Cerita Pendek (Cerpen) Terbaru tentang Penebangan Hutan dan Akibatnya


Cerita Pendek atau disingkat cerpen adalah sebuah cerita baik fiksi maupun nyata (pengalaman) dengan  meceritakan secara pendek/ singkat dengan tujuan tujuan memfokuskan pada pokok yang akan diceritakan dengan dibantu penjelas dari asal mula hinga sebab dan akibat kejadian diceritakan atau dialamai berikut adalah cerpen singkat yang tentang penebangan hutan dan akibatnya yang dialami serta penanggulangannya.
Akibat Penebangan Pohon di Hutan
Akibat Penebangan Pohon di Hutan

“Hijau yang Menawan”
 Termangu aku melihatnya, hijau dimana-mana pohon rindang yang memberi kesejukan dan kesegaran, kicau burung kepondang, jeritan si Elang Jawa menambah kesan yang semakin menawan.
Ketika aku kesini tujuh tahun yang lalu. Hanya tanah gersang dan pepohonan kurus kering yang menjadi pemandangan. Setiap aku berkunjung ke rumah nenek, hawa panas, tanah yang rengkah, karena karena musim kemarau yang lama.
Nenek bercerita hal ini sudah berlangsung hampir lima tahun, dulu kampung ini sejuk dan hijau. Tetapi kemudian berubah, karena banyak para penduduk yang menebang pohon di hutan kampung kayunya diambil, kemudian dijual. Karena banyaknya akhirnya jadi seperti ini, hutan menjadi tandus, sungai mengering dan menjadi malapetaka kampung menjadi gersang. Dimana-mana hanya terlihat hamparan tanah tandus dan kering kerontang.
Dan kemudian pada kunjungan kami berikutnya ayah, mengajak temannya yang seorang penyuluh pertanian. Warga kampung diajak untuk membenahi kampung yang sudah mulai kritis. Walaupun pada mulanya sulit untuk memberi pengertian pada warga kampung, namun berkat kesabaran dan ketelatenan ayah dan temannya, akhirnya berhasil mengajak warga untuk bekerjasama untuk mengijaukan kembali kampung nenek.
Sekarang hanya hijau dimana-mana. Tak ada lagi tanah rengkah dan tandus, warga kampung menyadari bahwa hutan itu perlu, untuk menjaga kita harus memelihara dengan sungguh-sungguh tak ada lagi penebangan pohon.
Lamunanku itu terhenti, mendengar panggilan nenek. Untuk menikmati singkong hasil kebun sendiri.

Artikel Terkait:
Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang dengan Obat Tradisional
Bahaya Membiarkan Gigi Berlubang Mengakibatkan Sakit Pada Gigi, Gusi, Telinga, dan Mata
Artikel tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh
Manfaat Daun dan Bunga Kumis Kucing Bagi Kesehatan dan Obat Penyakit
Pemanfaatan Mikroorganisme dalam Pembuatan Makanan
Artike Menarik Lainnya :
Cara Mudah Memelihara Ikan Cupang Untuk Pemula
Dampak Positif dan Negatif dari Penggunaan Media Sosial
Cara Mudah Untuk Mendapatkan Uang Dollar dari Google AdSense dengan Menggunakan Blog
Pengertian Blog dan Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Uang dengan Blogger
Cara Mudah Mengatasi Verivikasi Kepemilikan Blog pada Web Master Tools
Wisata Rekreasi dan Religi Pulau Angso Duo di Pariaman Sumatera Barat
Seniman Pelukis Nasional dan Internasional Serta Keterangannya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »