Pengertian Zoho Creator (Zoho Office Suite) Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Hai teman-teman pada postingan kali ini kita akan membahas tentang program aplikasi Zoho Creator dan Zoho Office Suite



A. Keterangan Singkat Perusahaan Zoho Corporation

zoho logo
Zoho logo sumber wikipedia
Zoho Corporation adalah teknologi informasi dan manajemen bisnis berbasis Pleasanton, California sebagai pengembang layanan (SaaS). Perusahaan ini didirikan oleh Sridhar Vembu dan Tony Thomas pada tahun 1996, dan memiliki kantor pengembangan di India dan China.
Sumber : wikipedia.com

B. Pengertian Zoho Creator dan Zoho Office Suite
Banyak orang belum mengenal program Zoho Creator ini. Tentu saja begitu karena program ini hanya digunakan oleh orang atau mahasiswa yang mempelajari tentang pembuatan program computer.
Umumnya Program Zoho ini digunakan untuk aplikasi dalam menjalan sebuah bisnis yang terhubung dengan Internet. Dengan menggunakan program Zoho ini, para pekerja atau programer dapat membuat program yang dibutuhkan oleh perusahan dalam memanajemen dan mengelola bisnis perusahaan tersebut. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih dalam lagi tentan Zogo Creator dan Zoho Office Suite ini.
Program Zoho
Program Zoho sumber foto Crunchbase
Sebelum kita membahas tentang apa itu Zoho office suite kita akan membahas terlebih dahulu tentang cloud computing, cloud computing adalah suatu pemenfaatan teknologi computer dan di kembangkannya melalui basis internet. Cloud biasa di gambarkan sebagai diagram jaringan computer. Cloud computing adalah metode komputasi yang mana untuk kapabilitas berhubungan dengan teknologi informasi yang di sajikan layanan. Yang mana pengguna dapat mengaksesnya melaui internet.
Baiklah kita akan membahasa tentang contoh dari aplikasi cloud computing, yang  mana akan kita bahas salah satunya saja yaitu zoho office suite dan bisa juga disebut dengan zoho creator. Untuk aplikasi seperti ini menyediakan berbagai macam jenis portofolio, adapun integerasinya dengan aplikasi online untuk bisnis sangat luas. Adapun aplikasi yang di tawarkannya seperti Business Apps, Collaboration Apps, serta Productivity Apps .Ada lebih dari 20 an aplikasi yang berbeda meliputi kolaborasi, produktivitas, bisnis.
Zoho sangat membantu organisasi tertentu dan bisnis menjadi mendapatkan pekerjaan. Hanya perlu aplikasi browse maka aplikasi zoho sudah dapat dikirim melalui bantuan internet. Dengan hal ini penggunanya dapat memfokuskan diri pada bisnisnya hanya dengan mengandalkan zoho nya untuk menjaga server yang digunakan dan dapat juga menyimpan  data dengan aman di internet. Zoho office suite ialah pengolahan suatu data, spreadsheet, write, database, presentasi, customer relationship management, manajenen proyek serta pencarian data juag dapat dilakukan.
Zoho diluncurkan pertama kali pada tahun 2005, yang mana didirikan resmi oleh adventNet Inc AS, dengan pengolahan kata berbasiskan pada web. Untuk produk tambahan seperti presentasi, spreadsheet ini di masukan kedalam zoho. Sedangkan zoho sendiri merpakan  software sebagai service atau SaaS atau disebut juga sebagai cloud computing aplikasi, untuk utilitas perangkat lunakanya di host pada server remote atau tidak untuk computer pribadi seseoang. Pengguna hanya tinggal mengakses utilitas tersebut melalui web browser di internet.
Zoho menggunakan aplikasi programming  interface yang mana terbuka untuk berbagai macam produk seperti write, sheet, show, rapat dll . aplikasi zoho membutukan biaya untuk dapat mengguanakannya lebih luas dan bebas saja mengunakannya pada tingkat-entrynya. Zoho juga memiliki plugin ke bagian Microsoft word, Microsoft excel, openOffice.org, dan firefox.

Macam-Macam Fasilitas Zoho Office Suite
Untuk mengetahui macam-macam fasilitas yang anda dapat gunakan dalam aplikasi zoho office suite yaitu:

Tampilan Zoho sumber foto GetApp
1.      Zoho write
Suite’s yaitu pengolah kata yang mendukung kolaborasi simultan antara pengguan yang satu dengan yang lain seperti format umum Microsoft word yaitu DOC, OpenDocument teks yaitu ODT, dan masih  banyak lagi.

2.      Zoho sheet
Adalah intelijen bisnis online dan juga aplikasi yang pelaporan di suite. Dengan drag kuat dan antar muka drop maka sudah dapat membuat pivots, ringkasan dan lain lain nya.

3.      Zoho presentasi
Adalah program presentasi online yang memungkinkan pengguna untuk saling berbagi , membuat contohnya bisa menginpor Microsoft power point, open document presentai atau ODP dan masih banyak lagi.

4.      Zoho proyek 
Berfungsi untuk membuat tugas- tugas , bekerja dengan kalender, Gantt chart,laporan dan file standarnya mendukung untuk versi manajemen proyek package. Untuk bwbas dengan perangkat lunak harus membayar agar juga mempunyai kapasitas  berfungsi dan besar.

5.      Zoho CRM
Yang mana zoho menawarkan hubungan pelanggan manajemen dan fungsi akuntasi yang ada pada dunia ERP. Dan untungnya versi ini gratis dan ini terbatas yaitu hanya untuk 3 pengguna saja.

6.      Zoho faktur
Adalah aplikasi untuk bisnis dan solusi untuk faktur dari jarak zoho tersebut, hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat, mengirim dan menghasilkan laporan tentunya masih banyak lagi.

7.      Zoho wiki
Yaitu alat yang bisa digunakan untuk membuat wiki, gambar dan lain-lain.

8.      Zoho diskusi
Berguna untuk melakukan diskusi masyarakat, sehingga maslahnya dapat di selesaikan dan ide-idenya  pun dapat di pertukarkan dengan lawan diskusinya.

9.      Zoho notebook
Atau sama dengan google notebook yang mana itu  adalah dukungan untuk multimedia bagian konten.

10.  Zoho chat
Bisa digunakan untuk mendukung pesan instan dan dapat mengintegrasikannya dengan akses ke semua chat klien utama yang ada. Dan aplikasi ini bisa dimasukan untuk blog.

11.  Zoho mail
Adalah zoho berbasiskan pada web kolaborasi dari groupware.

12.  Zhon meeting
Untuk zoho meeting ini aplikasinya konferensi web, tatapi pengguna juga bisa mengunakanya dengan system operasi.

C. Kelebihan dan Kekurangan Zoho Creator
Setiap program komputer umumnya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut kelebihan dan kekurangan Zoho Creator dan Zoho Office Suite penjelasanya 
 
Kelebihan Zoho Creator dan Zoho Office Suite
  1. Dapat digunakan dimana saja (Mobilitas)
  2. Mendukung setiap peralatan yang digunakan pengguna
  3. Sulit terkena serangan Virus dan Sejenisnya.
  4. Aplikasi sudah tersedia.
 Kekurangan Zoho Creator dan Zoho Office Suite
  1. Membutuhkan Koneksi Internet.
  2. Membutuhkan Akun.
  3. Karena menggunakan internet rentan adanya terkena "Hack" (Proteksi Lemah).
  4. Bila terjadi trouble pada Server Pusat atau Pusat data, dapat menyebabkan terganggunya sistem dari Web Desktop.
Referensi:
1. Wikipedia.com diakses 15 September 2017
2. http://norhabibahrahman.blogspot.co.id diakses 15 September 2017 

8 Responses to "Pengertian Zoho Creator (Zoho Office Suite) Serta Kelebihan dan Kekurangannya "

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

wdcfawqafwef