Pengertian Biotik dan Abiotik serta Semua contoh dari Norma-norma Pelestarian Sumber Daya Alam

Hai teman-teman semua kembali lagi bersama admin, kali ini saya memposting tugas anak SMP, kasian juga liat anak SMP kesusahan cari tugas di internet. Tugasnya yaitu tentang Pengertian Biotik dan Abiotik serta Semua contoh dari Norma-norma Pelestarian Sumber Daya Alam. Semoga bermanfaat.

A. Pengertian Biotik dan Abiotik
1. Pengertian Biotik
Lingkungan biotik adalah semua lingkungan yang terdiri dari komponen-komponen mahluk hidup di permukaan bumi. Komponen lingkungan biotik, misalnya tumbuhan, hewan dan manusia.
Lingkungan Biotik dan Abiotik
Lingkungan Biotik dan Abiotik

2. Pengertian Abiotik 
Lingkungan abiotik adalah semua benda mati di permukaan bumi yang bermanfaat dan berpengaruh dalam kehidupan manusia serta mahluk hidup lainnya. contoh lingkungan abiotik, misalnya tanah, air, udara, dan sinar matahari.

B. Semua contoh dari norma-norma pelestarian sumber daya alam
Norma-norma tersebut ialah:
  1. Manusia sebagai bagian dari lingkungan harus menghargai makhluk hidup lain serta lingkungannya. jadi, manusia diharapkan mampu memanfaatkan sumber daya alam yang selaras dengan lingkungan.
  2. Lingkungan tidak hanya untuk manusia saja, tetapi juga untuk semua organisme.
  3. Ketersediaan sumber daya alam bersifat terbatas sehingga perlu dilakukan upaya pelestarian. Dengan demikian, pemanfaatan sumber daya alam yang bersifat terbatas harus dilakukan secara hati-hati dan efisien.
  4. Penggunaan sumber daya pengganti agar diusahakan sebaik mungkin dengan melakukan proses pemanfaatan kembali atau daur ulang.
  5. Manusia sebagai bagian dari lingkungan agar mampu berperasan aktif dan bekerja sama dalam mengawasi pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam secara bertanggung jawan demi terciptanya kelestarian dan keseimbangan alam.
  6. Pemanfaatan sumber daya alam harus sesuai dengan daya regenerasinya. Selain itu, manusia sebaiknya mengupayakan pemanfaatan sumber daya di bawah batas daya regenerasinya.
  7. Penerapan teknologi dalam pemanfaatan sumber daya alam agar tidak merusakan kemampuan sumber daya alam dan keberlanjutannya.

 Referensi :
1. Brainly
2. Wikipedia.

5 Responses to "Pengertian Biotik dan Abiotik serta Semua contoh dari Norma-norma Pelestarian Sumber Daya Alam"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

wdcfawqafwef