Perangkat Berbahaya Dari Komputer



Halo teman-teman pada postingan kali adalah mengenai bahaya dari perangkat komputer. Pasti kebanyakan teman-teman sudah pernah main ke warnet ataupun punya komputer pribadi dirumah, dan pasti juga pernah ada yang kesetrum saat memasukkan flashdisk ataupun memegang casing CPU saat komputer dihidupkan. Nah saya punya penjelasanya kenapa hal tersebut dapat terjadi dan tips agar dapat mengatasinya.

Perangkat Berbahaya Dari Komputer

1. Monitor
Monitor dapat mempengaruhi kondisi kesehatan mata, jarak yang dekat antara mata dengan monitor komputer adalah salah satu penyebab terganggunya kesehatan mata. Intensitas, kecerahan dan ketajaman dari layar monitor juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan mata. oleh karena itu redupkanlah cahaya dan ketajaman layar monitor anda agar tidak cepat merusak kesehatam mata.
Layar Monitor dapat menyebabkan mata rusak
Layar Monitor

2. Kabel arus
Sumber kabel arus pada perangkat komputer terletak pada power supplay umumnya posisi benda tersebut berada pada bagian belakang CPU. Kabel arus merupakan alat penghubung listrik dengan perangkat komputer berguna untuk menghidupkan monitor, CPU, Printer, Scanner, VGA, keyboard, mouse, dan lain-lain yang berhubungan pada CPU. Arus pendek listrik yang terjadi pada perangkat komputer dapat berakibat konsleting dan benda yang ada dalam CPU dapat terbakar. Penyebab dari konseleting listrik adalah air, arus listrik yang tidak stabil. Cara agar dapat terhindar dari konsleting listrik adalah jauhkan air dari komputer, gunakan stabilizer agar dapat mengurangi kerusakan dan konsleting listrik pada perangkat komputer.
Kabel colokan ke CPU Komputer
Kabel colokan ke CPU Komputer

 3. Casing CPU
Jika komputer dihidupkan aliran listrik akan mengalir keseluruh bagian casing computer, jika tersentuh akan mengakibatkan tersetrum. Oleh karena itu flashdisk yang kita gunakan casing usbnya biasa terbuat dari plastic, karena plastic tidak dapak dapat mengalirkan listrik. Juga jauhkan casing dari jangkauan anak-anak agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakan.
casing CPU dapat mengalirkan listrik
casing CPU dapat mengalirkan listrik

4.  Keyboard
Keyboard adalah bagian komputer yang relatif aman dan tidak terlalu berbahaya karena bagian dan casingnya terbuat dari plastik. Namun perlu diingat seluruh bagian yang tercolok ke port CPU akan dialiri oleh listrik, oleh karena itu jauhkan air dari keyboard, jika keyboard terkena air berkemungkinan anda akan tersetrum olehnya karena di dalam keyboard beraliran listrik.
keyboard
keyboard

0 Response to "Perangkat Berbahaya Dari Komputer"

Posting Komentar