5 Fakta Ulakan Tapakis Padang Pariaman yang harus diketahui

Hai teman-teman semua kembali di satitiak jadikan lauik sakapa jadikan gunuang, pada postingan kali ini kita membahas tentang 5 fakta tentang Daerah Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman yang harus teman-teman diketahui, langsung saja kita bahas.

1. Makan Syekh Burhanuddin
Makan Syekh Burhanuddin Ulakan Tapakis
Makan Syekh Burhanuddin Ulakan Tapakis sumber jalan2
Ulakan Tapakis terkenal dengan makan Syekh Burhanuddin, nama tersebut tidak asing lagi ditelinga masyarakat Minangkabau Sumatera Barat khususnya daerah Pariaman dan Sekitarnya. Beliau adalah ulama yang berpengaruh di daerah Minangkabau sekaligus ulama yang menyebarkan Islam di Kerajaan Pagaruyung.

2. Makanan yang Khas
Rakik dan sala lauak khas Ulakan Tapakis
Rakik dan sala lauak khas Ulakan Tapakis sumber diindonesiaku
Ulakan Tapakis terkenal dengan makanan sejenis gorengan (rakik) yang menggunakan ikan dan kepiting sebagai bahan dasar masakan dan juga tidak ketinggalan yaitu sala lauak yang menjadi ikon masakan khas pesisir Pariaman ini. Rasanya gurih dan kriuk-kriuk guys, inilah masakan khas Ulakan Tapakis yang selalu menjadi buruan wisatawan untuk oleh-oleh.

3. Mesjid Raya Ulakan Tapakis
Mesjid Raya Ulakan Tapakis
Mesjid Raya Ulakan Tapakis sumber panoramio
Ulakan Tapakis memiliki Mesjid Raya yang beberapa tahun ini baru diresmikan. Masjid Raya ini memiliki kubah berwarna emas dan sangat luas, jadi bila teman-teman pergi ke Ulakan Tapakis jangan lupa untuk singgah dan shalat di sini ya.

4. Basapa
Tradisi Basapa (Basafar) di Ulakan Tapakis
Tradisi Basapa (Basafar) di Ulakan Tapakis sumber wikipedia
Ulakan Tapakis juga terkenal karena ada tradisi Basapa atau bersafar, Basapa itu seperti ziarah ke makam Syekh Burhanuddin serempak bersama puluhan ribu orang", karena dilakukan setiap hari Rabu, tanggal 10 Shafar. Umumnya tradisi ini dilaksanakan oleh kalangan orang dewasa dan lanjut usia.

5. Berada di tengah-tengah
Peta Ulakan Tapakis
Peta Ulakan Tapakis sumber google map
Ulakan tapakis berada di tengah-tengah antara Pariaman-Padang. Jika dari Padang teman-teman bisa melewati jalan dari arah Tabing Bandara Internasional Minangkabau. Jika dari Pariaman teman-teman bisa menggunakan jalan sekitar pantai melewati daerah Taluak dan Sunua.

Nah itulah 5 fakta tentang daerah Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman yang harus diketahui. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan artikel berikutnya.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. artiikelnya sangat bagus gan.
    ayo kunjungi website kami ya gan ^_^

    BalasHapus
  2. nice artikelnya gan, jangan lupa kunjungi website kami kembali ya gan ☺☺☺

    BalasHapus