5 Keuntungan dan Kekurangan Belanja di Toko Online

Seiring perkembangan zaman teknologi sudah semakin canggih sehingga mudah sekali untuk mengakses kebutuhan di dunia maya. Internet adalah tempat orang mencari apa yang diingkan di dunia maya dengan melakukan searching atau surfing di dunia maya termasuk belanja online.

keuntungan dan kelebihan belanja di toko online
sumber foto maxmaroe
Belanja online maksudnya adalah kita dapat memesan berbagai macam produk yang dijual oleh toko secara online dapat diakses jika bisa terhubung dengan jaringan internet. Seperti Lazada, Buka Lapak, OLX dan lain sebagainya. Banyak keuntungan yang di dapatkan jika kita belanja online. Namun belanja online juga memiliki kekurangan. Adapun keuntungan dan kekurangannya adalah sebagai berikut:

A. Keuntungan Belanja Online
Adapun kelebihan belanja secara online diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Mudah, dengan jaringan internet belanja di toko secara online bisa lebih mudah karena dapat melihat harga dari produk yang akan dibeli tanpa harus pergi ke tokonya secara langsung.
  2. Banyak pilihan, dengan belanja online kita dapat memilih berbagai macam benda yang akan kita beli lengkap dengan kode pembeliannya.
  3. Pembayaran mudah, pembayaran pembelian produk yang dipesan sangat mudah cukup dengan menstransfer uang ke rekening Bank penjual yang telah disediakan saat memesan barang yang dibeli.
  4. Banyak yang dijual, belanja di toko online sangat menyenangkan karena sekarang ini apapun yang kita butuhkan sudah banyak tersedia di toko online seperti baju anime, jaket, kasur, jam dan produk lainnya yang belum tentu ada dijual di pasar.
  5. Transparan, membeli di toko online kita dapat melihat harga barang secara langsung.
B. Kekurangan Belanja Online
Selain memiliki berbagai macam keuntungan ternyata belanja online juga memiliki kekuarangan diantaranya :
  1. Rawan Penipuan, belanja di toko online yang tidak jelas keterangannya tokonya dapat merugikan kita sebagai pembeli karena rawan sekali terjadi penipuan, misal kita telah mengirimkan uang untuk membeli barang yang diinginkan namun 
  2. Tidak sesuai, membeli produk secara online terkadang tidak sesaui dengan harapan atau foto yang di jual secara online tersebut, sehingga membuat pelanggan kecewa.
  3. Pengiriman lama, pengiriman barang belanja online biasanya digunakan jaza pengantar barang seperti JNE, atau Tiki yang bisa membutuhkan waktu pengiriman 3 hari sampai seminggu.
  4. Batas waktu terbatas, waktu pengiriman uang ke rekening penjual hanya memiliki waktu 24 jam, jika kita tidak mengirimkan uang selama waktu tersebut maka kita harus membeli barang tersebut kembali. 
  5. Barang tidak berkualitas, kebanyakan barang yang dikirimkan memiliki kualitas yang jelek dan tidak serupa dengan barang di foto produk yang di pesan.
Itulah beberapa keuntungan dan kekurangan belanja di toko online, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »