Artikel 5 Lingkungan Alam berserta Manfaatnya bagi Manusia

A. Pengertian Lingkungan Alam
Lingkungan alam merupakan lingkungan yang telah ada dan merupakan ciptaan Tuhan tanpa adanya campur tangan ulah manusia atau terbentuk sudah ada secara alami, seperti danau yang terbuat akibat letusan gunung berapi. Pada dasarnya, lingkungan alami ini dibagi menjadi dua yaitu lingkungan daratan dan perairan.

Lingkungan daratan adalah lingkungan yang berada di atas permukaan air, disana terdapat hewan-hewan yang hidup dan berkembang biak. Seperti hewan seperti ayam, burung juga ada hewan reptil seperti ular dan buaya.

Lingkungan perairan adalah lingkungan yang berada di perairan di damana di dalamnya terdapat hewan air yang hidup dan berkembang biak. Lingkungan tersebut dihuni oleh hewan-hewan yang sebagian besar memiliki ingsang untuk bernafas seperti ikan, dan udang.

Adapun contoh lingkungan alam sebagai berikut:

1. Gunung
Gunung foto google
Gunung adalah sebuah tempat yang terlihat seperti gundukan tanah berbentuk seperti trapesium atau segitiga. Gunung merupakan sumber daya alam yang kaya mineral yang dibutuhkan oleh manusia. Tempat yang masih bersih dan belum dijamah oleh manusia membuat air di Gunung kaya mineral dibuktikan dengan airnya yang sejuk, jernih dan belum terkontaminasi zat berbahaya. Jadi orang yang suka mendaki gunung biasanya bila kehabisan air dapat langsung meminum air yang ada dipegunungan tanpa perlu dimasak terlebih dahulu.

2. Sungai
lingkungan alam sungai
Sungai sumber foto berpendidikan
Sungai adalah tempat mengalirnya air dari dataran tinggi seperti pegunungan ke dataran rendah seperti muara atau laut, dari hulu ke hilir. Sungai merupakan ciptaan Tuhan yang banyak manfaatnya. Sungai dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai tempat mandi, mencuci pakaian, sebagai sarana pembangkit listrik menggunakan kincir buatan, dan dimanfaatkan untuk mengairi sawah atau kolam.

3. Hutan
Hutan Lingkungan Alam
Hutan,  sumber foto google
Hutan adalah suatu wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang berisi antara lain pohon, semak, paku-pakuan, rumput, dan jamur. Hutan berfungsi sebagai tempat hidup dan berkembangnya hewan seperti Harimau, Badak, Ayam Hutan, Burung Kakak Tua, dan Trenggiling. Hutan dapat dimanfaatkan manusia sebagai bahan untuk membuat rumah, sumber bahan bakar, dan tempat berburu.

4. Laut
Ikan di laut  lingkungan alam
Ikan di laut sumber foto alienco
Laut adalah kumpulan air asin yang sangat banyak dan luas di permukaan bumi yang memisahkan atau menghubungkan suatu benua dengan benua lainnya dan suatu pulau dengan pulau lainnya. Di dalam laut terdapat banyak jenis hewan yang hidup dan berkembang biar seperti terumbu karang, ikan, anemon laut, belut laut, ular laut, rumput laut, dan lain sebagainya. Laut sangat bermanfaat oleh manusia, karena untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Seperti manusia mencari dan mengkonsumsi ikan yang kaya akan nutrisi. Juga ikan dapat diperjual belikan hingga mendapat perkembangan ekonomi. Juga sebagai tempat menghasilkan rumput laut dan garam dapur.

5. Danau
Danau dapat dijadikan tambak ikan
Danau dapat dijadikan tambak ikan suimber foto samosir nauli
Danau ialah kumpulan air-air yang amat besar dan dikelilingi dengan daratan. Danau tercipta disebabkan karena meluruhnya gletser dan adanya sumber mata air. Danau digunakan oleh manusia sebagai tempat perternakan ikan dan udang, juga danau dapat digunakan sebagai sarana pembangkit listrik seperti PLTA Maninjau di Sumatera Barat.

Itulah 5 Lingkungan Alam beserta manfaatnya bagi kehidupan manusia, semoga kita selalu menjaga kelestarian alam untuk generasi anak cucu kita berikutnya.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus