Artikel Website Inilah Kelebihan dan Kekurangan Membuka Usaha Sendiri

Banyak orang yang masih bingung dengan pekerjaan. Apakah nanti setelah tamat kuliah akan bekerja di perusahaan atau membuka usaha sendiri. Sebenarnya mencoba keduanya tidak ada yang salah, banyak kasus dimana membuka usaha sendiri lebih menguntungkan dibandingkan dengan bekerja sebagai karyawan dari perusahaan orang lain. Namun tidak dipungkiri juga pasti ada kekurangan atau resiko saat kita membuka usaha sendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Membuka Usaha Sendiri
sumber foto wirabisnis.com

Berikut adalah beberapa kekurangan dan kelebihan dari membuka usaha sendiri.

A. Kelebihan membuka usaha sendiri
Membuka usaha sendiri adalah salah satu cara untuk menjadi berkembang dan maju sebagai pengusaha yang sukses. Berikut adalah beberapa kelebihan membuka usaha sendiri :
  1. Kreatif, sebelum membuka usaha sendiri kita dituntut menjadi orang yang kreatif, dimana kita berusaha untuk membuka usaha yang dapat membuat orang lain tertarik walaupun menjual produk yang sama dengan toko sebelah. Apakah itu dengan menata tempat duduk, tempat produk, cat dinding, atau warna lampu.
  2. Inovatif, calon pengusaha yang sukses adalah orang yang inovatif memunculkan ide bagaimana cara mengembangkan tokonya dengan produk-produk yang baru serta dibutuhkan masyarakat karena manfaatnya.
  3. Menguntungkan, keuntungan adalah target utama dari membuka usaha, sebuah usaha dikatakan memiliki keuntungan jika telah memiliki laba.
  4. Manajemen perusahaan, usaha yang anda buka dan jalani adalah tanggung jawab yang besar dimana anda sebagai pimpinan harus dapat membuat manajemen yang baik agar usaha anda dapat berjalan lancar.
  5. Mengaplikasikan ilmu dan keterampilan, orang yang bekerja tidak akan selamanya menjadi karyawan tentu juga memiliki keinginan membuka usaha sendiri dengan ilmu dan pengalaman yang telah dimiliki saat menjadi karyawan di perusahaan orang lain.
  6. Pelanggan setia, jika usaha anda berjalan sukses itu tandanya anda memiliki pelanggan yang setia, karena tahu bahwa produk dan pelayanan yang anda jual lebih baik dibandingkan toko orang lain.
B. Kekurangan membuka usaha sendiri
Tidak selamanya usaha yang dijalani berjalan dengan lancar, berikut adalah beberapa penyebabnya:
  1. Resiko, sebelum membuka usaha sendiri kita harus mempertimbangkan resiko yang akan dihadapi nantinya, dan jika hal itu terjadi kita dapat meminimalisir agar tidak terlalu merugikan perusahaan kita. Apakah itu karena pembeli berkurang, atau produk yang tidak laku.
  2. Bencana alam, bencana alam adalah peristiwa yang tidak dapat diduga sebelumnya jika hal itu terjadi kita harus siap dengan segala yang diakibatkan, dan cara mengatasinya adalah dengan menabung agar dapat memulai kembali usaha anda.
  3. Pelayanan jelek, pelayanan adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam menjual produk anda. Jika pelayanan anda tidak memuaskan maka bisa dipastikan pelanggan tidak akan betah belanja di tempat usaha anda.
  4. Kualitas produk tidak bagus,  dalam membuka usaha pastikan anda hanya menjual produk yang berkualitas dan tahan, karena pelanggan pasti akan membeli barang yang berkualitas walaupun agak mahal dibandingkan dengan harga yang murah namun tidak tahan dipakai.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan membuka usaha sendiri, bagaimana anda tertarik? tidak ada salahnya mencoba. Serta harus banyak belajar dari usaha orang lain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
17 Maret 2017 23.15 delete

artiikelnya sangat bagus gan.
ayo kunjungi website kami ya gan ^_^

Reply
avatar