Belajarlah dari Hewan tentang Kehidupan

Terkadang kita terlupa akan bagaimana kita menjalani kehidupan ini. Secara tida langsung kita tidak merasakan bahwa kita lebih emosional, egois dan mementingkan kebutuhan diri kita sendiri tidak memikirkan bagaimana cara mencapai kepentingan tersebut misalnya seperti tidak membisakan antri dalam mengambil karcis kereta, selalu begadang dan telat bangun hingga kesiangan dan rejeki pun dipatok ayam (kata orang tua dulu).
Nah kenapa kita tidak belajar pada hewan yang telah diciptakan oleh Allah Swt tuhan yang maha esa. Ternyata hewan bisa bersikap lebih baik dan bekerja keras dalam memenuhi kebetuhan hidupnya tanpa mengeluh. Berikut adalah kebiasaan hewan yang bisa kita ambil pelajaran dalam kehidupan sehari-hari.

1. Bebek 
Gambar 1. Bebek dan anaknya
Gambar 1. Bebek dan anaknya
Bebek merupakan hewan ternak yang mudah kita jumpai di pedesaan dekat dengan persawahan. Selalu setiap hari bebek diberi pakan seperti bekicot dan dedak. Sebagai terima kasih kepada pengembala, bebek selalu bertelur. Namun tidak hanya bertelur ternyata bebek selalu membiasakan berjalan teratur dengan berbaris tanpa memotong barisan. Jika ini kita lakukan dalam kehidupan misalnya dalam mengantri tiket kereta api maka akan tercipta keteraturan dan ketertiban dalam melakukan proses administrasinya, begitu juga dalam urusan kehidupan lainnya.

2. Ayam
Gambar 2. Ayam berkokok
Gambar 2. Ayam berkokok
Ayam adalah hewan yang mudah dipelihara dan perawatannya tidak sulit, ayam jantan selalu berkokok pada saat fajar mulai terlihat untuk membangunkan manusia yang tertidur. Ayam jantan selalu melakukan hal serupa setiap pagi, ia tau pekerjaannya dan tidak mengeluh, begitu pula saat mencari makan pagi hari mereka sudah mulai mencari makan menggunakan cakar mereka, selalu menceker tanah namun belum mendapatkan biji atau cacing, namun mereka tidak putus asa, dan meneruskan untuk menceker tanah hingga makanan yang mereka ingin dapat juga.






3. Semut
Gambar 3. Semut kerja sama
Gambar 3. Semut kerja sama
Semut adalah hewan kecil yang luar biasa, selalu bekerja mencari makan untuk kelompoknya. Walaupun tubuhnya kecil tapi ia tidak takut dengan manusia yang lebih besar dari mereka. Semut yang kecil pun bila ia terancam bahaya mereka menggunakan gigitan untuk melindungi diri meskipun ia tahu mereka mudah sekali di bunuh oleh manusia, dan bahkan mungkin kita sudah banyak membunuh semut baik sengaja maupun tidak.




4. Kucing
Gambar 4. Kucing teman menyenangkan
Kucing adalah hewan yang sangat mudah kita temui di lingkungan sekitar, kucing dapat menjadi teman yang baik dan bisa menghibur kita saat kita kesepian, sebagai ungakapan terima kasih kucing menjaga rumah kita dari tikus yang dapat menyebarkan penyakit di rumah kita.





5. Anjing
Anjing merupakan hewan peliharaan yang setia hingga sering di buat film tentang kesetiaan anjing terhadap tuannya misalnya seperti film "Hachiko". Anjing adalah hewan yang dapat menghibur dan suka diajak untuk menemani kita jika keluar rumah. Sebagai hewan peliharaanpun Anjing merasa bertanggung jawab menjaga tuannya hingga selalu menjaga rumah tuannya bila ada sesuatu yang dirasa dapat mengancam keselamatan tuannya.



Itulah beberapa hewan yang ada dilingkungan sekitar kita. Kita sebagai manusia dapat mengambil pelajaran bagaimana cara hewan berterimakasih kepada tuannya dan bagaimana cara mereka menjalani kehidupannya. Lalu bagaimana dengan kita?

Artikel menaril lainnya:
Nama-Nama Ikan Laut, Nama Latinnya, dan keterangannya beserta Gambarnya
Tikus Hama Pegganggu yang Menurunkan Hasil Panen Padi
Pengertian Web Master Tools dan Cara Menggunakannya
Pengertian Blog dan Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Uang dengan Blogger
Cara Mudah Untuk Mendapatkan Uang Dollar dari Google AdSense dengan Menggunakan Blog
Makalah tentang Guru, Profesional Guru, Syarat-syarat Profesi Guru, dan Perlunya Profesionalisasi dalam Pendidikan

0 Response to "Belajarlah dari Hewan tentang Kehidupan"

Poskan Komentar