Dampak Positif dan Negatif Menggunakan Internet serta Cara Menanggulanginya



Dampak Positif dan Negatif Internet Serta Cara Menanggulanginya

A. Dampak Positif Internet
Pada saat sekarang ini Internet menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi penggunaan gadget seperti laptop, smartphone, PC dan alat elektronik lainnya yang dapat tersambung dengan internet. Adapun kelebihan dan dampak positif dari internet diantaranya adalah sebagai berikut :
 
Dampak Positif dan negatif menggunakan internet
Gambar 1. Internet mencakup seluruh dunia
1.      Menambah Ilmu Pengetahuan
Pada saat ini internet menjadi salah satu sumber mencari informasi, karena banyak ilmu pengetahuan yang dapat ditemukan di internet yang memberikan kita wawasan yang luas dan informasi yang kita butuhkan. Misal kita mencari tentang Karakteristik Karya Ilmiah di google kita dapat menemukan berbagai macam ilmu tentang karakteristik karya ilmiah.

2.      Terjalin Ikatan Silaturahmi
Sebagian besar setiap orang yang menggunakan internet sudah memiliki berbagai macam akun jejaring sosial seperti facebook, instagram, twitter, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan media sosial kita dapat menjalin komunikasi dan silaturrahmi dengan keluarga, teman, dan bahkan orang baru lewat dunia maya.

3.      Menjadi terampil dan kreatif
Di dalam internet semua ilmu pengetahuan serta tutorialnya sudah banyak di upload oleh para blogger yang ingin membagikan atau menshare ilmu untuk dipelajari oleh orang lain yang membutuhkan. Misalnya tutorial Cara Mudah Mengatasi LAN USB yang Tidak Terbaca di Komputer kita dapat mencari video tutorial dan langkah-langkahnya dalam bentuk artikel.

4.      Memudahkan untuk belanja
Online shopping, sekarang ini belanja online sudah menjadi salah satu kegemaran bagi orang-orang yang ingin belanja secara instan, dengan cukup mencari situs toko online, seperti lazada, olx, buka lapak, dan situs online shopping lainnya memudahkan kita untuk belanja berbagai kebutuhan seperti jam, tas, baju, smartphone, tablet, laptop/pc, sepeda hingga perabot rumah tangga. 

B. Dampak Negatif Internet
Penggunaan internet banyak dikuasai oleh kalangan remaja, kita mengetahui masa remaja adalah masa peralihan menuju tingkat dewasa dan pembentukan karakter diri pribadi setiap individu. Penyalahgunaan internet dapat membawa dampak buruk dan negative bagi setiap orang yang menggunakannya.

1.      Yang dekat menjadi jauh dan jauh menjadi dekat
Media sosial adalah salah satu fitur yang dimiliki internet yang kelebihannya dapat memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain yang jauh dari tempat kita dalam dunia maya. Namun pada kehidupan nyata membawa dampak negatif bagi penggunanya, salah satunya orang yang keseringan menggunakan media sosial menjadi kurang rasa sosial di dunia nyata. Seperti saling sibuk dengan handphone masing-masing di saat ketemuan bersama dengan teman-teman.

2.      Berbahaya bagi kesejatan
Selain dampak secara psikis, pengaruh penggunaan internet secara berlebihan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan bahkan dapat mengakibatkan kematian, seperti kejadian seorang anak luar negeri yang terlalu lama bermain game online berjam-jam sehingga membuat ia meninggal dunia. Ini merupakan contoh kehidupan yang tidak sehat akibat seringnya bermain game baik online maupun offline dan kecanduan ini terjadi pada anak-anak dan remaja laki-laki.
3.      Membuat opini yang memprovokasi
Internet menjadi salah satu sumber informasi yang sangat cepat dapat diakses oleh orang yang mencarinya, selain ilmu pengetahuan, internet menjadi salah satu wadah untuk membuat provokasi dengan memberikan isu-isu atau fitnah yang membuat orang yang membacanya terpengaruh dan membuat kerugian bagi orang yang difitnah, oleh karena itu kita harus jeli dan dapat mencari kebenaran informasi terlebih dahulu agar tidak muda terprovokasi.

4.      Lupa Waktu
Bermain internet dibolehkan namun kita juga harus mengurus kehidupan nyata kita, bermain internet membuat kita lupa akan waktu, kapan waktunya kita belajar, kapan membatu orang tua dan waktunya istirahat.

5.      Kecanduan Internet
Internet dapat memberikan kecanduan bagi setiap orang merasakan manfaatnya, umumnya pada anak-anak dan kalangan remaja yang menjadi candu bermain sosial media, game online, sehingga membuat lupa akan makan, belajar dan lupa membantu orang tua.

6.      Penipuan
Internet menjadi salah satu wadah untuk menipu orang lain. Misalnya adalah informasi palsu yang dipasang oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga membuat orang yang membaca mengiyakan informasi tersebut. Seperti online shopping barang yang diminta tidak sesuai dengan barang yang dipajang di internet.

7.      Terjerumus tindakan Ilegal
Tindakan ilegal tiak hanya didunia nyata saja, didunia maya tindakan tersebut bisa juga dilakukan seperti melakukan pencurian data, pencurian uang/kartu kredit, melakukan hacking dan sebagainya. Karena biasanya kegiatan semacam ini justru banyak disukai para pelajar zaman sekarang ini. Apalagi bisa mendapatkan keuntungan materil dari internet secara ilegal. 

Baca Juga : Artikel Tutorial Memasukkan Iklan untuk Blog Baru dengan Satu Akun Google Adsense

C. Cara Menanggulangi dampak negatif internet

1.      Bagi Masyarakat Umum
Bermain internet sangat banyak manfaatnya kita dapat mencari berbagai informasi dan menggunakan fitur yang tersedia. Namun dampak negative dari penyalahgunaan internet juga tergolong besar, seperti pencurian data rahasia negara yang dijual ke negara lain, penipuan dan lain sebagainya.
Adapun cara untuk menanggulanginya adalah dengan menggunakan internet sesuai dengan kebutuhan yang kita cari. Menindak lanjuti orang yang ketahuan melakukan penyalahgunaan internet dan memberikan pendidikan agar dapat berubah untuk menggunakan ilmunya untuk hal yang bermanfaat.

2.      Bagi Pelajar/ Siswa
Generasi muda yang menjadi penerus bangsa tentu harus diberikan arahan baik oleh orang tua maupun guru disekolah. Orang tua dapat mengawasi anak-anak saat bermain internet dirumah dan membatasi anak-anak agar tidak berlama dalam bermain game, dan memberikan pendidikan agar anak-anak dapat menggunakan internet untuk berbagai macam lainnya seperti membaca, mencari resep masakan, cara belajar kreatif dan lain sebagainya

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Menggunakan Internet serta Cara Menanggulanginya"

Poskan Komentar