5 Kue Kering Lebaran Khas Sumatera Barat

Hari raya idul fitri (lebaran) semakin dekat, orang-orang pada sibuk cari menu berbagai macam kue lebaran. Nah admin punya 5 macam kue lebaran khas Sumatera Barat yang bisa teman-teman jadikan referensi, berikut kerangannya:

1. Ladu Arai Pinang
Kue Ladu Arai Pinang khas sumatera barat
Kue Ladu Arai Pinang sumber foto husnazattilhikmah
Suasana hari lebaran terasa belum lengkap jika belum ada kue arai pinang, makanan khas Sumatera Barat beraroma minyak kelapa, gurih dan renyah ini terbuat dari bahan dasar tepung beras, garam, kapur sirih. Umumnya dapat ditemukan di daerah Bukittinggi dan Pariaman.

2. Kue Sapik
Kue Sapik Khas Sumatera Barat
Kue Sapik sumber foto padangfood
Inia dia kue uniknya khas Sumbar, Kue sapik adalah kue unik yang  memiliki berbagai macam motif berdasarkan cetakan dan umumnya berwarna putih dan keemasan dan dilipat berbentuk segitiga. Berbahan dasar tepung beras, gula pasir, santan dan telur dan dicampur jadi rata. Cara memasaknya dengan memasukkan satu atau dua sendok makan adonan ke dalam cetakan kue sapik, dan tunggu beberapa menit sambil cetakan di balikan agar kue matang merata.

3. Kacang Tojin
Kacang Tojin khas sumatera barat
Kacang Tojin sumber foto resepmasakanpadang
Siapa yang belum pernah merasakan kacang tojin? hmm pasti rugi kalau belum merasakan kacang tojin ini. Kacang tanah yang dilumuri dengan garam dan bumbu ini memiliki rasa yang gurih dan enak, umumnya orang Sumatera Barat menyajikan kacang tojin sebagai cemilan dan hidangan untuk tamu selama hari raya idul fitri atau lebaran.

4. Kue Bangkit
Kue Bangkit
Kue Bangkit sumber foto resepcaramasak
Kue bangkit, atau kue bangket, berwarna puith ini merupakan kue tradisional khas Melayu, dapat ditemukan di Semenanjung Malaysia dan Sumatera, terutama Sumatera Utara, Riau, Jambi dan Sumatera Barat, saat hari beberapa hari sebelum lebaran kue ini banyak dijual di pasar. Kue bangkit menjadi salah satu kue khas yang disajikan pada momen Hari Raya Idul Fitri.

5. Kue Akar Kelapa
Kue Akar Kepala
Kue Akar Kepala sumber foto Menu Resep Kue
Kue khas lebaran ini dinamakan kue akar kelapa karena bentuknya memang mirip dengan akar kelapa yang bergelombang penuh liukan. Karena pembuatannya dengan cara digoreng, maka kue akar kelapa ini dapat bertahan lama hingga beberapa minggu sehingga boleh dibuat dalam jumlah banyak sekaligus. Rasanya yang gurih, renyah dan enak ini dapat menjadi teman teh, kopi atau sirup.

Nah itulah 5 kue kering lebaran khas Sumatera Barat, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus