oleh anggota kelompok penjaga maka permainan berakhir atau dimenangkan oleh kelompok penjaga. 
  9. Jika bola berhasil diselamatkan atau dioper sampai ke luar garis lapangan melewati penjaga akhir maka kelompok memenangkan permainan. 
  10. Waktu permainan di sesuaikan. 
  11. Ada wasit yang mengamati permainan. 
Nah itu dia teman-teman permainan gobak sodor yang dikombinasikan dengan permainan bola besar. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa kunjungi postingan yang lainnya juga ya!.

1 comments so far

This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon