Pengertian Lapisan Eksosfer, Ionosfer, Termosfer, Mesosfer, Stratosfer, Troposfer - (Lapisan Atmosfer)

 Nama-nama Lapisan Atmosfer beserta pengertiannya :
Lapisan Eksosfer, Ionosfer, Termosfer, Mesosfer, Stratosfer, Troposfer - (Lapisan Atmosfer)
Gambar Lapisan Eksosfer, Ionosfer, Termosfer, Mesosfer, Stratosfer, Troposfer - (Lapisan Atmosfer)

  1. Eksosfer, adalah Lapisan tertinggi pada atmosfer bumi. Lapisan ini terletak di atas lapisan Termosfer (Ionosfer). Eksosfer berada pada ketinggian lebih dari 400 km -1000 km di atas permukaan bumi. Lapisan ini disebut-sebut sebagai pembatas atmosfer bumi dengan angkas luar.
  2. Ionosfer, adalah bagian atmosfer yang terionisasi oleh radiasi matahari. Lapisan ini berperan penting bagi keelektrikan atmosfer dan membentuk batas dalam lapisan magnetosfer. Fungsi utamanya, di antara fungsi-fungsi yang dimilikinya, adalah mempengaruhi rambatan radio ke tempat-tempat yang jauh di muka bumi.
  3. Termosfer, (thermosphere) adalah lapisan atmosfit bumi yang berada persis di atas mesosfer dan di bawah eksosfer. Dalam lapisan ini, radiasi ultraviolet (UV) menyebabkan ionisasi. Dinamai termosfer karena terjadi kenaikan temperatur yang cukup tinggi pada lapisan ini
  4. Mesosfer, adalah lapisan udara ketiga, di mana suhu atmosfer akan berkurang dengan pertambahan ketinggian hingga ke lapisan keempat, termosfer. Udara yang terdapat di sini akan mengakibatkan pergeseran berlaku dengan objek yang datang dari angkasa dan menghasilkan suhu yang tinggi.
  5. Stratosfer, (/ˈstrætəsfɪər/) adalah lapisan kedua dari atmosfer bumi, terletak di atas troposfer dan dibawah mesosfer. Ketebalannya sekitar 15-55 km. Di lapisan ini terdapat lapisan ozon yang terbentuk pada ketinggian 20 km.
  6. Lapisan troposfer, merupakan salah satu lapisan dari atmosfer bumi. Dari semua lapisan atmosfer bumi ini, lapisan troposfer merupakan lapisan yang paling rendah atau lapisan yang paling dekat dengan makhluk hidup. Dengan kata lain, lapisan troposfer ini merupakan lapisan yang berada di level paling rendah. Campuran gas yang terdapat pada lapisan troposfer ini merupakan jenis gas yang paling ideal atau cocok untuk kehidupan makhluk hidup di bumi.
Sumber : wikipedia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »