5 PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS BENCANA AKIBAT MANUSIA DAN ALAM

A. Pengertian Bencana
Pengertian Bencana menurut (bpbdkaltim) adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam dan/atau faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis. 
Jadi bencana terjadi bukan saja diakibatkan dari alam saja namun juga berasal dari ulah tangan manusia. 

B. Jenis-jenis Bencana
Begitu banyaknya bencana yang terjadi di seluruh negeri, berikut adalah beberapa jenis bencana yang berhasil admin Satitiak Jadikan Lauik kumpulkan.

1. Peperangan
Bencana yang diakibatkan perang
Serangan di Suriah menimbulkan banyak merugikan masyarakat foto ramalanintelijen
Peperangan merupakan bencana yang berasal dari ulah tangan manusia. Peperangan terjadi karena adanya faktor yang mempengaruhinya seperti karena ingin memperluas daerah kekuasaan tanah jajahan yang dilakukan sebuah kelompok militer disuatu daerah kepada daerah lain atau dari suatu negara ke negara lain. Dari peperangan tersebut tidak sedikit yang menjadi korban, seperti harta benda, rumah, dan nyawa manusia.

2. Longsor
Longsor yang dapat menimbun bangunan di bawahnya
Longsor yang dapat menimbun bangunan di bawahnya foto Satujam
Longsor merupakan bencana yang diakibatkan oleh alam. Longsor terjadi karena alami berasal dari curah hujan yang tidak bisa tertampung oleh tanah di daerah perbukitan atau pegunungan sehingga air tersebut menggeser dan membawa tanah ke daerah yang lebih rendah. Ada juga karena ulah manusia yang terlalu berlebihan dalam menebang pohon sehingga tersebut mati sehingga penyerapan air hujan tidak berfungsi dan menimbulkan longsor. Akibat dari bencana ini tidak hanya bangunan saja namun juga dapat menimbulkan korban jiwa.

3. Banjir
Banjir yang mengakibatkan masyarkat mengungsi
Banjir yang mengakibatkan masyarkat mengungsi foto Kintakun
Banjir merupakan bencana yang terjadi karena meluapnya air baik itu air sungai atau waduk, yang mengakibatkan menyapu dan menggenangi pemukiman masyarakat. Biasanya banjir terjadi karena beberapa faktor 1. Terjadi di daerah perkotaan dimana tempat penampungan air sedikit dan banyak orang yang membuang sampah sembarangan baik itu diselokan dan disungai. 2. Disebabkan karena tempat penyerapan air hujan sangat minim ditambah debit air dari sungai dan waduk saat hujan melimpah. Tidak hanya saat banjir saja setelah banjirpun ada juga bencana yang harus diwaspadai yaitu munculnya bibit penyakit seperti penyakit kulit, dan diare.

4. Limbah Pabrik
Banyak ikan yang mati karena keracunan zat kimia limbah pabrik
Banyak ikan yang mati karena keracunan zat kimia limbah pabrik foto bloggeografi
Setiap tempat produksi pasti memiliki limbah atau hasil buangan dari olahan bahan pembuatan suatu produk dan mau tidak mau harus membuang limbah tersebut ke sungai atau ke dalam kolam. Bahan kimia yang diakibatkan oleh pabrik sangat berbahaya terutama limbah dari pabrik kosmetik dan deterjen. Sungai yang tercemar oleh bahan kimia seperti klorin dan mercuri dapat membuat ikan-ikan yang ada di dalamnya mati atau terkontaminasi oleh zat kimia yang dapat menimbulkan penyakit bagi manusia yang memakannya. Seperti kanker dan keracunan sehingga mengancam kehidupan manusia di sekitar sungai tersebut.

5. Pembakaran Hutan
Asap di Riau
Asap di Riau foto Sumutpos
Bencana yang juga tidak kalah mengerikannya adalah asap yang ditimbulkan akibat pembakaran hutan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pembakaran dilakukan dengan tujuan untuk meluaskan lahan pertanian seperti kelapa sawit tanpa perlu menebang hutan. Namun dampak yang diakibatkan dari perbuatan tersebut sangat membahayakan, misalnya saja seperti kasus pembakaran gambut di Riau dan Palembang yang asapnya sampai ke daerah Sumatera Barat. Penyakit ISPA atau gangguan pernafasan adalah akibat dari asap yang terus menerus dihirup oleh masyarakat yang daerahnya terkena asap, dan sangat membahayakan nyawa bayi dan balita.

Bencana alam tidak hanya semata-mata terjadi karena alami, namun biasanya disebabkan ulah tangan manusia. Jadi alangkah baiknya kita menjaga alam dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak menebang pohon secara berlebihan dan melakukan pelestarian hutan dengan reboisasi. Menangkap dan mengadili orang yang ketahuan melakukan tindakan yang dapat menimbulkan bencana.

Posting Komentar

1 Komentar