4 DAMPAK KERUSAKAN SUMBER DAYA ALAM

Sumber Daya Alam (SDA) merupakan sebuah anugrah Tuhan Yang Maha Esa karena jika tidak ada sumber daya alam maka kita semua akan kesulitan untuk hidup.

Sumber daya alam ada hasil kekayaan alam yang dapat diperoleh, diolah dan digunakan oleh kita manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Namun bila sering diambil SDA bisa berkurang dan habis. Salah satu penyebab berkurang atau habisnya sumber daya alam adalah karena kerusakan SDA. Kerusakan sumber daya alam bisa dipengaruhi oleh 2 faktor, 1 faktor manusia dan 1 faktor alam.

Berikut 5 Dampak Kerusakan Sumber Daya Alam :

1. Dampak Kerusakan SDA Sungai
Kerusakan Sumber Daya Alam Sungai
Kerusakan sungai sangat berpengaruh negatif pada masyarakat khususnya yang berada di sekitar sungai, kerusakan sungai bisa diakibatkan oleh banjir, pembuangan sampah ke sungai, pembuangan limbah pabrik sehingga sungai tercemar, berbau busuk, dan membunuh makhluk hidup yang tinggal di sungai, ikan yang dikonsumsi di sungai yang tercemar juga mengandung berbagai macam zat berbahaya yang bila dikonsumsi bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kanker.

2. Dampak Kerusakan SDA Hutan
Kerusakan Sumber Daya Alam Hutan Akibat Pembakaran
Kerusakan Sumber Daya Alam Hutan Akibat Pembakaran sumber foto greenpeace.org
Kerusakan sumber daya alam hutan akan sangat berdampak pada kehidupan manusia. Ada berbagai macam penyebab kerusakan SDA hutan seperti pembakaran hutan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, penebangan secara liar, tidak ada penanaman tumbuhan kembali. Dampak dari kerusakan hutan membuat kita sulit bernafas karena tidak ada tumbuhan yang menyerap karbon dioksida menjadi oksigen, juga kelangkaan bahan baku pembuatan perabot dan alat rumah tangga.

3. Dampak Kerusakan Sumber Daya Alam Terumbu Karang
Kerusakan Terumbu Karang sumber foto gomumu
Laut merupakan sumber daya alam yang sangat kaya akan keanekaragaman makhluk hidupnya. Rusaknya terumbu karang akan mengakibatkan hilangnya tempat tinggal ikan. Umumnya terumbu karang rusak karena penangkapan ikan yang dilakukan secara ilegal seperti menggunakan bom agar ikan mudah ditangkap. Dampak kerusakan terumbu karang akan sangat berpengaruh pada penghasilan nelayan yang sedikit karena ikan yang perpindah tempat mencari terumbu karang yang masih bagus.

4. Dampak Kerusakan SDA Tanah
Kerusakan SDA Tanah
Kerusakan SDA Tanah sumber foto Murid.info
Tanah menjadi tempat tumbuhnya berbagai macam tumbuhan. Tanah digunakan manusia untuk bercocoktanam. Kerusakan tanah bisa disebabkan karena kekeringan atau musim kemarau juga bisa disebabkan karena pencemaran tanah yang diakibatkan oleh zat kimia yang digunakan petani. Dampak kerusakan tanah yaitu tanah yang tidak subur tidak bisa menghasilkan panen yang maksimal sehingga menimbulkan kerugian terhadap petani.
Itulah 4 Dampak dari Kerusakan Sumber Daya Alam. Jadi sudah sebaiknya kita harus selalu menjaga dan melestarikan sumber daya alam agar bisa diwarisi hingga anak cucu kita kelak.

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus