5 Manfaat Minuman Air Putih saat Puasa Ramadhan

Perlu diketahui tubuh kita terdiri lebih dari 70% cairan oleh karena itu kita harus selalu menyuplai atau memenuhi cairan dalam tubuh setiap hari. Cairan ini bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari. Air Putih (yang sudah di masak) merupakan minuman yang paling sehat dan tidak berbahaya karena air putih selalu dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh kita.
Air putih memiliki berbagai macam manfaat
Apa lagi saat berpuasa khususnya pada bulan Ramadhan. Kita diwajibkan berpuasa menahan haus dan lapar mulai saat imsak sampai azan maghrib. Meskipun berpuasa, itu tidak menghalangi kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari. 

Nah disinilah manfaat meminum air putih sangat dianjurkan berikut adalah 5 manfaat meminum air putih saat puasa ramadhan,

1. Penghilang Dehidrasi dan Haus
Bila anda merasa lemas saat berpuasa padahal saat sahur banyak makan dan banyak berkeringat saat melakukan kegiatan sehari-hari, itu tandanya anda sedang dehidrasi (kehilangan cairan tubuh) sehingga membuat anda cepat haus. 
Inilah manfaat paling utama dari air putih yaitu penghilang haus, Minum banyak air putih saat sahur dan berbuka akan menghilangkan dan mencegah terjadinya dehidrasi saat melakukan kegiatan pada sehari-hari. Karena cairan yang dibutuhkan tubuh terpenuhi.

2. Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh
Pernahkah anda  merasa sakit saat buang air kecil maupun besar, dan urine (air kencing) berwarna kekuningan? Itu tandanya tubuh kita mengalami masalah dan ketidakseimbangan karena kekurangan air putih. Zat di dalam air putih dapat membantu dalam menjaga suhu tubuh, melindungi organ-organ vital, dan membantu melancarkan pencernaan.

3. Mengontrol Kalori dan Menurunkan Berat Badan
Puasa merupakan sebuah program diet yang alami dan tanpa ada efek samping berbahaya bagi tubuh. Cobalah minum air sebelum makan, Meminum segelas air putih akan membantu kita merasa kenyang, dan sebagai hasilnya mengkonsumsi makanan berkalori saat berbuka dan sahur lebih sedikit dan berdampak pada penurunan berat badan. 

4. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit
Banyak artikel kesehatan yang menyatakan bahwa minum air putih yang cukup dapat membantu melembabkan kulit, membuatnya terus segar, lembut, bercahaya dan halus.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal
Pernah mendengar penyakit batu ginjal, gagal ginjal? penyebab utamanya adalah kekurangan cairan atau yang sering kita dengar dengan istilah kurang minum. Perlu kita ketahui, ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Namun, ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, air putih adalah kunci/senjata utamanya. (manfaat.co.id)

Ternyata banyak juga ya manfaat air putih bagi kesehatan tubuh.

1 Response to "5 Manfaat Minuman Air Putih saat Puasa Ramadhan"

wdcfawqafwef