Makalah Seni Gerak Tumbuhan, Gerak Binatang, Gerak Alam, Gerak Dasar dan Tari Daerah



Sebelum mengajarkan tari, hal yang harus dilakukan guru ialah mengajarkan tentang gerak tumbuhan, gerak binatang, gerak alam, gerak dasar dan tari daerah, dengan tujuan siswa dapat meningkatkan percaya dirinya dan mengetahui bagaimana tari berawal dari beberapa gerak yang teratur, berikut adalah makalah pendidikan seni di SD II tentang Seni Gerak Tumbuhan, Gerak Binatang, Gerak Alam, Gerak Dasar dan Tari Daerah.
 
BABI
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Saat sekarang ini zaman sudah sangat berkembang, begitu pula perkembangan dunia anak-anak. Budaya tari harus kita lestarikan untuk menjaga kekayaan bangsa. Anak perlu dikenalkan sebuah budaya yang akan melatih perkembangan kecerdasan mereka sehingga dapat bermanfaat untuk saat ini maupun di masa mendatang. Untuk itu perlu diadakan pembelajaran tari untuk anak khususnya usia sekolah dasar kelas rendah. Karena pada usia kelas rendah perkembangan anak akan berkembang dengan pesat.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana mengajarkan gerak tumbuhan ?
2.      Bagaimana mengajarkan gerak hewan ?
3.      Bagaimana mengajarkan gerak alam ?
4.      Bagaimana mengajarkan gerak dasar ?
5.      Bagaimana mengajarkan tari daerah ?

C.    Tujuan Penulisan Makalah
1.      Mengetahui dan memahami cara mengajarkan gerak tumbuhan
2.      Mengetahui dan memahami cara mengajarkan gerak hewan
3.      Mengetahui dan memahami cara mengajarkan gerak alam
4.      Mengetahui dan memahami cara mengajarkan gerak dasar
5.      Mengetahui dan memahami cara mengajarkan tari daerah

 
 
BAB II
PEMBAHASAN


Tarian Dasar
a.      Gerak Tumbuhan
Gerak tumbuhan ialah gerakan yang dilakukan dengan cara meniru gerak pada tumbuhan. Tumbuhan bermacam-macam, ada yang besar, kecil, tinggi, dan rendah. Tumbuhan tidak dapat berpindah, namun dapat bergerak jika dihinggapi kumbang atau ditiup angin.
Gambar 1. Gerak tumbuhan
Gambar 1. Gerak tumbuhan
Tumbuhan ada yang bertangkai lebar, ada pula yang menjulang tinggi keangkasa. Tumbuhan berbunga, suka menguncup dan mengembang. Tangkainya, berayun-ayun jika dihinggapi kumbang. Jika ada angin besar, tumbuhan bergerak miring. Misal seperti gerakan daun kelapa yang terkena hembusan angin. Berikut adalah beberapa gambar gerakan tumbuhan :
b.      Gerak Binatang
Gerak Binatang ialah gerakan yang dilakukan menyerupai gerak hewan. Misalnya gerak hewan bangau, katak dan kerbau.
c.       Gerak Alam
Gerak alam ialah gerakan yang dilakukan dengan meniru gerak yang ada di dalam, misal seperti air, gelombang laut, dan angin.
d.      Tari Daerah
Pengertian tari tradisional adalah suatu tarian yang pada dasarnya berkembang di suatu daerah tertentu yang berpedoman luas dan berpijak pada adaptasi kebiasaan secara turun temurun yang dipeluk/dianut oleh masyarakat yang memiliki tari tersebut. Di buku lain mengatakan bahwa tari tradisional adalah suatu tarian yang berasal dari masyarakat daerah tersebut yang sudah turun temurun dan menjadi budaya masyarakat tersebut.
Tari tradisional dibagi menjadi dua jenis yaitu:
1.      Tari klasik
Ciri  ciri dari tari klasik adalah:
a.       gerakan dari tarinya sudah ditentukan
b.      Nilai seninya tinggi
c.       pekembangannya di kalangan bangsawan
d.      setiap gerakannya mengandung arti, misalnya seperti gerakan menanam padi
Salah satu dari jenis tari klasik adalah Tari Bedaya Ketawang yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Contoh tari klasik lainnya adalah tari Lawung Alit, tari Gandrung, tari Bandayuda, tari Gathotkaca, tari Srimpi, tari Retna Tanding, tari Srikandi Bisma, dan tari Bedaya.
2.      Tari tradisional folklasik atau tari rakyat
Untuk ciri dari tari folklasik adalah:
a.       Sifatnya sosial
b.      nilai seninya sedang
c.       berasal dari adat tertentu/ setiap adat biasanya memilikinya
d.      berasal dari rakyat daerah tertentu, contohnya di Banyumas mempunyai tari yang bernama Banyumasan
Contoh dari tarian folklasik adalah tari Banyumasan yang berasal dari kabupaten Banyumas, jawa tengah. Contoh lain dari tari klasik adalah tari piring, tari Sintren,  tari Buncis, tari Kubrasiwa, tari Orek-orek, dan tari Tayub, berikut adalah tutorial dari tari piring yang bisa dilakukan oleh anak-anak


    

BAB III
PENUTUP

A.    Simpulan
Dari penjelasan diatas dapat  disimpulkan bahwa sebelum menari anak-anak diajarkan gerak dasar terlebih dahulu seperti meniru gerak yang ada disekeliling, seperti meniru gerak tumbuhan, gerak hewan atau binatang, gerak alam, dan masuk ke tingkat selanjutnya dengan melakukan gerak dasar dimulai dari kepala hingga gerak dasar kaki. Kemudian pada tahap selanjutnya kita sudah bisa mengajarkan anak melakukan tari dasar menggunakan irama lagu agar lebih meriah.

B.     Saran
Pada kenyataannya anak-anak yang tidak terbiasa bergerak atau menari akan merasa malu dan grogi namun tidak masalah bila hal tersebut terjadi, cara mengatasinya ialah dengan membiasakan anak untuk menari dan bergerak serta mengajak anak seluruhnya untuk menari dengan diiringi irama lagu agar anak-anak merasa senang dan menyukai tari.



 
DAFTAR PUSTAKA

Tim Bina Karya Guru. (2007). Seni budaya dan keterampilan untuk sekolah dasar kelas II. Jakarta : Erlangga

www.wikipedia.co.id/taridasar diakses pada 02 Mei 2016

Download Lengkap dalam bentuk doc (ms.word) disini

0 Response to "Makalah Seni Gerak Tumbuhan, Gerak Binatang, Gerak Alam, Gerak Dasar dan Tari Daerah"

Posting Komentar