Soal IPS SMA Kelas X (10) Mengidentifikasi kebutuhan manusia beserta Jawabannya



 Soal IPS SMA Kelas X Mengidentifikasi kebutuhan manusia beserta Jawabannya
  1. Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
  2. Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
  3. Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
  4. Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
  5. Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
  6. Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
 
Benda pemuas kebutuhan
Benda pemuas kebutuhan sumber foto youtube.
1. Apa yang dimaksud dengan barang?
Barang adalah benda-benda yang berwujud, yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya atau untuk menghasilkan benda lain yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat.

2. Jelaskan macam-macam benda pemuas kebutuhan menurut tujuan kegunaannya?
a. Benda Konsumsi
Benda konsumsi merupakan benda pemuas kebutuhan yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia tanpa perlu di olah lagi. Contoh benda konsumsi antara lain buah-buahan, roti, pakaian, sepatu dan sebagainya. Karena benda konsumsi bisa langsung digunakan, maka sering juga disebut sebagai benda siap pakai.
b. Benda Produksi
Benda produksi merupakan benda pemuas kebutuhan yang digunakan dalam proses produksi. Benda produksi sering disebut sebagai barang modal, yaitu benda yang digunakan untuk memproduksi benda lain. Contoh benda produksi adalah mesin-mesin pembuat barang kebutuhan

3. Sebutkan contoh bahan mentah!
Contohnya: dari hasil tambang; minyak bumi, tembaga, timah, perak, batu bara. Dari hasil hutan; kayu, damar, rotan. Dari perkebunan; teh, tembakau, kopi dan dari hasil pertanian; padi, palawija, sayuran.

4. Sebutkan macam benda pemuas kebutuhan menurut hubungan dengan barang lain!
a. Barang pelengkap (komplementer)
Barang pelengkap adalah alat pemuas kebutuhan yang akan lebih bermanfaat dan lebih dapat dirasakan manfaatnya apabila digunakan secara bersama-sama dengan barang yang lain. Dengan kata lain, barang pelengkap atau komplementer ini berfungsi untuk melengkapi barang lain dalam penggunaan. Contoh, minyak tanah akan lebih bermanfaat bila kita gunakan bersama dengan kompor dan kopi akan lebih bermanfaat apabila dicampur dengan gula.

b. Barang pengganti (subtitusi)
Barang pengganti adalah alat pemuas kebutuhan yang fungsinya dapat saling menggantikan. Contoh, jika tidak ada angkot maka kita bisa naik taksi, jika tidak ada nasi maka kita bisa memakan sagu atau jagung dan jika tidak ada susu maka kita bisa minum teh. Hal ini berarti fungsi taksi dapat menggantikan angkot, sagu/jagung dapat menggantikan nasi dan teh dapat menggantikan susu.

5. Jelaskan kegunaan benda pemuas kebutuhan berdasarkan kegunaan bentuk (form utility)!
Menurut bentuk
  • Benda abstrak : benda yang tidak nyata/tidak dapat dilihat (hanya hasilnya yang nampak), contoh : jasa seorang tukang pangkas rambut, jasa seorang guru  
  • Benda kongkrit : benda nyata, dapat dilihat, diraba, contoh : nasi, jeruk, kursi.
 6. Jelaskan langkah yang harus ditetapkan dalam menghadapi kelangkaan sumber daya!
Ada beberapa cara untuk mengatasi kelangkaan antara lain:
Menghemat penggunaan sumber daya alam
Memelihara dan melestarikan sumber daya alam dengan baik
Menciptakan alat pemuas/barang pengganti (barang substitusi)
Meningkatkan pengelolaan berbagai macam sumber daya alam, sehingga lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia.

7. Sebutkan pedoman untuk menganalisis penentuan pilihan dan permasalahan ekonomi!
a. Apa yang akan Diproduksi (What)?
Pertanyaan ini menyangkut tentang barang apa yang akan dihasilkan dan berapa banyak jumlah yang akan diproduksi.

b. Bagaimana Cara Produksinya (How)?
Setelah Anda menjawab pertanyaan pertama, pertanyaan selanjutnya yaitu bagaimana cara memperoleh atau memproduksi barang yang diinginkan tersebut. Ya, pertanyaan ”how” untuk menentukan bagaimana sumber daya disediakan, dialokasikan, dan dikombinasikan agar mendapat hasil yang maksimal.

c. Untuk Siapa Di Produksi (For Whom)?
Dari kegiatannya, sebenarnya industri tersebut memproduksi barang untuk siapa? Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri ataukah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luar negeri?

8. Jelaskan masalah pokok ekonomi yang dihadapi masyarakat
  • Konsumsi, setiap kebutuhan manusia atau masyarakat didesak oleh kebutuhan-kebutuhan atau keinginannya dalam menentukan jenis barang-barang dan jasa yang hendak digunakan atau dikonsumsi.
  • Produksi, masalah produksi berkaitan erat dengan produk (barang dan jasa) apa yang akan diproduksi, untuk siapa barang tersebut diproduksi, menggunakan berapa tenaga kerja. Dalam kegiatan produksi, tidak terlepas dari cara penggunaan bahan mentah, peralatan (modal), tenaga kerja, dan teknologi yang menentukan kapasitas produksi atau kemampuan memproduksi barang dan jasa.
  • Distribusi, msalah distribusi adalah bagaimana menyalurkan barang dan jasa dari produsen sampai ke konsumen serta saluran distribusi apa yang akan digunakan. misalnya lewat distributor, agen, atau saluran lainnya
  • Pertumbuhan, masalah pertumbuhan ekonomi menyangkut bertambahnya pendapatan nasional, di antaranya bertambahnya pendapatan/ masyarakat. Pertumbuhan juga berkaitan erat dengan kelangsungan hidup manusia. Pokok masalahnya adalah bagaimana kehidupan ekonomi berjalan terus menerus dengan sumber daya alam yang semakin berkurang, sementara pertambahan penduduk dan kebutuhan masyarakat terus meningkat.
9. Jelaskan fungsi dari pertanyaan “what” dalam masalah pokok ekonomi!
Apa (What)
Barang dan jasa apa saja yang akan  diproduksi dan dalam jumlah berapa harus ditentukan? Dari sekian banyak barang dan jasa, manakah yang harus dipilih untuk diproduksi!. Keputusan produksi tidak lagi hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan, namun juga untuk menghasilkan keuntungan maksimum.

10. Jelaskan bagaimana sistem ekonomi campuran memecahkan masalah
Sistem ekonomi campuran merupakan perpaduan konsep antara sistem ekonomi pasar dengan sistem ekonomi komando, dimana kelemahan-kelemahan dieliminasi pada sistem ekonomi campuran. Dari manakah perpaduan antara sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi terpusat, hal ini dapat diketahui dengan melihat ciri-ciri sistem ekonomi campuran dan kelebihan dan kerugian sistem ekonomi campuran seperti yang ada dibawah ini.

11. Jelaskan Pengertian Sistem Ekonomi
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.

12. Jelaskan mengenai sisi positif dan sisi negatif sistem ekonomi tradisional dan pasar!
 1. Sistem ekonomi tradisional
 a. kelebihan
  • tidak terjadi persaingan
  • konflik-konflik tidak terjadi, karena semua berjalan sesuai dengan kebiasaan
  • cukup aman karena anggota masyarakat tidak di bebani dengan target-  target yang harus di capai
  • tidak menimbulkan tekanan jiwa
 b. Kekuranagan
  • masyarakat bekerja semata-mata untuk memenuhi kebutuhan hidup dan bukan untuk meningkata kan kesejahteraan
  • kegiatan ekonomi dilakukan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan dasar, tidak untuk mencari keuntungan
  • kecil sekali untuk terjadi perubahan-perubahan yang dapat mengangkat derajat kehidupan msayarakat, karena setiap perubahan di anggap tabu
  • tidak memperhitungkan efisiensi penggunaan sumber daya secara maksimum.
2. Sistem ekonomi pasar
 a. kelebihan
  1. individu bebas mengatur sumber daya ekonomi.
  2. adanya kebebasan individu mendorong kemandirian berusaha dan pencapayan hasil terbaik.
  3. adanya semangat mencari keuntungan maksimum akan meningkatkan motivasi kerja, inovasi, dan produkfitas kerja
  4. adanya persaingan sehat berdasarkan mekanisme pasar dapat mendorong kemajuan dalam usaha 
b. kekurangan
  1. adanya praktik persaingan tidak sehat, yaitu penindasan terhadap pihak yang lemah
  2. persaingan tidak sehat dapat menimbulkan monopoli yang merugikan masyarakat
  3. timbulnya praktik yang tida jujur yang didasari mengejar keuntungan yang sebesar-besarnya, sehingga kepentingan umum dikesampingkan.

13. Jelaskan perbedaan sistem ekonomi trasidisional, terpusat, pasar, dan campuran kemudian bandingkanlah keempat sistem ekonomi tersebut!
Tradisional : masyarakat masih menentukan harga pokok/ harga pasar sendiri. Modern/Komando : pemerintah yang menentukan harga pasarnya. Campuran : pemerintah dan masyarakat berdiskusi temtang menentukan harga pasarnya.

14. Sistem ekonomi terpusat
Sistem ekonomi terpusat/komando adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian. Pada sistem ini pemerintah menentukan barang dan jasa apa yang akan diproduksi, dengan cara atau metode bagaimana barang tersebut diproduksi, serta untuk siapa barang tersebut diproduksi.

15. Faktor yang terlibat dalam pengambilan keputusan untuk pertanyaan “how” dalam masalah ekonomi.
Hal ini menyangkut cara bagaimana (how) proses produksi akan dilakukan. maksudnya adalah siapa yang akan melaksanakan, menggunakan sumber daya apa saja, dengan teknologi apa barang-barang tersebut dihasilkan, seberapa besar skala produksinya?


EmoticonEmoticon