Contoh SIUP, SITU, NPWP Usaha, TDP

Dalam membangun sebuah usaha ada syarat-syarat yang harus dipenuhi agar usaha tersebut dapat bertahan lama dan mempunyai badan hukum yang pasti agar apabila terjadi permasalahan atau sangketa tentang usaha dapat kita jadikan sumber hukum untuk mempertahankan tempat usaha yang kita bangun. Adapun syarat-syarat dalam membangun sebuah usaha atau perusahaan diantaranya adalah, memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
Adapun contoh surat-surat yang diterangkan di atas adalah sebagai berikut:

1.Surat Izin Tempat Usaha
Surat Izin Tempat Usaha adalah surat izin yang diperlukan untuk melegalkan tempat usaha yang digunakan dengan izin Pemerintah setempat yang bertugas mengeluarkan surat tersebut.
Contoh SITU
Contoh SITU sumber djandoyo.blogspot.co.id
2. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
SIUP adalah surat izin untuk dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan seperti koperasi, persekutuan maupun perusahaan perseorangan, yang melakukan kegiatan usaha. SIUP ada dua macam yaitu SIUP kecil dan SIUP besar. Berikut contoh SIUP :

Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan (Kecil) sumber :perijinanmalangraya.com/siup
 3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Nomor Pokok Wajib Pajak biasa disingkat dengan NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya (wikipedia). Contoh pajak sebagai berikut:
Contoh NPWP sumber arif-rahmans.blogspot.co.id

4. Tanda Daftar Perusahaan
Tanda Daftar Perusahaan (TDP) adalah daftar catatan resmi yang diadakan berdasarkan ketentuan undang-undang pelaksanaannya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang, Jadi TDP bertujuan untuk mendaftarkan perusahaan agar tercatat dalam dokumen pemerintah. Contoh TDP sebagai berikut :
contoh TDP sumber : djandoyo.blogspot.co.id


EmoticonEmoticon