Artikel Polusi Akibat Pencemaran Lingkungan, Air, Udara, Tanah

Menurut SK Menteri Kependudukan Lingkungan Hidup No 02/MENKLH/1988 "Pencemaran adalah masuk atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi dan/ atau komponen lain ke dalam air atau udara. Pencemaran juga bisa berarti berubahnya tatanan (komposisi) air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air/ udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya."
Dari Penjelasan oleh SK Menteri Kependudukan Lingkungan Hidup diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa penyebab terjadinya polusi adalah karena masuknya makhluk hidup, zat atau komponen lain ke dalam air, udara atau tanah yang dapat merubah komposisi air, tanah, atau udara tersebut yang diakibatkan oleh kegiatan manusia dan proses alam, yang membuat menurunya kualitas dari air, tanah, dan udara tersebut.
Ada beberapa macam pencemaran yaitu diantaranya :
  1. Pencemaran Air
  2. Pencemaran Udara
  3. Pencemaran Tanah
  4. Pencemaran Suara/Bunyi
1. Pencemaran Air
Pencemaran air akibat zat kimia limbah pabrik. Sumber foto ebiologi.com
Air merupakan kebutuhan pokok manusia. Air digunakan untuk minum, masak dan menuci. Namun, manusia tidak mampu menjaga kualitas air yang ada di bumi. Hal ini bisa terlihat dari maraknya berita pencemaran air di berita seperti tumpukan sampah di kali atau sungai. Pencemaran air dapat disebabkan oleh limbah rumah tangga, pestisida, limbah anorganik dan pupuk Ada beberapa industri yang sengaja membuang limbahnya ke sungai. Limbah-limbah tersebut mengandung logam-logam beracun seperi merkuri, tembaga, kadmium, dan seng yang dapat mencemari sungai dan hewan yang hidup di dalamnya. Jika ikan yang hidup ditempat tersebut di konsumsi oleh manusia, maka dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

2. Pencemaran Udara
Polusi udara akibat asap pabrik industri sumber foto rajablog
Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti (wikipedia.com). Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia yang menghasilkan CO, CO2. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suara, panas, radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara.

3. Pencemaran Tanah
Polusi tanah akibat bahan kimia berbahaya sumber foto valentinus
Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami (Wikipedia). Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial; penggunaan pestisida yang selalu digunakan dapat mengendap ke dalam tanah, dan mempengaruhi kesuburan tanah. Kita dapat membedakan tanah yang subur alami dipenuhi tanah gambut, dibandingkan tanah tempat pembuangan limbah atau pestisida.

4. Pencemaran Udara
Pencemaran Suara akibat suara keras kereta api sumber foto penting.id
Polusi suara atau pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengakibatkan ketidaktentraman makhluk hidup di sekitarnya. Pencemaran suara diakibatkan suara-suara bervolume tinggi yang membuat daerah sekitarnya menjadi bising dan tidak menyenangkan contohnya seperti suara keras dari kereta api, sirene, atau suara alat berat.

0 Response to "Artikel Polusi Akibat Pencemaran Lingkungan, Air, Udara, Tanah"

Posting Komentar