Artikel 5 Bencana Alam, Penyebab, dan Dampaknya

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam dan/atau faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis

Jadi bencana alam adalah peristiwa atau serangkaian peristiwa yang dapat mengganggu dan mengancam kehidupan manusia yang datangnya dari alam.

Sering kita lihat di berita banyak macam-macam bencana alam yang terjadi di seluruh negeri Indonesia yang kita cintai ini. Adapun jenis-jenis atau macam-macam bencana alam tersebut adalah sebagai berikut:

1. Longsor
Bencana alam longsor yang menimbun bangunan di bawahnya
Bencana alam longsor yang menimbun bangunan di bawahnya foto satujam.com
Longsor adalah peristiwa yang terjadi karena pergeseran tanah bukit atau gunung atau dari daerah tinggi yang memiliki kemiringan tertentu. Tanah longsor ini dapat disebabkan karena curah hujan yang terlalu tinggi sehingga tidak mampu untuk menahan dan menyerap air ke dalam tanah, juga karena penebangan pohon disekitar tebing atau perbukitan sehingga peran pohon untuk menyerap dan menahan tanah tidak berfungsi lagi karena Akar pohon tersebut mati atau layu.
Dampak dari bencana longsor ini adalah dapat menimbun desa, pemukiman, dan rumah masyarakat yang ada disekitar lokasi kejadian. dan juga bila tanah longsor ini terjadi menimpa jalan raya atau jalan yang menghubungkan antar daerah dapat memutuskan badan jalan sehingga daerah yang tertimpa menjadi terisolasi dan proses bantuan terhambat dan juga dampak dari tanah longsor dapat memakan korban jiwa. 

2. Tsunami
Kecepatan tsunami dapat menyapu apa saja yang dilaluinya
Kecepatan tsunami dapat menyapu apa saja yang dilaluinya foto by youtube
Pernahkah kita melihat kejadian tsunami di Aceh tahun 2004 lalu? Tsunami adalah gelombang besar yang berasal dari air laut. Secara umum penyebab Tsunami terjadi karena gangguan yang berasal dari laut seperti gempa tektonik, atau pergeseran tanah di dalam laut sehingga gelombang air laut tidak stabil contohnya seperti gunung krakatau yang meletus. Dampak negatif yang diakibatkan bencana tsunami adalah dapat merusak apa saja yang dilaluinya. Bangunan, tumbuh-tumbuhan, dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta menyebabkan genangan, pencemaran air asin lahan pertanian, tanah, dan air bersih. Tidak tanggung-tanggung kecepatan tsunami bisa mencapai ratusan kilometer per jam. Bila tsunami mencapai pantai, kecepatannya akan menjadi kurang lebih 50 km/jam dan energinya sangat merusak daerah pantai yang dilaluinya. Cakupan kerusakan karena tsunami berimbas pada beberapa negara di sekitar pantai. Itulah sebabnya banyak korban yang terlambat menyelamatkan diri.

3. Letusan Gunung Berapi
Letusan gunung merapi dapat mengeluarkan lava yang sangat panas
Letusan gunung merapi dapat mengeluarkan lava yang sangat panas
Indonesia adalah negara dengan gunung api terbanyak di dunia dan sebagian besar masih aktif. Penyebab  gunung api meletus adalah sebagai berikut : 1. Peningkatan Kegempaan Vulkanik; 2. Suhu Kawah Meningkat Secara Signifikan; 3. Terjadinya Deformasi Badan Gunung; 4. Lempeng lempeng Bumi Yang Saling Berdesakan; 5. Akibat Tekanan Yang Sangat Tinggi. Letusan gunung api mengeluarkan lava yang sangat panas yang dapat membakar apa yang dilaluinya dan juga yang tidak kalah bahayanya letusan gunung berapi mengeluarkan batu-batu panas yang terlempar seperti meteor dan juga dapat meruntuhkan bangunan akibat gempa bumi. Sebelum terjadinya letusan gunung berapi biasanya akan terjadi gempa bumi, debu, lahar dingin, dan awan panas. Kejadian gunung meletus seperti gunung Sinabung di Sumatera Utara.

4. Banjir
Banjir yang dapat menenggelamkan desa foto Sindonews
Banjir adalah bencana alam yang terjadi akibat naiknya ketinggian air sehingga masuk ke pemukiman masyarakat yang datannya rendah. Ada beberapa penyebab terjadinya banjir seperti, jebolnya bendungan, tingginya curah hujan sehingga air sungai meluap, tidak tersedianya serapan air seperti sumur, saluran air yang tersumbat karena terhalang sampah. Bahaya dari banjir ini adalah air bah yang berasal dari sungai atau bendungan karena tekanan arus yang kuat dapat menyeret benda-benda yang dilaluinya tidak terkecuali manusia. Dampak dari banjir ini adalah merendam dan menenggelamkan sebuah desa atau lebih. Setelah banjir adalagi bahaya yang akan datang yaitu penyakit yang merajalela seperti penyakit kulit dan diare karena tempat yang kotor akibat sampah berserakan.

5. Gempa Bumi
Gempa bumi foto abuazmashare
Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Gempa bumi biasanya sebagai tanda sebelum terjadinya tsunami dan gunung meletus. Dampak dari gempa bumi dapat meruntuhkan semua bangunan yang terkena gempa, baik itu gedung, rumah, dan jalan. Bila gempa terjadi jangan berlindung di samping dinding bangunan dan segera evakuasi diri dan keluarga ke tanah lapang.

Itulah 5 bencana yang datang dari alam. Bencana terjadi tentu ada sebabnya, oleh karena itu kita harus selalu ingat dan meminta ampun kepada Tuhan Yang Maha Esa karena dosa yang slama ini kita perbuat.

2 Responses to "Artikel 5 Bencana Alam, Penyebab, dan Dampaknya"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. wihh nice info
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Obat Asam Lambung
    Golden Gamat
    Golden Gamat

    BalasHapus

wdcfawqafwef