Cara Mudah Memelihara Ikan Cupang Untuk Pemula

Ikan Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan cupang ini memiliki bentuk, warna dan ciri khas yang berbeda-beda dan cenderung agresif saat merasa wilayahnya terganggu dan mengembangkan ekornya tanda ingin beradu dengan ikan cupang lain. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di Indonesia terdapat cupang asli,salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur. (Wikipedia).
Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang memiliki ketertarikan tersendiri bagi penggemarnya baik itu pemula maupun yang sudah profesional. Ikan cupang dapat menarik perhatian orang dengan keindahan ekornya yang mengembang dan gemulai.
Adapun kelebihan ikan cupang dengan ikan hias lainnya seperti ikan mas, ikan mas koki dan ikan hias lain adalah ikan cupang tidak harus menggunakan perawatan yang khusus seperti bantuan alat sirkulasi udara (aerator), dan ikan ini dapat hidup di air tawar biasa dan dapat bertahan hidup lama. Dari segi tempat ikan cupang dapat hidup di wadah yang kecil seperti gelas, botol sirup dan sebagainya. Air dari tanah sangat dianjurkan untuk ikan cupang, jangan menggunakan air dari galon atau air mineral botol, karena mengandung kaporit yang dapat membuat ikan menjadi pusing dan bahkan bisa membuat ikan cupang mati.
Untuk tempat berlindung ikan cupang daun ketapang merupakan sebuah benda yang sering digunakan oleh pemelihara ikan cupang. Daun ketapang yang kering diyakini mempunyai khasiat yang dapat memberikan zat yang membuat ikan cupang terhindar dari penyakit dan dapat membuat ph air sesuai dengan yang dibutuhkan ikan cupang.
Wadah Ikan Cupang
Caranya hanya dengan meletakkan daun ketapang kering (berwarna kuning atau orange) ke dalam wadah ikan cupang berisi air, tunggu saja dalam beberapa menit air yang jernih akan mulai menguning seperti daun ketang.
Bagaimana mudah bukan memelihara ikan cupang? selain warna dan bentuknya yang indah ikan cupang mudah perawatannya meskipun kita pemula.

Artikel menarik lainnya terkait:
Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar
Nama-Nama Ikan Laut, Nama Latinnya, dan keterangannya beserta Gambarnya

Artikel menarik lainnya :
4 Wisata Alam Air Terjun dan Danau di Sumatera Barat, Indonesia
Harta Pusako Tinggi Di Minangkabau
Fungsi Dan Peranan Urang Sumando di Minangkabau
10 Masakan Makanan dan Minuman Tradisional Asal Sumatera Barat
Manfaat dan Khasiat Tanaman Lidah Buaya
Manfaat Pohon Tanaman Minyak Kayu Putih Sebagai Obat
Manfaat Daun dan Bunga Kumis Kucing Bagi Kesehatan dan Obat Penyakit
Pengaruh Cara Perlakuan (Pengolahan), Penyimpanan (Pengawetan) Terhadap Kandungan Gizi Makanan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
3 November 2016 00.44 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar