Tuesday, May 20, 2014

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 kelas IV (4) tema 1 indahnya kebersamaan, sub tema 2 pembelajaran 4



Selamat datang  di blog dodi rulianda, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013. karna sudah di tetapkan oleh pemerintah untuk dilaksanakan oleh guru agar pembelajaran berjalan lebih baik dan siswa lebih aktif dalam belajar.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )

Satuan Pendidikan           : SD N 06 Naras
Tema                                  : 1 (Indahnya Kebersamaan)
Sub Tema                          : 2 (Bersyukur atas Keberagaman)
Pembelajaran                    : 4
Kelas/ Semester                 : I V/ I
Alokasi Waktu                  : 1 X 35  Menit
Pelaksanaan                      : Senin/ 21 April 2014

  1. I.   Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

  1. II.    Kompetensi Dasar
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

III.             Indikator
1.             Melakukan dugaan tentang arti kosa kata baru yang terdapat dalam teks.
2.             Membuat kalimat berdasarkan kosa kata baru yang ditemukan dalam teks situs sejarah Trowulan.
IV.             Tujuan Pembelajaran
1.             Setelah membaca teks, siswa mampu menduga/memperkirakan arti kosakata baku yang belum mereka ketahui artinya dengan benar.
2.             Siswa mampu membuat kalimat berdasarkan kosakata baku yang ditemukan dalam teks situs Trowulan.
V.                Materi Pokok
1.      Zaman Praaksara
2.       Candi di Indonesia
3.      Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa

VI.             Metode Pembelajaran
Pemberian tugas, tanya jawab, ceramah

VII.          Media dan Alat Pembelajaran
Sumber belajar            : Buku Siswa kurikulum 2013.
Tematik : tema 1 (Indahnya Kebersamaan)  sub tema 3 (Bersyukur atas Keberagaman) Pembelajaran 1.
Alat dan bahan            : -
Media                          : -

  1. VIII.       Langakah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Deskripsi Pembelajaran
Waktu
Metode/ Strategi
Kegiatan Awal
Kegiatan awal 
1.      Mengkondisikan peserta didik untuk berdoa, mengambil absen.
2.      Mengajukan pertanyaan menantang,
a)      Siapa yang tahu apa itu zaman praaksara?
b)      Bagaimana kehidupan orang pada zaman tersebut?
c)      Siapa yang tahu apa saja candi yang terkenal di Indonesia?
d)     Dijawa kerajaan islam pertama adalah?
3.      Menyampaikan manfaat materi pembelajaran yang ingin dikuasai.
4.      Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran individu dan kelompok.

1 menit


4 menit














2 menit


1 menit








Tanya Jawab






Ceramah
Kegiataan Inti
1.      Siswa membaca teks tentang masyarakat praaksara dan membuat ringkasan dengan memuat pokok-pokok sesuai tertera pada buku siswa. (Penilaian no. 1)
2.      Hasil ringkasan diperlihatkan kepada teman sebelah untuk saling dikomentari (apa yang kurang, apa yang kurang sesuai).
3.      Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang tiga candi yang tertera pada buku siswa.
4.      Siswa membaca teks tentang sebuah kerajaan Islam di Indonesia.
5.      Secara berkelompok, siswa membuat pertanyaan sebanyak-banyaknya, kemudian menukarkan hasilnya dengan hasil pekerjaan kelompok lain. Siswa juga menjawab pertanyaan yang ada.
6.      Siswa menjawab pertanyaan perenungan.
7.      Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
5 menit






2 menit





3 menit




2 menit


5 menit








5 menit


3 menit






Penugasan
Kegiatan penutup
1.      Guru dan siswa membuat rangkuman.
2.      Memberikan tes lisan dan tulisan.
3.      Mengevaluasi jawaban yang salah.
2 menit

2 menit
3 menit


Penugasan















             IX. IX. Penilaian
1.      Kegiatan membuat ringkasan kehidupan masyarakat praaksara dinilai dengan daftar periksa. (Bahasa Indonesia)
No.
Kriteria Pengukuran
Ya
Tidak
1.
Ringkasanku berisi informasi tentang bagaimana manusia praaksara mendapat makanan.


2.
Ringkasanku berisi informasi tentang cara hidup manusia praaksara.


3.
Ringkasanku berisi informasi tentang tempat hidup manusia praaksara.


4.

Ringkasanku berisi informasi tentang alat bantu untuk
berburu dan mengumpulkan makanan.



2.      Penilaian sikap (peduli, percaya diri, dan rasa ingin tahu).
No.
Sikap
Belum terlihat
Mulai terlihat
Mulai
berkembang
Membudaya
Ket
1.
Peduli


ü   


2.
Percaya diri

ü   



3
Rasa ingin tahu

ü   




Sungai Limau,   April 2014
                   Mengetahui,        
                Kepala Sekolah,                                                                     Guru Kelas IV


        (………………………….)                                                       (DODI RULIANDA)
        NIP………………………                                                     NIP……………………





















































EmoticonEmoticon