Tujuan, Manfaat, Macam dan Jenis Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

Makalah Perangkat Pembelajaran.

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Di era globalisasi ini telah membuka kesadaran masyarakat tentang perkembangan dunia pendidikan. Dengan adanya hal tersebut munculah sejumlah harapan dan kecemasan dalam kemajuan pendidikan. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan mengupayakan perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan yang secara kontinu dilakukan.
Beragam program inovatif ikut serta memeriahkan reformasi pendidikan. Reformasi pendidikan adalah restrukturisasi pendidikan yakni memperbaiki hubungan sekolah dengan lingkungannya dan dengan pemerintah, pola pengembangan perencanaan serta pola pengembangan menejerialnya, pemberdayaan guru dan restrukturisasi model-model pembelajarannya.
Dalam makalah ini akan membahas mengenai pengembangan perencanaan pembelajaran, yang mencakup pengembangan perangkat pembelajaran yang termaktub dalam proses menerjemahan kurikulum yang berlaku menjadi program-program pembelajaran yakni program
menyusun alokasi waktu, prota, promes, silabus, dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).  
  
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa tujuan dari perangkat pembelajaran?
2.      Apa saja macam-macam perangkat pembelajaran?
3.      Bagaimana manfaat perangkat pembelajaran?

C.    Tujuan Penulisan Makalah
1.      Pembaca bisa menjelaskan tujuan dari perangkat pembelajaran
2.      Menjelaskan macam-macam perangkat pembelajaran?
3.      Menjelaskan manfaat perangkat pembelajaran?


 BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian
Perangkat pembelajaran adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Dari uraian tersebut dapat dikemukakan bahwa perangkat pembelajaran adalah sekumpulan media atau sarana yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas.

B.     Tujuan
Tujuan adanya perangkat pembelajaran adalah untuk memenuhi keberhasilan seorang guru dalam pembelajaran.

C.     Manfaat Perangkat Pembelajaran di SD
Berikut ini akan dijelaskan pentingnya perangkat pembelajaran yang perlu dipersiapkan oleh seorang guru, antara lain :
1.      Perangkat pembelajaran sebagai panduan
Perangkat pembelajaran adalah sebagai panduan atau pemberi arah bagi seorang guru. Hal tersebut penting karena proses pembelajaran adalah sesuatu yang sistematis dan terpola. Masih banyak guru yang hilang arah atau bingung ditengah-tengah proses pembelajaran hanya karena tidak memiliki perangkat pembelajaran. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran memberi panduan apa yang harus dilakukan seorang guru di dalam kelas. Selain itu, perangkat pembelajaran memberi panduan dalam mengembangkan teknik mengajar dan memberi panduan untuk merancang perangkat yang lebih baik.
2.      Perangkat pembelajaran sebagai tolak ukur
Seorang guru yang profesional tentu mengevaluasi setiap hasil mengajarnya. Begitu pula dengan perangkat pembelajaran. Guru dapat mengevaluasi diri nya sendiri sejauh mana perangkat pembelajaran yang telah dirancang teraplikasi di dalam kelas. Evaluasi tersebut penting untuk terus meningkatkan profesionalime seorang guru. Kegiatan evaluasi bisa dimulai dengan membandingkan dari berbagai aktivitas di kelas, strategi, metode atau bahkan langkah pembelajaran dengan data yang ada di perangkat pembelajaran.
3.      Perangkat pembelajaran sebagai peningkatan profesionalisme
Profesionalisme seorang guru dapat ditingkatkan dengan perangkat pembelajaran. Dengan kata lain, bahwa perangkat pembelajaran tidak hanya sebagai kelengkapan administrasi. tetapi juga sebagai media peningkatan profesionalisme. Seorang guru harus menggunakan dan mengembangkan perangkat pembelajarannya semaksimal mungkin. Memperbaiki segala yang terkait dengan proses pembelajaran lewat perangkatnya. Jika tidak demikian, maka kemampuan sang guru tidak akan berkembang bahkan mungkin menurun.
4.      Mempermudah
Perangkat pembelajaran mempermudah seorang guru dalam membantu proses fasilitasi pembelajaran. Dengan perangkat pembelajaran, seorang guru mudah menyampaikan materi hanya dengan melihat perangkatnya tanpa harus banyak berpikir dan mengingat.

D.    Macam-macam Perangkat Pembelajaran
1.      Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Silabus bisa dikembangkan sendiri sesuai kearifan lokal daerah masing-masing.
2.      Kalender Pendidikan
Kalender pendidikan biasanya memuat tanggal-tanggal yang sudah direncakan untuk waktu pembelajaran, baik tanggal ujian tengah semester, tanggal ujian akhir semester maupun hari libur semester. Kalender pendidikan ini juga dapat menjadi panutan untuk memulai maupun mengakhiri pembelajaran dalam satu semester.
3.      Program Tahunan
Program tahunan adalah suatu program yang memuat rancangan atau program yang direncanakan untuk pembelajaran.
4.      Program Semester
Program semester adalah suatu program dibuat dengan mencocokkannya pada kalender pendidikan. Hal tersebut dilakukan agar sesuai dengan kalender, kapan harus mengajar dan kapan harus libur.
5.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus.
6.      Rencana Pelaksanaan Harian
Rencana Pelaksanaan Harian dibuat lebih rinci karena harus jelas materi apa yang aka diajarkan dalam 1 semester ke depan. Rencana pelaksanaan harian ini dihitung perhari, pertanggal, dan harus rinci.
7.      Buku Pelaksanaan Harian
Buku pelaksanaan harian ini biasaya sudah disediakan oleh sekolah. Guru harus mengisi buku ini setiap kali mengajar di kelas.
8.      Presensi Siswa
Presensi harian biasanya sudah disediakan oleh sekolah. Guru hanya mengisi presensi dengan memberikan tanda titik atau centang pada kolom-kolom yang disediakan. Apabila terdapat siswa yang tidak hadir karena sakit maka tulis S, jika ijin maka tulis I, jika tanpa keterangan maka tulis A (alpha).
9.      Catatan Hambatan Belajar Siswa
Catatan hambatan belajar siswa ini dapat berupa buku atau lembaran. Catatan ini dibuat untuk mencatat siswa-siswa yang terhambat, misalnya tidak memperhatikan pada saat guru memberi penjelasan, sibuk berbicara dengan teman ataupun tidur dikelas.
10.  Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
Membuat daftar buku pegangan guru dan siswa seperti membuat daftar pustaka. Tuliskan buku apa saja yang dipakai oleh guru dan buku apa saja yang dipakai oleh siswa. Sebaiknya buku yang dipakai oleh guru lebih banyak daripada siswanya.
11.  Analisis KKM
Analisis ini digunakan untuk menghitung KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang akan ditetapkan pihak sekolah. Pada umumnya, KKM antara pelajaran yang satu dengan pelajaran yang lain tidak sama.
12.  Kisi-kisi Soal
Kisi-kisi dibuat sebelum menyusun soal, sehingga soal sesuai dengan kompetensi dasar dan standar kompetensi yang ingin dicapai. Sebaiknya sebelum diadakan ujian, guru memberitahukan kisi-kisi tersebut kepada siswanya.
13.  Soal-soal Ulangan
Soal dibuat dengan sebaik-baiknya dengan mengacu kisi-kisi soal. Guru memberikan bobot pada setiap soal. Ada soal yang berbobot sulit, sedang dan mudah. Soal-soal ujian tersebut dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa.
14.  Buku Informasi Penilaian
Buku ini dibuat sebagai bukti bahwa guru sudah memberikan informasi mengenai ulangan atau penilaian dan harus ditanda tangani siswa.
15.  Analisis Butir Soal
Analisis butir soal dapat dilakukan dengan menggunakan software yang terdapat dalam komputer, misalnya Ms Excel dan Anates.
17.  Program / Pelaksanaan Perbaikan
Program perbaikan dibuat untuk memfasilitasi siswa yang harus mengikuti ujian ulang atau perbaikan. Pelaksanaannya juga dituliskan. Kemudian harus dituliskan nilai sebelum dan sesudah perbaikan.
18.  Program/ Pelaksanaan Pengayaan
Program pengayaan berisi kapan pengayaan akan dilaksanakan dan pelaksanaan pengayaan ini ditujukan untuk siswa yang telah mencapai KKM
19.  Daftar Pengembalian Hasil Ulangan
Daftar pengembalian hasil ulangan digunakan untuk bukti bahwa hasil ulangan sudah dibagikan kepada siswa. Nilai dan tanda tangan harus tercantum dalam daftar pengembalian hasil ulangan.
21.  Daftar Nilai
Nah ini yang sangat wajib harus dimiliki setiap guru yaitu daftar nilai.
22.  Laporan Penilaian Akhlak Mulia dan Kepribadian Siswa
Ini daftar nilai juga cuma nilainya rentangnya A,B,C dan D bukan angka seperti nilai pelajaran
23.  Buku Tugas Terstruktur
Buku tugas ini dibuat untuk tugas yang sifatnya pengumpulannya tertentu waktunya, sesuai SK/KD
24.  Buku Tugas Mandiri
Hampir sama dengan buku tugas terstruktur, cuma bedanya buku ini dibuat untuk menuliskan tugas-tugas yang jeda pengumpulannya lebih lama seperti akhir semester


BAB III
PENUTUP

A.    Simpulan
Perangkat pembelajaran memiliki tujuan untuk memenuhi suatu keberhasilan guru dalam pembelajaran. Masih banyak guru pada saat ini yang mengalami kebingungan di tengah - tengah proses pembelajaran. Karena itu perangkat pembelajaran juga dapat membantu memberi panduan, serta teknik mengajar seorang guru juga dapat berkembang. Selain itu guru juga dapat mengevaluasi sejauh mana perangkat pembelajaran yang sudah dirancang dapat teraplikasi dengan baik, dalam pelajaran yang berlangsung didalam kelas.
Perangkat pembelajaran juga dapat meningkatkan profesionalisme seorang guru, karena seorang guru harus mengembangkan serta menggunakan perangkat pembelajarannya semaksimal mungkin dan memperbaiki segala hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran melalui perangkatnya. Perangkat pembelajaran juga dapat mempermudah seorang guru didalam proses fasilitasi pembelajaran, karena dengan perangkat pembelajaran guru juga dapat menyampaikan materi tanpa harus banyak mengingat namun hanya perlu melihat perangkat yang dimilikinya.

 

DAFTAR PUSTAKA


Anonim. 2013. “Pengertian Perangkat Pembelajaran”. Diambil dari http://pustaka.pandani.web.id/2013/03/pengertian-perangkat-pembelajaran.html Pada 10 Juni 2013.
Anonim. 2011. “Macam Perangkat Yang Harus Dibuat”. Diambil dari http://www.mrwindu.com/2011/06/24-macam-perangkat-yang-harus-dibuat.html#ixzz2BlKGK8w1 Pada 10 Juni 2013.

Anonim. 2012. “Pentingnya Perangkat Pembelajaran”. Diambil dari http://dakwahdigital.blogspot.com/2012/11/pentingnya-perangkat-pembelajaran.html Pada 10 Juni 2013.

0 Response to "Tujuan, Manfaat, Macam dan Jenis Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD"

Posting Komentar