5 TEMPAT WISATA SUMATERA BARAT YANG EKSOTIS

Sumatera Barat memiliki budaya yang khas begitu juga dengan tempat wisatanya, berbagai macam objek wisata ada di Sumatera baik itu wisata pantainya, wisata pegunungan, wisata taman, dan wisata air terjunnya. Diantara banyaknya objek wisata yang ada di Sumatera Barat inilah 5 tempat wisata di Sumatera Barat yang paling eksotis menurut Satitiak Jadikan Lauik.

1. Pulau Kasiak Pariaman
Pulau Kasiak dilihat dari ketinggian
Pulau Kasiak dilihat dari ketinggian foto by gopariaman.com
Untuk menuju pulau kasiak dari Pantai Gandoriah Pariamansekitar 20-30 menit-an. Dinamakan Pulau Kasiak karena pulau ini memiliki pantai dengan pasir yang putih dan lautnya yang dangkal sehingga kita bisa melihat apa yang ada dalam air membuat kita ingin berenang disana. Belum banyak dijamah sama wisatawan sehingga pulau ini masih sangat bersih dan juga suasana pulau ini sangat tenang dan nyaman sekali. Di pulau ini juga terdapat sebuah mercusuar, menurut para awak kapal dari atas mercusuar kita bisa melihat semua pulau-pulau yang ada. Angin yang sepoy-sepoy serta desiran ombak di pulau ini membuat suasana menjadi santai, dan juga tempatnya bagus untuk berfoto.

2. Lubuak Nyarai
Lubuak Nyarai Lubuak Aluang Padang Pariaman
Lubuak Nyarai foto by lihat.co.id
Lubuak Nyarai, atau Air Terjun Nyarai, Green Canyon Padang Pariaman merupakan objek wisata alam yang terletak di Lubuak Aluang, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat. Untuk pergi ke Nyarai tidak terlalu sulit untuk dicapai, kalau kita dari Padang, Setelah Pasar Lubuk Alung terdapat simpang ke kanan dengan sebuah papan promosi. Jarak Dari simpang ke posko kurang lebih 4 - 5 km, di posko anda bisa parkir, melakukan pendaftaran dan membayar tiket sebesar 20.000 per orang. Dari Posko dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam untuk mencapai Nyarai. Nyarai menyajikan pemandangan yang luar biasa, tidak hanya sekedar aliran sungai yang berwarna hijau tosca, air terjun, tebing batu yang menghiasi membuat pengunjung betah berada di lokasi. 
 
3. Sungai Lansiangan (Malalak)
Air Terjun Sungai Lansiangan sumber foto (ondehmandeh.com)
Air Terjun Sungai Lansiangan sumber foto (ondehmandeh.com)
Malalak memiliki potensi alam yang besar terutama pada wisata air terjunnya salah satunya adalah Sungai Lansiangan. Sungai Lansiangan terletak sebelum Hulu Banda (jika datang dari Bukittinggi) dibutuhkan waktu sekitar 1 jam berkendara dari Pariaman dan 2-3 jam berkendara dari Bukittinggi. Selama perjalanan menuju jorong ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam, sawah ladang, perbukitan dan Gunung Singgalang-Tandikek yang memukau. Un­tuk menuju lokasi air terjun BBI dari posko (Rumah Penduduk) dibutuhkan waktu sekitar 20 menit, pengunjung bisa ditemani oleh pemuda setempat sebagai pemandu lokasi. Air terjun terletak di dalam hutan namun masih dekat dengan ladang-ladang penduduk. Air terjun ini tidak terlalu tinggi namun memiliki debit yang cukup besar dan dilengkapi dengan lubuak/pemandian jernih yang cukup besar dibawahnya.

4. Air Terjun Sipagogo (Pasaman Barat)
Air Terjun Sipagogo atau Sampuran Lotok Sipagogo merupakan air terjun unik yang terletak di Situak Ujung Gading atau Nagari Ujuang Gadiang, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat. Sipagogo sendiri adalah nama/julukan bagi seorang jagoan atau tokoh yang konon memiliki kesaktian dan sering bertapa di Air Terjun ini. Air terjun yang berwarna kebiru-biruan ini menjadi daya tarik bagi pecinta traveler khususnya dari Pasaman.

5. Padang Mangateh 
Peternakan sapi di Padang Mangateh
Peternakan sapi di Padang Mangateh (foto promo jitu)
Padang Mangateh menjadi tempat wisata yang viral di dunia maya baru-baru ini, tempat ini dikatakan sebagai New Zealand di Sumatera Barat, kenapa dikatakan demikian karena tempatnya yang hijau eksotis menjadi pusat peternakan sapi yang bebas di kembangkan tanpa menggunakan tali ikatan, hmm serasa berada diluar negeri ya, Untuk menuju Padang Mangateh tidaklah terlalu sulit. Serta dekat dengan pegunungan menjadi udara disana menjadi sejuk. Lokasi nya hanya sekitar 2 km saja dari Jalan Raya yang menghubungkan Payakumbuh dan Lintau. Peternakan ini terletak di Nagari Padang Mangateh, Kecamatan Luhak, Kabupaten Limapuluh Kota. Di jalan menuju lokasi akan ada papan petunjuk yang akan mengarahkan ke peternakan. Banyak foto-foto bagus yang dapat diambil disini.

Itulah 5 Objek Wisata Sumatera Barat yang eksotis versi Satitiak Jadikan Lauik, bagaimana tertarik untuk mengunjunginya bukan. Meskipun begitu kita harus selalu menjaga tempat wisata dimanapun dari sampah agar tidak mencemari lingkungan sehingga kebersihan dan keindahan tempat wisata terjagam dan jangan lupa untuk menjaga diri dimanapun berada.

Posting Komentar

1 Komentar