Akibat Menghidupkan Modem Saat Hujan Petir dan Cara Mengatasinya

Tahukah anda bahwa menghidupkan alat elektronik yang menggunakan pemancar seperti TV, Modem Internet, Radio, telepon rumah dan lain sebagainya, bila dihidupkan saat hujan petir dapat mengakibatkan kerusakan pada benda yang dihidupkan tersebut.
ini disebabkan karena petir adalah fenomena alam yang sering timbul berbarengan dengan lahirnya awan pembentuk hujan disebut awan Cumulonimbus (Cb) . Pembentukan petir atau listrik udara diawali proses terjadinya lompatan listrik pada awan yang bermuatan listrik positif (+) dan sebagian awan yang bermuatan negatif (-), antara awan dan udara, atau dapat juga terjadi karena berinteraksinya listrik udara antara bumi yang bermuatan (-) dan berinteraksi dengan awan yang bermuatan positif (+). Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Saat elektron menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara, dilansir dari BMKG.co.id.
Kerusakan alat elektronik disebabkan diantaranya karena energi listrik yang di lepaskan oleh petir sangat besar dan merambat ke jalur kabel listrik sehingga elektronik yang tersambung dengan listrik berpotensi power supplay dari eletronik kelebihan beban sehingga menyebabkan power supplay meledak dan dapat merusak bagian dalam alat elektronik.
Khusus pada modem, inilah pengalaman saya mungkin sudah yang ke 3x. Sebaik dan sebagus apapun modemnya tidak akan dapat menahan daya listrik yang begitu besar. Modem Speedy menggunakan teknologi modem ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu teknologi DSL yang bersifat asimetris yang dapat membawa data/informasi dengan kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lainnya. Modem Speedy inilah yang bertugas untuk menerjemahkan informasi yang dihantarkan oleh kawat telepon dari dunia internet ke komputer kita dan sebaliknya, dilansir dari http://tebingsekumbang.blogspot.co.id.
Modem yang saya gunakan adalah modem speedy jenis TP Link.
Modem TP LINK
Modem TP LINK
Modem sangat sensitif terhadap cahaya petir karena selain menggunakan wireless atau jaringan, modem ini juga tersambung dengan arus listrik, awalnya saya rasa gemuruh atau petir sedikit tidak masalah, namun bagaimana dengan gelombang cahaya yang kuat disertai dengan petir yang keras? malang memang sekejap mata, modem saya langsung mati, dan saya coba kembali hidupkan ternyata modem saya rusak, lampu indikatornya tidak hidup sempurna, dan tidak bisa koneksi dengan internet. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Baca Juga : Dampak Positif dan Negatif dari Penggunaan Media Sosial
 
Berikut adalah cara mengatasi modem yang rusak terkena petir:
  1. Bila modem terkena petir sehingga rusak hubungi layanan costumer service speedy, (kode area)-147, misalnya area pariaman (0751) untuk mengubungi cs speedy dengan menekan 0751147. Nanti telepon akan diangkat dengan memilih beberapa opsi pilih layanan bahasa indonesa tombol hp 1, lalu pilih pengaduan tombol hp 2, dan sebutkan kendala.
  2. Jangan lupa menyediakan nomor  telepon dan nomor speedy anda, biasanya kode speedy dan nomor teleponnya dicatat di kotak speedy tersebut.
  3. Setelah kode speedy atau nomor telepon di catat pelayan cs speedy, nanti anda di suruh menunggu dan cs akan memeriksa koneksi internet speedy anda usahakan cabut kabel (matikan) modem andA.
  4. Kemudian anda bilang modem anda terkena petir, dan minta untuk menukar modem speedy dengan yang baru.
  5. Pasti anda bertanya apakah pemesanan modem baru harus bayar? saya sudah tanya dengan cs speedy katanya "penggantian modem baru biayanya sudah termasuk biaya bulanan paket berlangganan".
  6. Nanti kita harus menunggu 1 hari atau 2 hari karena modem speedy yang baru akan di pesan dan petugas telkom akan mencek dan memasang koneksi internet anda.
  7. Sebagai ucapan terima kasih saya memberikan uang sebesar 40 ribu-50 ribu kepada petugas karena sudah memasangkan dan mengganti dengan modem yang baru.
  8. Modem anda sudah bisa Internet lagi.
Namun lebih baik mencegah dari pada mengobati, sebaiknya kita mencegah agar modem kita tidak rusak kerena terkena petir, berikut caranya:
  1. Bila hujan lebat disertai dengan cahaya dan petir atau gemuruh, matikan semua barang elektronik yang menggunakan pemancar termasuk modem dan komputer dan terpasang di stop kontak listrik.
  2. Cabut kabel arus listriknya dari stop kontak yang terhubungan dengan listrik dengan tujuan agar kejutan listrik yang besar tidak merusak bagian dalam barang elektronik tersebut.
  3. Jangan coba-coba menghidupkan internet saat terjadi kejadian pada nomor 1 diatas, karena gelombang cahaya petir dapat merusak laptop atau komputer anda karena sambungan internet yang digunakan
  4. Tunggulah hingga hujan dan petir sudah benar-benar reda biasanya petir juga datang diam-diam.
Itulah beberapa cara mengatasi modem yang rusak terkena petir dan cara mencegahnya. Semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Akibat Menghidupkan Modem Saat Hujan Petir dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar